5 Tanaman Yang Mudah Dirawat Untuk Pemula

By Lidya Basrindu - 18.23

 Bismillah...

5 Tanaman Yang Mudah Dirawat Untuk Pemula


Halo semuanya, Tanaman menjadi tren di saat pandemi yang sedang berlangsung ini. Orang-orang yang menjadi lebih banyak di rumah mencari hobi baru, kesenangan baru yang bisa mengusir kebosanan atau stress karena harus lebih banyak di rumah dan tidak bisa bertemu banyak orang.

Setelah sebelumnya aku berbagi tentang Tips Memilih Tanaman Untuk Pemula, Kali ini aku akan berbagi sedikit pengalaman aku dalam dunia tanaman tentang tanaman apa saja yang mudah dalam perawatannya bahkan untuk pemula, langsung aja yaaa..

1. Sirih Gading



Tanaman ini paling mudah beradaptasi dan bisa diletakkan di berbagai area kecuali full sun karena bisa gosong. Cocok juga juga ingin diletakkan di dalam rumah atau kamar selama tetap dijemur seminggu sekali atau kamar penuh dengan cahaya matahari (tidak kedap cahaya) 

Tanaman ini juga mudah untuk dikembang-biakkan. Cukup potong di batang antara daunnya yang berakar, lalu tancapkan pada media tanam yang sudah disediakan. Atau kalau mau ditaruh di dalam media air juga bisa asal airnya rajin diganti jangan sampai bau, keruh dan menjadi sarang jentik-jentik. 

2. Janda Bolong - Monstera Andansonii



Monstera andansonii atau di Indonesia disebutnya janda bolong sekarang sedang viral karena disebut sebagai tanaman sultan yang super mahal. Sehingga harganya sekarang ikutan naik dari yang belasan ribu menjadi puluhan sampai ratusan ribu. Padahal perlu diketahui bahwa yang harganya malah banget itu adalah monstera andansonii variegata (terjadi mutasi generik sehingga daunnya berwarna putih /bercorak putih) dan yang sering dikira monstera andansonii yaitu monstera accuminata dan monstera obliqua yang emang dari dulu harganya muahaaal banget. 

Janda bolong itu fleksibel bisa dijadikan tanaman gantung atau tanaman rambat, cara perkembangan-biakkanua juga mudah sama seperti sirih Gading tadi. Cukup potong batang di antara daun-daunnya lalu tancapkan pada media tanam atau taruh di vas yang sudah diisi air. Pastikan mereka mendapat cahaya matahari yang cukup juga, dan tidak terkena matahari langsung karena bisa gosong. 

Baca juga: Ide Kegiatan Selama Di Rumah Aja

3. Monstera (Deliciosa&Borsigiana)



Tanaman monstera sedang hits-hitsnya, harganya pun sudah naik jauh. Dan cukup sulit untuk mendapatkan harga yang murah dengan kondisi yang prima saat ini. 

Menurut saya monstera adalah tanaman yang mudah dipelihara dan tidak rewel sama seperti 2 tanaman sebelumnya tanaman ini penyuka sinar matahari pagi dan akan gosong ketika terkena matahari langsung. 

Untuk memperbanyak ya juga cukup mudah dengan cara yang sama seperti 2 tanaman sebelumnya yaitu dipotong di batangnya yang sudah mengeluarkan akar angin. Meskipun pertumbuhannya tidak secepat itu ya, per bulan paling banyak bisa tumbuh 2-3 daun saja. 

Penyiramannya cukup 2-4 hari sekali dan bisa disemprot agar lembab setiap hari pada daun dan akar anginnya. Tapi untuk penyiraman tergantung lokasi kita di mana ya, bisa saja ada yang memang perlu disiram setiap hari dan ada yang perlu menunggu seminggu untuk disiram. 

4. Lidah Mertua - Sansievera



Entah kenapa ya ini tanaman di Indonesia dikasih nama lidah mertua, mungkin karena ujungnya tajem kali ya? Wkwk

Lidah mertua ini tanaman tahan banting di segala Medan, mau ditaroh full sun bisa, mau ditaroh teduh bisa, mau ditaroh dalam kamar juga bisa. Tapi emang tumbuhnya jadinya beda-beda ya, jangan ngarep yang tumbuhnya tanpa matahari mau kayak yang tumbuhnya kayak yang dikasih matahari. 

Tanaman ini sebenarnya gak terlalu suka sering disiram, tapi kalau mau disiram setiap hari juga gak papa. Kembali lagi tergantung posisi si tanaman dan di mana lokasi kita tinggal. 

Baca juga: 7 Tips Rumah Ramah Anak

5. Aglonema Siam Aurora



Aglonema Siam Aurora atau biasa dipanggil aglonema red lipstick ini menurut aku jenis aglonema yang tidak rewel sama sekali. Sejak awal aku adopsi letaknya cuma di teras yang kena matahari pagi bahkan kadang kena matahari siang karena sekarang posisi sinar matahari geser. 

Biasanya aku siram setiap hari, karena dia tiap hari kena sinar matahari yang otomatis media tanamnya juga ikut kering. Daun-daunnya juga aku ikut semprot setiap hari yaaah.

Dalam setengah tahun dari yang cuma 2bayang kalau gak salah sekarang sudah rimbun banget, jadi cantik banget.

Segitu dulu ya jenis-jenis tanaman yang mudah dirawat ya, rata-rata memang tanaman yang suka di tempat teduh dan penyuka sinar matahari pagi.

Penting! 

Perlu diingat ya untuk teman-teman yang mau simpan di dalam rumah atau ruangan, pastikan bahwa ruangan dilimpahi sinar matahari jadi bukan ruangan yang kedap sinar. Karena yang namanya tanaman mau gimana aja pasti perlu sama sinar matahari karena untuk berfoto sintetis mereka memerlukan sinar matahari. Jadi sinar matahari itu penting banget untuk kehidupan tanaman.


  • Share:

You Might Also Like

0 komentar

komentar anda sangat membantu saya untuk blog ini, terimakasih :)

Postingan Populer