Pengalaman Khitan Bayi Perempuan

By Lidya Basrindu - 18.32

Bismillah..

Pengalaman Khitan Bayi Perempuan di Bidan Banjarmasin 



Kenapa mau khitan Bayi Perempuan

Tiba-tiba aja gitu pengen khitan Bayi Perempuanku ini setelah liat anak orang yang juga dikhitan waktu lagi antri imunisasi di bidan, karena sebelum-sebelumnya emang kelupaan, apalagi karena sekarang RS dan dokter sudah tidak mengizinkan khitan untuk perempuan lagi.

Akhirnya izin ke suami karena aku dan suami lagi beda kota, terus nanya prosedur dan biayanya ke ibu bidan. Terus kita janjian untuk besoknya melakukan prosedur khitan untuk Fayla. Sekalian mau pasang KB Spiral. 

Kenapa? Karena khitan merupakan syariat Islam baik untuk laki-laki dan perempuan, untuk laki-laki khitan merupakan kewajiban dan untuk perempuan merupakan sebuah kemuliaan.

Bolehnya Khitan Perempuan Dalam Islam 

Disalin dari almanhaj.or.id Khitan bagi wanita disunnahkan berdasarkan keumuman sabda Nabi Shallalalhu ‘alaihi wa sallam bahwa sunnah fitrah itu ada lima, di antaranya khitan. Juga berdasarkan riwayat Khalal dari Syaddad bin Aus Radhiyallahu ‘anhu, ia berkata, 

Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda. الختان سنة للرجال، مكرمة للنساء “

Khitan itu merupakan sunnah bagi para lelaki dan kehormatan bagi para wanita”

 [Fatawa Lajnah Daimah Lil Ifta’ 5/119]

Khitan bagi wanita merupakan kehormatan bagi mereka tapi hendaknya tidak berlebihan dalam memotong bagian yang dikhitan, berdasarkan larangan Nabi Shallallahu ‘alaihi wa sallam bahwa beliau bersabda. 

الْفِطْرَةُ خَمْسٌ الْخِتَانُ وَالِاسْتِحْدَادُ وَقَصُّ الشَّارِبِ وَتَقْلِيمُ الْأَظْفَارِ وَنَتْفُ الْآبَاطِ 

“Sunnah-sunnah fitrah itu ada lima ; khitan, mencukur bulu kemaluan, memendekkan kumis, memotong kuku dan mencabut bulu ketiak” [Muttafaq Alaih] 

Hadits ini umum, mencakup lelaki dan perempuan. [Fatawa Lajnah Daimah Lil Ifta’ 5/119,120]

Dan untuk lebih lengkap dan jelasnya bisa dibaca pada Referensi: https://almanhaj.or.id/800-hukum-khitan-bagi-anak-perempuan.html

Fatwa MUI mengenai Khitan Perempuan 


Pada fatwa MUI tanggal 7 Mei 2008 tentang khitan Perempuan dikatakan bahwa status hukum  khitan terhadap perempuan adalah makrumah, pelaksanaannya sebagai salah satu bentuk ibadah yang dianjurkan. 

Dalam pelaksanaannya, khitan terhadap
perempuan harus memperhatikan hal-hal
sebagai berikut:

1. Khitan perempuan dilakukan cukup dengan hanya menghilangkan selaput (jaldah/colum/praeputium) yang menutupi klitoris. 

2. Khitan perempuan tidak boleh dilakukan secara berlebihan, seperti  memotong atau melukai klitoris (insisi  dan eksisi) yang mengakibatkan  dlarar. 

Proses Khitan Bayi Perempuan

Kalau ditanya bagaimana prosesnya? Sangat sebentar guys! Itulah kenapa aku jadi ingat dan tertarik untuk khitan anak aku karena kemarin lihat anak orang sangat sebentar dikhitannya dan tidak nangis setelah itu.

Jadi bu bidan menyiapkan pisau kecilnya kemudian menanyakan nama anak serta bintinya, setelah itu set-set-set selesai deh. Gak ada tuh proses berdarah-darah seperti yang kebanyakan orang bayangkan. Karena memang proses khitannya berbeda dengan khitan anak laki-laki yaah.

Waktu proses khitan berlangsung

Apakah anakku menangis saat prosesnya? Lebih tepatnya sih nangis karena harus direbahkan 😂 mau ditimbang duduk aja nangis meronta-ronta gak mau, apalagi disuruh rebahan. Makanya bu bidan harus punya asisten untuk megangin si anak biar gak banyak gerak, karena anakku sudah 9 bulan dan sangat lincah tentunya gak bisa kalau cuma bermodal dibedong, harus ada yang megangin biar gak kabur.

Setelah selesai prosedur khitannya, digendong susuin bentar biar tenang. Udah deeh ketawa-ketawa lagi anaknya. Tidak ada drama rewel apalagi sampai demam (emangnya imunisasi??) wkwk.

Baca juga: Tips Agar tetap sehat di masa pandemi

Berapa biayanya yaa.. 

Untuk biaya khitan, ibu bidan tidak memasang tarif, jadi seikhlasnya kita aja momsss. 

Usia berapa sebaiknya dikhitan? 

Untuk usia sih sebenarnya tidak ada patokannya, tapi lebih baik saat bayi. Kebetulan anakku dikhitan di usia 9 bulan setengah. 


Di mana khitan Bayi Perempuan di Banjarmasin?

Aku khitan anakku di Bidan Endang jalan Cemara Ujung dekat dengan pasar Cemara Banjarmasin, di beberapa bidan senior lain juga bisa melakuin prosedur khitan Bayi Perempuan ini, kemarin temanku ada juga di Bidan Iin jalan Dahlia Banjarmasin. 

Nah begitu pengalaman aku khitan Bayi Perempuanku, tidak seram dan prosesnya sangat cepat! 



  • Share:

You Might Also Like

2 komentar

  1. Saya mau sunat perempuan hari ini bisa aku belum di sunat

    BalasHapus
  2. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus

komentar anda sangat membantu saya untuk blog ini, terimakasih :)

Postingan Populer