Jadi Blogger Apa Enaknya sih?


Bismillah..

Jadi Blogger Apa Enaknya Sih?

Masih ingat gak sih zaman sebelum ada twitter, instagram dan facebook itu Blog itu pernah jaya-jayanya. Yang terkenal itu ada Benakribo, shitlicious, RadityaDika, Dianarikasari, Evita Nuh, Dian Pelangi, Suci Utami dll. Dan banyak orang yang punya blog dan menjadi blogger di zaman itu. 

Di zaman itu itu juga aku sering banget nulis macam-macam di blog, sampai buanyak banget posting aku dan isinya random aja dan sering tulisan ajaib itu masuk koran lokal di daerah aku (heran deh dulu kok aku mau aja dicomot tulisan blognya tapi gak dibayar不) temen-temen SMA aku juga banyak yang punya sekedar buat nulis-nulis atau coba-coba aja sih karena kan dulu hits banget tuh para blogger zaman dulu itu.

Well, kalau dihitung-hitung ya udah sekitar 14 tahunan aku kenal blog. Dan kalau blog yang ini sendiri umurnya udah 12 tahun karena mulai aktifnya di 2010. Lama juga ya? Mulai dari masih sekolah sampai sekarang sudah berbuntut 2, Alhamdulillah masih bisa aktif di blog ini sampai sekarang meskipun moody kadang nulis banyak kadang nggak ada isinya sama sekali wkwk. Dan kisah dari sekolah sampai sekarang tentang anak itu banyak banget aku tulis di blog ini, makanya aku berharap situs blogger itu akan terus jaya sampai nanti anak cucuku bisa baca di sini :’)

Sebelumnya aku pernah nulis ini di tahun 2016 “kebahagiaan menjadi blogger”, tahun sebelum aku mulai hijrah (eyaa hijrah banget tuu wkwk) setahun sebelum nikah juga, jadi masih bisa free kemana-mana gitu, masih sering kumpul sama teman blogger cowok juga.

Jadi mau dibawa ke mana obrolan ini? Jadi kali ini aku mau cerita apa sih suka dukanya menjadi seorang blogger? Yang pasti sih emang banyak sukanya ya daripada dukanya, dan yang paling menyenangkan adalah bisa punya banyak teman baru serta kerjaan juga.

Bisa Punya Banyak Teman

Pertama, aku bisa punya banyak teman dan kenalan baru selama menjadi blogger ini. Sebagai seorang introvert yang selalu susah memulai obrolan langsung, aku lebih mudah menyampaikan banyak hal lewat tulisan (makanya kalau di sosmed keliatannya bawel banget ya) aku seneng banget bisa punya banyak teman baru dari blog. 

Mulai dari mereka yang suka baca blog aku, kemudian juga punya teman baru dari komunitas blogger yang aku ikuti. Dulu yang paling ramein blog aku itu dari Blogger Energy dan ini seluruh Indonesia gitu isi komunitasnya, makanya di tahun-tahun aku aktif di blog itu komentar blog aku selalu banyak, terus di Banjarmasin sendiri kami teman-teman blogger punya komunitas namanya Pena Blogger Banua jadi isinya anak-anak remaja gitu loh (hmm remaja banget 不) dan isinya emang lebih banyak cowok sih makanya akhirnya aku gak bisa aktif join lagi. Tapi jujurly dulu aku akrab banget sama mereka, profesi mereka juga macam-macam, jadi bisa bantu membantu kalau masing-masing dari kita ada keperluan. Seru deh dulu itu kita sering bikin acara kopdar alias kopi darat gitu.

Baca juga:

- Pengalaman bersama Pena Blogger Banua

- Pengalaman bersama Blogger Energy

- Pengalaman bersama Female Blogger Banjarmasin

Laluu aku juga ikut komunitas female blogger banjarmasin, sebenarnya ikutnya udah dari awal tahun fbb ini berdiri tapi emang gak aktif dan baru aktif 2 tahun terakhir kalau gak salah. Senengg karena banyak dapat temen baru di sinii dan lebih relate karena isinya perempuan semuanya luv. 

