Kenapa Gigi Bayi 9 Bulan Belum Tumbuh

By Lidya Basrindu - 15.16

 Bismillah...

Bayi 9 Bulan kok belum tumbuh gigi ya?



Normal gak sih bayi 9 bulan belum tumbuh gigi? 


Akhir bulan ini InsyaAllah umur Fayla 9 bulan, Alhamdulillah sekarang anaknya sangat aktif dan suka tepuk tangan terutama kalau lagi happy.

Sebenarnya sih gak ngeh dan masalahin juga, tapi baru sadar kok udah mau 9 bulan giginya belum ada ya? Padahal abangnya dulu umur segini udah tumbuh giginya. Anaknya teman-teman yang umurnya sepantaran anakku juga kalau diliat di instagram udah mulai tumbuh gigi, dan udah mulai banyak juga. 
Tapi kembali lagi karena memang tumbuh kembang anak beda-beda, aku sama suamiku jadinya gak terlalu risau sih.

Penasaran Normal Gak yah Bayi 9 BULAN Belum Tumbuh Gigi 


Karena penasaran juga kenapa giginya belum tumbuh, akhirnya aku googling dan cari sumber terpercaya mengenai pertumbuhan gigi bayi. 

Merangkum dari halodokter.com ada banyak faktor yang mempengaruhi cepat lambat ya pertumbuhan gigi, yaitu:
1. Faktor Genetik
2. Cedera Pada Mulut Bayi
3. Kekurangan Gizi
4. Penyakit tertentu

Dan gigi bayi normalnya tumbuh sejak usia 6 bulan dan akan stop tumbuh di usia 3 tahun. Kondisi gigi yang belum tumbuh di usia 9 bulan masih normal dan umum ditemui, namun kalau sudah menginjak 18 bulan dan gigi belum tumbuh maka perlu dikonsultasikan ke dokter yaa.
Tadi juga aku ada baca postingan dari salah satu dokter gigi tentang gigi bayi 9 bulan yang belum tumbuh, kata dokternya sabar aja karena pertumbuhan gigi itu unpredictable alias tidak bisa diduga-duga. 


Normal kok bayi 9 bulan belum tumbuh gigi


Semoga rasa penasaran dan rasa takut kita sebagai ibu karena masalah pertumbuhan gigi bayi ini bisa reda ya buibuu, Semoga Allah selalu memberikan kesehatan dan kebaikan untuk anak-anak kita yah. 
Mau gimana juga kita gak bisa maksain kan anak harus tumbuh gigi sekarang juga, karena itu kuasa yang Maha menciptakan kita. Gak boleh minder atau sedih kalau tau anak orang lain giginya udah tumbuh sementara anak kita masih gak ada giginya. Selama masih dalam kondisi umum dan normal sabar aja dan tetap ajarkan anak makan makanan yang lebih bertekstur. 

Yang penting setelah tahu info ini kita bisa lebih tenang dan lega yaah, jangan lupa stimulasi anak sesuai usianya ya momss ❤️







  • Share:

You Might Also Like

0 komentar

komentar anda sangat membantu saya untuk blog ini, terimakasih :)

Postingan Populer