Asal-usul Kue Odading Viral

By Lidya Basrindu - 16.01

 


Bismillah...

Teman-teman udah pernah kue Odading belum? Itu tuh kue Odading yang lagi viral di dunia maya.

Padahal jenis kue ini sudah sejak lama ada di negara kita, tapi karena sedang viral lalu menjadi hits dimana-mana, para konten kreator membuat resepnya, memburu kuenya sampai para penjual kuenya pun kecipratan rezeki yang membuat mereka jadi laris manis setiap harinya.

Emang kenapa bisa viral sih?

Bisa viral semenjak ada penjual kue Odading yang mempromosikan jualannya menggunakan bahasa sunda, terdengar lucu dan ada taglinenya "rasanya seperti menjadi ironman". Nah kuenya si mang oleh ini akhirnya viral banget sampai-sampai yang mau beli kuenya harus antri pakai nomor antrian kayak lagi di dokter.

Terus penjual Odading di berbagai daerah di Indonesia akhirnya kecipratan rezeki juga tuuh karena Odading mang oleh yang viral.

Bahkan kemarin suami aku cerita penjual yang biasanya sepi sekarang jadi ramai dan suami pun harus antri buat beli kuenya. 

Sumber gambar:youtube channel tasyi athasyia


Asal-usul Odading.

Merangkum dari beberapa sumber disebutkan bahwa kue Odading berasal dari daerah Jawa Barat, nah dulunya kue ini tidak ada namanya, ya hanya kue yang berbahan dasar tepung dan gula.

Lalu.. Pada suatu hari saat seorang ibu penjual kue ini berjualan, ada seorang anak Belanda yang merengek pada ibunya minta dibelikan kue, nah si ibu pun berkata "o, dat ding?"

Si ibu penjual kue yang merasa lucu dengan sebutan o dat ding pun menceritakan kepada orang-orang di kampung dan akhirnya kue ini disebut dengan kue Odading.

Akhirnya berjalannya waktu, sebutan kue Odading pun semakin melekat pada kue tersebut. Odading yang berasal dari spontanitas seorang ibu Belanda hihi. 

Macam-macam nama Odading di Indonesia

Kalau aku sendiri di Banjarmasin kue ini disebutnya roti goreng, di daerah lain ada sebutan kue bolang-baling, kue bantal, galondeng, gembukan dan onde-onde ketawa.

Biasanya kalau di daerah sini, roti goreng dijual bersamaan dengan cakwe. Jadi cakwe untuk yang ingin rasa asin dan Odading untuk yang ingin rasa manis.

Rasa Odading

Odading ini ada yang ditaburi gula pasir dan ada juga yang ditaburi wijen. 

Tekstur Odading itu krispi di luar dan lembut di dalamnya, tentunya lebih enak kalau dimakan sangat hangat, karena biasanha jenis kue ini menjadi agak keras ketika sudah dingin.

Jadi buat yang penasaran sama rasa Odading, bisa dicari ya di kota kalian masing-masing karena emang kue ini sebenarnya tersebar di Indonesia sudah lama sekali. 

Harganya murah, rasanya enak itulah Odading. Rasanya seperti menjadi ironman 🤣


  • Share:

You Might Also Like

4 komentar

  1. ini mah camilan kesukaan suamiku di sini namanya kue bantal

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya ini kesukaan semua orang kayaknya yah haha

      Hapus
  2. Hahahahah hanya Krn ibu Belanda yaaa , jd tercetus nama itu :D. Aku sendiri awalnya ga tau juga loh nama kue ini mba. Sempet bingung pas odading viral, kue apaan sih itu. Ealaaah ternyata yg dijual bareng cakwe toh :p.

    Lah kalo itu aku nyebutnya cakwe manis wkwkwkwkwkwk. Aku ga terlalu ngeh kue itu Krn memang ga terlalu doyan manis. LBH suka yg asin gurih.

    Tapi jd tau skr nama kuenya :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya kaan biasanya dijualnya barengan sama cakwe gitu.
      Toss! #teamcakwe wkkwk

      Hapus

komentar anda sangat membantu saya untuk blog ini, terimakasih :)

Postingan Populer