Bisa Dapat Kerjaan

Kedua, bisa dapat kerjaan. Jadi blogger kalau diseriusin emang bisa jadi pekerjaan yang menghasilkan loh, banyak teman-teman aku yang punya penghasilan menjanjikan dari menulis blog. Nah kalau aku sih emang belum banyak dapat job karena memang belum se proffesional yang lain dan emang gak konsisten ngeblognya. Sementara yang biasa banyak dapat tawaran job blogger itu emang yang konsisten ngeblognya sehingga DA blognya tinggi. Tapi ya senang lah bisa nambah-nambah penghasilan dengan menulis dan bisa dikerjakan dari rumah jugaa.

Bisa Ikut Kompetisi Blog

Ketiga, bisa ikut kompetisi. Kalau ikut kompetisi begitu aku senangnya karena bisa memacu semangat dalam nulisnya, riset penulisannya belajar hal-hal baru juga. Selain itu jadi memacu adrenaline kalau nulis dekat-dekat sama deadline, ya deg-degan gitu haha. Terus kalau kita menang ada sensasi tersendiri deh dan ya pasti senang lah kalau juara dan dapat hadiah, siapa sih yang gak senang kalau juara? 

Baca di sini: Tulisan Pertama Yang Juara Nasional

Bisa Dapat Banyak Ilmu Baru

Keempat, banyak dapat ilmu baru. Sebagai anak yang tumbuh dengan internet, aku emang banyak banget belajar banyak hal otodidak dari internet. Dulu nih zaman SMA aku suka banget belajar coding dan urak-atik blog sama notebook aku, kalau sekarang sih udah lieur kayaknya kalau main coding.

Nah belajar gitu-gitu ya dari blog-blog orang zaman dulu karena masih belum banyak kalau tutorial di youtube. Bahkan kalau sekarang ditanya gimana bikin blog aku yang kayak zaman dulu itu udah gak bisa lagi deh kayaknya, dulu mah sampai cursor sampai icon tab aja custom sendiri 不 sekarang au ah mau yang simple-simple aja.

Ilmu yang gitu tuh kan jadi bisa karena jadi blogger, terus terakhir-terakhir juga belajar gimana sih cara agar tulisan kita masuk indeks pencarian google, tulisan kita banyak yang baca, gimana menaikkan DA blog dan lain sebagainya.

Bisa Memberi Manfaat Ke Pembaca

Kelima, bisa memberikan manfaat bagi orang banyak. Menurutku namanya menulis di dunia maya begini pasti akan dibaca orang banyak. Aku senang banget saat tulisan-tulisan aku bisa memberi manfaat untuk orang lain atau bisa memberikan hal positif ke pembaca, misalnya saat aku memberi tips tentang menyapih anak dan banyak yang terbantu dengan hal itu, ya meskipun banyak tulisan aku yang sebenarnya curhatan kehidupan sehari-hari tapi ternyata bisa memberikan semangat buat orang lain. 

Memang sekarang untuk menulis curhatan bisa lewat instagram atau twitter, tapi menurutku tetap blog yang terbaik dalam menyampaikan hal-hal panjang seperti sekarang. Karena penulisnya bisa menyampaikan banyak hal tanpa takut terpotong atau terdistraksi saat menyampaikannya.

Lalu Apa Ada Dukanya Menjadi Blogger?

