Berkenalan Dengan 5 Sentra Batik Terkenal di Indonesia

Batik Warisan Budaya Indonesia

Batik

Hari Batik Nasional

Tanggal 2 Oktober diperingati sebagai Hari Batik Nasional sejak 2009, penetapan peringatan Hari Batik Nasional ini adalah hasil dari penetapan batik sebagai warisan budaya nonbendawi (intagible cultural heritage/ICH) oleh United Nations Educational, Scientific, and Cultural Organization (UNESCO).

Kain batik sekarang sudah sangat populer untuk dikenakan oleh semua kalangan, bahkan penggunaan batik bukan hanya sebagai pakaian acara formal, Batik sekarang juga digunakan untuk pakaian non-formal bahkan tas dan sepatu juga bisa dari bahan batik. Motif batik sendiripun bisa diaplikasikan pada banyak media, contohnya mural dinding sampai dengan kue bolu. Motifnyapun sangat beragam, bahkan masing-masing daerah di Indonesia mempunyai ciri khasnya sendiri.

Batik


Asal Usul Batik

Kata batik sendiri memiliki banyak makna, ada yang menyebutkan batik berasal dari bahasa Jawa yaitu amba dan titik yang berarti menggambar titik-titik pada media yang luas yaitu kain. Dan menurut KBBI sendiri batik berarti kain bergambar yang pembuatannya secara khusus dengan menuliskan atau menerakan lilin /malam.

Meskipun berasal dari bahasa Jawa, untuk teknik membuat lukisan pada kain menurut literatur dibawa dari India. Tapi untuk motif-motifnya memang asli dan berkembang di Indonesia. Pembuatannya pun berkembang mulai dari batik tulis, batik cap dan batik  cetak.

Untuk saya sendiri memang sudah mengenal batik sedari kecil, karena dulu nenek di rumah masih menggunakan sarung (tapih) dari batik, gendongan pun dari kain jarik yang bermotif batik, Abah Mama di rumah juga sering memakai batik, tidak lupa sekolah dari SD sampai SMApun memiliki seragam dengan motif batiknya sendiri. 

Waktu aktif menjadi Duta Wisata saya sempat berkunjung ke kampung pengrajin Batik di Solo dan rasanya sangat menyenangkan bisa melihat secara langsung pembuatan batik serta toko-toko para penjual batik di sana, kali ini saya akan mengajak kalian semua untuk bertualang ke beberapa sentra Batik terkenal yang ada di Indonesia, dibaca terus sampai bawah yaa..

Sentra batik


5 Sentra Batik Terkenal di Indonesia

1. Sentra Batik Giriloyo Yogyakarta

Dusun Giriloyo ini berjarak 15km atau sekitar 40 menit dari pusat kota Yogyakarta, berlokasi di bawah perbukitan Imogiri, membuat suasan di saja sangat sejuk dan menenangkan dan ternyata hampir seluruh penduduk di dusun ini adalah pengrajin batik. 

Untuk yang penasaran ingin membuat batik sendiri juga bisa mengikuti paket wisata yang mereka sediakan, selain memberikan wisata batik dan menjualnya, di dusun ini juga di sediakan makanan khas dari Giriloyo yaitu pecel kembang turi.

2. Kampung Batik Kauman Pekalongan

Kampung ini sudah dikenal sebagai kampung para pengrajin batik sejak lama, namun baru sejak 2007 kampung ini dinamakan Kampung Batik Kauman oleh pemerintah Pekalongan. 

Selain menyajikan banyak batik, di kampung ini juga banyak ditemukan rumah-rumah dengan artistektur lawas yang mengaggumkan, karena itu juga kampung ini diduga sebagai kampung tertua yang ada di Pekalongan loh!

Di kampung ini tentunya bisa belajar sejarah batiknya, bahkan juga bisa belajar membuat batik dari ahlinya. Oh iya selain menjadi produsen batik, kampung ini juga merupakan produsen canting si alat yang membantu dalam pembuatan batik.

3. Kampung Batik Kauman Solo

Tidak hanya Pekalongan yang punya kampung batik Kauman, tapi Solo juga punya loh teman-teman. Kampun Batik Kauman ini menjadi pusat batik tertua di Solo. Masih ingat dulu naik becak dari stasiun kereta api Balapan ke kampung batik Kauman ini, karena gang-gangnya kecil maka sangat pas jika ingat berwisata ke sini menggunakan becak. Bangunan-bangunannya pun unik karena perpaduan dari arsitektur Belanda dan Jawa.

