#FBBkolaborasi Ramadan Pertama di Rumah Aja

By Lidya Basrindu - 09.25

Bismillah..


Sudah bulan Mei dan sudah bulan Ramadan nihh, tahun ini tentunya menjadi Ramadan yang berbeda untuk kita semua.
Karena Ramadan kali ini dijalani saat pandemi Covid19 ini masih belum mereda.

Ramadan di 2020 ini juga terasa sangat berbeda buat aku, karena ini tahun pertama berpuasa di perantauan. Selama ini emang gak pernah tinggal jauh dari orang tua dan tahun ini perdana ke provinsi sebelah karena ikut suami bertugas.

Puasa hari pertama di rumah aja


Sebenarnya sih emang sudah terbiasa lebih banyak menghabiskan waktu di rumah aja sebelum wabah ini datang. Tapi tetap aja beda kan rasanya, karena kadang ada rasa ingin bersosialiasi atau sekedar jalan-jalan ke luar. Ya intinya terbiasa di rumah tapi gak terbatas ruang geraknya kaya sekarang ini. 

Kalau dulu-dulu masih bisa jajan untuk makanan buka puasa, atau bahkan ke pasar wadai, tahun ini gak kemana-mana dulu. Dan hidangan berbuka semuanya dimasak sendiri di rumah.

Tahun ini menjadi tahun kedua aku menjadi ibu menyusui saat berpuasa, agak gugup sih takut anak rewel atau apa saat akunya berpuasa. 
Alhamdulillah hari pertama puasa sampai sekarang bisa dijalani dengan lancar dan tanpa lemes sama sekali, masih bisa beraktivitas seperti biasa dan bisa main juga sama anak pertama aku. 

Cuma kadang masih keteteran buat nyiapin makanan berbuka puasa, entah karena anak rewel jadinya aku gak bisa masak atau karena akunya mager hahaha. 
Buka puasa hari pertama aja masakannya jadinya mepet banget sama waktu berbuka. 
Sampai ga bisa estetik foto makanannya, karena seburu-buru itu. 


Beberapa hikmah ramadan di rumah aja versi aku


Kalau untuk aku ada beberapa hikmah saat Ramadan harus di rumah aja tahun ini, 
Karena suami jadi stand by di rumah kalau malam, dan bisa bantu aku buat jaga 2 bayi :') masih gak bisa bayangin sih, Kalau misalnya tiap malam cuma bertiga sama anak-anak di rumah baru karena ditinggal sholat tarawih. Alhamdulillah ya Allah kasih jalan biar aku gak kewalahan dan takut. 
Oiya karena pandemi ini juga aku jadi sering sholat berjamaah sama suami, karena biasanya dia ke masjid kalau sholat fardu. Dan sekarang harus sholat di rumah aja, alhamdulillah bisa jadi momen romantis sama suami hehehehe

Selain itu, aku jadi suka banget masak. Jujur nih selama tinggal di rumah mama, aku mager banget buat masak atau ngerjain pekerjaan rumah. Ya karena ada mama yang masak gitu? Intinya jadi manja hahaha. Alhamdulillah sekarang mandiri banget di sini, suka eksplor makanan-makanan yang aku pengen makan atau belum pernah coba bikin. Kadang ada yang enak banget, enak ajah, atau gagal. Namanya juga lagi coba-coba hihi. 

Dan yang tidak kalah penting, salah satu hikmahnya pandemi ini ada salah satu e-commerce yang mensubsidi ongkos kirim Belanjaan sampai 40rb dan itu membantu banget buat aku yang ada di daerah. Karena ongkos kirim ke sini lumayan mahal, sementara masih susah untuk belanja keluar dan barangnya juga kurang lengkap. Maka dari itu belanja online adalah jalan ninjaku, makanya mamak seneng banget dengan subsidi ongkir sebanyak ituh :') 

Tentunya masih banyak hikmah dan kebaikan dibalik sebuah bencana, apapun itu kadang hanya kita yang kurang menyadarinya dan terkadang tidak menyukainya.
Seperti dalam firman Allah,

و عسى أَنْ تَكْرَهُوا شَيْئًا وهُوَ خَيْرٌ لكَمْ وَعَسى أَنْ تُحِبُّوْا شَيْئا وهو شرٌّ لكم واللهُ يعلمُ وأَنْتُمْ لا تَعْلمُوْنَ
Bisa jadi kamu membenci sesuatu, padahal ia amat baik bagimu, dan bisa jadi kamu menyukai sesuatu, padahal ia amat buruk bagimu. Allah mengetahui, sedang kamu tidak mengetahui.”(QS. Al Baqarah: 216)

Semoga kita semua dapat mengambil hikmah dari keadaan saat ini dan diberikan kesabaran, kesehatan dan kemudahan dalam menjalani masa-masa pandemi ini. 


--

Seneng banget karena tema FBB Kolaborasi bulan ini tentang hari pertama puasa di rumah aja, jadi aku ada kesempatan buat curhat deh wkwkwk. 
Semoga kedepannya bisa terus ikut FBB kolaborasi dan semakin rajin menulis, terutama di masa pandemi ini (meskipun nulis blognya harus curi-curi waktu dari urusan rumah) 
Sampai jumpa di FBB Kolaborasi berikutnya yaa! 

Stay safe, jaga jarak, pakai masker, di rumah aja dan sering cuci tangan ya semua! 


  • Share:

You Might Also Like

5 komentar

  1. untuk ramadhan kali ini jadi bisa merasakan tarawih berjamaah di rumah bareng keluarga. krn biasanya sendirian atau ke mesjid dekat komplek.

    BalasHapus
  2. Betul banget Mbak, pasti ada saja hikmahnya di setiap kejadian seburuk apapun. Semoga kita selalu dalam lindunganNya aamiin

    BalasHapus
  3. Sama Mbak, kalo soal masak memasak saya juga manja waktu tinggal sama mama. Lagian enakan masakan mama juga, hihihi. Tapi bener juga, kalau di rumah sendiri kita bebas explore mau bikin masakan apa aja 🤭

    BalasHapus
  4. Sama mba... Aku juga terbantu banget dengan adanya diskon ongkir dari e-commerce ini... Karna bisa belanja berbagai barang keperluan dengan mudah saat engga bisa kemana - mana seperti sekarang ini...

    BalasHapus
  5. Hikmahnya jadi banyak belanja online ya...subhanallah, aku juga setuju ttg itu hahaha

    BalasHapus

komentar anda sangat membantu saya untuk blog ini, terimakasih :)

Postingan Populer