Sementara kalau untuk dukanya di aku adalah ketika tidak ada mood atau ide untuk menulis di blog sehingga blognya menjadi berdebu dan jumlah pembaca jadi menurun lagi. Kalau di blog aku ini misalnya aku lagi jarang nulis ya pembacanya juga turun, beda kalau aku lagi rajin nulis otomatis pembacanya juga naik loh entah kenapa mirip-mirip algoritma di instagram aku sendiri :’)

Menulis di blog pun sebenarnya gak bisa asal nulis aja, karena ada tata caranya agar tulisan nyaman dibaca, gimana penyusunan idenya, gimana penyusunan paragrafnya, riset isi tulisan dan lain sebagainya. Jadi emang terlihat mudah tapi ya gak semudah itu juga. Kalau bisa dibilang ya emang ada strugglenya dibalik satu tulisan. Dan hal ini juga yang sering digampangkan oleh banyak blogger termasuk aku 必 huhu

Well, terima kasih ya untuk yang sudah mau baca dari awal sampai terakhir ini. Karena ya isinya curhatan aku aja gitu, ya ya ya emang blog ini isinya kebanyakan curhatan dan sangat organik wkwk. Sekiaan, semoga membantu mencerahkan sedikit untuk teman-teman yang mau coba jadi blogger juga dan semoga terhibur dengan isi postingan blog aku kali ini 不

Posting Komentar

9 Komentar

  1. Aaah saya juga termasuk yang menggampangkan struggle dibalik suatu tulisan Mbak, *tutupmukapakaibantal*. Padahal dulu salah satu niat awal ngeblog adalah untuk memperbaiki kualitas tulisan. Tapi banyakan magernya, ehehe, *selfkeplak*.

    BalasHapus
  2. Wah, aku baru tau mbak join Blogger Energy juga ya. Aku dulu jaman kuliah juga join, apa aku yang gak ngeh ya. Btw, semangat ya ngeblognya, semoga makin rajin nulis dna berbagi di blog

    BalasHapus
  3. Setuju bgt eny aja sampai sekarang sering stuck sama bahasan, nyusun kata2 supaya org tetap asik bacanya. Ingat ketemu ka lidya pertama kali pas bukber hhi

    BalasHapus
  4. Jujur saya walau kenal di WA namun punya teman blogger ini lebih seru deh ketimbang teman dunia nyata. Ada saja yg jadi pembahasan. Sukses terus ya mbak dengan ngeblognya

    BalasHapus
  5. jadi blogger memang membuat kita bisa berkenalan dengan banyak orang dari berbagai daerah yaa. bisa nambah rezeki juga dan insyaAllah bisa jadi ladang pahala lewat tulisan kita yang bermanfaat

    BalasHapus
  6. Sedih bngt ya kak kalo kadang mood ngeblog tbtb turun. Wah aku bngt yang kdang suka stuck di satu paragraf, buat nyambung ke paragraf satunya huhu.

    Bdw, aku Salut banget sama ka lidya, udah lama bngt aktif ngeblognya. Semangat terus ya kak

    BalasHapus
  7. Mau sungkem dulu sama suhu blogger, ternyata mba lidya udah selama itu berkecimpung di dunia blogger, bener si kita jadi punya banyak temen dari blog kan!!! Dan kita pertama kali ketemu di ultah FBB hihihi

    BalasHapus
  8. Wah baca tulisan Lidya jadi teringat dulu pas masih sekolah sering ke warnet buka blog bang alit atau kambing jantan, atau kadang juga blog hijaber Banjarmasin yang membahas fashion, kak Adeayu yang paling aku ingat dulu. Jadi nostalgia

    BalasHapus
  9. Aku masih yakin blog akan ttp ada fanbasenya sendiri . Walo katanya banyak yg udh berpaling ke vlog , tapi toh masih banyak yg suka mencari informasi melalui blog, termasuk aku.

    Apalagi aku termasuk yg suka nulis sejak SD, awal di diary, trus begitu platform blog mulai ada, jadi nulis di sini deh.

    Dari blog juga aku bisa kenal banyak temen2 hebat, mulai dari penulis, pebisnis sampai ibu rumah tangga yg tetep masih ada waktu untuk mencari income. Makanya susah untuk ninggalin dunia blog ❤️

    BalasHapus

komentar anda sangat membantu saya untuk blog ini, terimakasih :)