Motif batik di sini masih mempertahankan motif batik klasik yang merepsentasikan keraton Kasunanan. Di sini kita juga bisa belajar membatik bersama para ahlinya.

Sentra batik

 Baca juga:

4. Kampoeng Batik Palbatu Jakarta

Di Jakarta juga terdapat kampung batik yang berlokasi di Menteng Dalam tepatnya di Jalan Palbatu IV, kawasan ini dikhususkan untuk menjadi kawasan wisata edukasi batik, hampir seluruh kampung ini dihiasi dengan lukisan-lukisan batik dari berbagai daerah khususnya Jakarta dengan motif seperti ondel-ondel. 

Tentunya di kampung ini kita juga dapat belajar membatik seperti sentra batik lainnya, di sini untuk motif khasnya adalah motif topeng betawi, kembang api dan burung gelatik buah rambutan.

5. Kampung Batik Trusmi Cirebon

Kampung Batik Trusmi disebut sebagai jantung produksi batik Cirebon, daerah ini berada di Kabupaten Cirebon sekitar 5km dari pusat kota Cirebon. Di sini terdapat toko para pengrajin batik sepanjang jalan 1.5 kilometer. 

Ciri khas dari batik Cirebon adalah adanya ornamen awan atau disebut mega pada setiap motif batiknya, tentunya motif yang paling terkenal adalah motif batik mega mendung dengan warna yang cerah.

Produk batik


Ragam Batik di Indonesia

Saat ini meskipun memang batik berasal dari Jawa, daerah-daerah di seluruh Indonesia juga sudah memiliki batiknya masing-masing hasil mempelajari batik di Jawa. Karena itu sentra penghasil batik memang saat ini yang terbesar dan terkenal kebanyakan adanya di Jawa.

Batik-batik itu contohnya batik Kalimantan, batik Papua, batik Sulawesi, batik Bali, batik Maluku, batik Sumatera, batik Nusa Tenggara. Yang tentunya tidak kalah cantik dan menarik dibanding batik yang lebih dulu terkenal. Batik-batik daerah ini biasanya sudah diwajibkan pada kantor-kantor dan sekolah-sekolah juga.

Berbelanja batik pun sekarang sangat mudah, tidak hanya dijual di toko-toko tapi juga dipasarkan secara online baik di sosial media ataupun di e-commerce, salah satunya bisa belanja online melalui Klik indomaret. Yang bisa diakses melalui website klikindomaret.com atau menggunakan aplikasi klikindomaret yang ada di smartphone. Informasi-informasi mengenai batik dan produk lokal lainnya pun bisa dibaca melalui blog.klikindomaret.com 

Indomaret

Klikindomaret


Nah semoga dengan semakin berkembangnya batik di Indonesia, kita semua semakin cinta dengan batik dan bangga mengenakan produk-produk lokal, karena kualitas produk lokal juga gak kalah kok sama produk luar negeri. Malahan kalau kita membeli dan mencitai produk lokal kita bisa membantu para UMKM dan bisa memutar roda perekonomian dalam negeri terutama di masa pandemi, semoga ekonomi kita semakin bangkit. Amiin 

Sumber:

Dokumen Pribadi
http://batikgiriloyo.com/histori/
http://tourism.pekalongankota.go.id/destinasi/2-Kampung%20Batik%20Kauman
https://www.cnnindonesia.com/gaya-hidup/20201002190555-275-553842/5-kampung-batik-yang-tersohor-di-indonesia
https://pariwisatasolo.surakarta.go.id/destinations/kampung-batik-kauman/
https://www.goodnewsfromindonesia.id/2017/10/03/menengok-keunikan-kampoeng-batik-palbatu-di-tengah-tengah-padatnya-ibu-kota

Httpsq://www.katadata.co.id/amp/sortatobing/berita/61123a832231f/batik-trusmi-cirebone-warisan-luhur-khas-kesultanan-cirebon
https://www.google.co.id/amp/s/amp.timesindonesia.co.id/read/news/373703/hari-batik-nasional-pelajar-berkreasi-membuat-tas-kombinasi-batik-gresik



Posting Komentar

4 Komentar

  1. wah di jakarta ada kampung batik juga ya, baru tahu aku. kapan2 kalau ke jkt mampir sana

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya letaknya juga masih di pusat kota Jakarta

      Hapus
  2. Batik makin hari makin bervariasi ya mbak

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya mbak, sentra batikpun ada semakin banyak. Belinya pun sekarang bisa di mana aja

      Hapus

komentar anda sangat membantu saya untuk blog ini, terimakasih :)