Ide kegiatan selama #dirumahaja #FBBKolaborasi

By Lidya Basrindu - 20.20

Bismillah... 


Bulan ini tema dari FBB Kolaborasi adalah tentang wabah virus Korona atau covid19.
Kebetulan banget pas ada ide mau nulis tentang si virus ini ternyata tema fbb kolaborasi bulan ini sama.

Wabah Virus Korona atau Covid19 sekarang sudah ditetapkan menjadi pandemi global, karena persebarannya yang sudah menyebar ke seluruh negara di dunia.

Guna memutus rantai penyebaran virus ini, maka dilakukan gerakan stay at home atau di rumah aja #dirumahaja. Gerakan ini merupakan dukungan kepada keputusan pemerintah untuk belajar, bekerja dan beribadah dari rumah.
Sekolah-sekolah diliburkan, pekerja kantor pun banyak yang diminta untuk bekerja dari rumah. Meskipun masih banyak sekali yang harus bekerja di luar rumah karena keadaan, tapi tentu saja gerakan berdiam di rumah ini sedikit banyaknya semoga bisa membantu memutus penyebaran virus ini atau setidaknya jangan sampai membuat jumlah pasien semakin banyak dan memuncak sehingga sulit untuk diobati dan ditangani.


Nah sesuai dengan tema fbb kolaborasi bulan ini yaitu edukasi mengenai covid19 dan kegiatan apa saja yang bisa dilakukan selama di rumah aja maka Untuk yang bingung apa saja kegiatan yang bisa dilakukan saat di rumah saja, berikut beberapa ide yang bisa dicoba yaa

1. Memasak


Semenjak banyak yang di rumah aja, hampir semua teman-teman saya di sosial medianya mulai menjadi koki di rumah. 
Aplikasi Cookpad dan resep online lainnya mulai menjadi sahabat untuk mencari ide masakan setiap harinya. 
Selain menyenangkan, memasak sendiri juga membuat kita menjadi lebih hemat dan tentunya kebersihan makanan yang kita makan juga lebih terjamin kan? 

2. Membaca buku


Siapa yang hobi beli buku tapi bukunya tidak terbaca dan hanya menjadi tumpukan berdebu di rumah? Momen ini bisa menjadi kesempatan kamu untuk kembali membaca buku-buku yang belum sempat terbaca karena selama ini sibuk di luar rumah. Selain itu dengan membaca buku bisa membuat otak kita tetap bekerja dengan baik loh! 

3. Membersihkan rumah


Karena pastinya kita akan lama berada di rumah, kenapa tidak membersihkan rumah saja? Supaya kita merasa lebih nyaman dan betah ketika berada di rumah. 
Bisa dimulai dengan mengelap debu-debu di kamar, membersihkan pajangan-pajangan, memilah barang-barang yang masih diperlukan dan harus dikeluarkan dari rumah. 
Bahkan kamu juga bisa mendekor ulang dekorasi rumah agar tidak bosan. 

4. Berkebun


Siapa nih yang punya kebun tapi kebunnya terbengkalai? Ini saatnya kamu kembali berkebun dan menata ulang tanaman di kebunmu atau sekedar menyiram tanaman-tanaman di pot yang sudah mulai layu. 
Kalau berkebun memang hobi kamu selama ini, berbahagialah karena waktu berkebunmu bisa menjadi lebih banyak :D

5. Berolahraga


Untuk melawan virus, tentunya tubuh kita harus sehat dan kuat. Berolahraga merupakan salah satu cara untuk memiliki tubuh yang sehat, olahraga yang bisa dilakukan banyak sekali, mulai dari lari pagi, bersepeda, lompat tali, senam dan lain-lain. Olahraganya bisa juga dibarengi dengan berjemur di luar rumah ya!

6. Menjahit


Tidak perlu yang ribet-ribet, bisa dimulai dengan menjahit pakaian-pakaian yang robek. Kalaupun tak punya mesin jahit ya tidak apa, karena bisa aja menggunakan keterampilan jahit tangan saja. 
Kalau sudah pro menjahitnya, mungkin bisa membuat sesuatu yang baru. Menjahit baju, tas, dompet dll. 

7. Bermain lego / puzzle


Bermain legi atau puzzle menurut aku bisa banget untuk killing time saat sudah bosan di rumah, karena memainkan ermainan ini tentunya tidak bisa sebentar dan harus melibatkan otak untuk berpikir. 
Saat menyusun lego tentunya harus bersabar karena partisinya kecil-kecil dan membutuhkan banyak waktu untuk menyusun ya damai menjadi model yang diinginkan. Begitu juga dengan puzzle, semakin banyak pecahan puzzlenya dan semakin rumit gambarnya tentu semakin sulit untuk dimainkan. 

8. Membuat mainan anak


Saat di rumah saja, bisa dimanfaatkan untuk membuat mainan sendiri dengan barang-barang yang tersedia di rumah. 
Banyak loh ide membuat mainan anak tersebar di internet, biasanya kalau saya mencari idenya lewat pinterest. 
Contohnya membuat rumah-Rumahan dari kardus, membuat kartu-kartu dengan modal kertas dan printer di rumah. 

9. Menulis blog atau sejenisnya


Ini juga saat yang tepat untuk kembali menulis di blog atau mungkin menulis cerpen? 
Ya gak harus yang rumit-rumit juga kok ditulis, bisa saja menulis tentang keseharian selama mengkarantina diri di rumah saat wabah ini melanda. 

10. Rebahan 

Kalau sudah bingung mau ngapain lagi selama di rumah, kamu cukup rebahan aja. 
Ya rebahan! Mungkin selama ini kita semua terlalu banyak beraktivitas ehingga lupa bahwa tubuh kita butuh rebahan butuh istirahat sejenak. 

--

Gimana? Sudah dapat ide mau ngapain aja selama #dirumahaja? Cukup dengan menjadi kaum rebahan di rumah, kamu bisa menjadi pahlawan loh :o
Pahlawan dalam memutus rantai penyebaran virus ini.

Bagi yang harus bekerja di luar rumah, semoga terus diberi kesehatan dan dijauhkan dari penyakit dan tentunya virus ini. Semoga Allah selalu melindungi kita semua dari wabah ini dan bahaya di luar sana.


  • Share:

You Might Also Like

7 komentar

  1. Yessss. Rebahan masuk juga. Skrg jd makin teratur tidur siang maklum klo lagi harus ngajarin anak2 hehe

    Btw, aku juga jd hobi masak. Tapi kebutuhan gas tiba2meningkat bgt hahaha

    BalasHapus
  2. Kaum rebahan sambil baca buku, yes! Tetiba jadi koki juga. Bener ada banyak kegiatan seru yang bisa dilakukan di rumah, jd #DiRumahAja tak bakalan membosankan ^^

    BalasHapus
  3. Sebenarnya banyak banget kegiatan yang bisa dilakukan di rumah, saya manfaatin buat belajar desain, masih pakai aplikasi canva sih. Tapi yang penting hati gembira.

    BalasHapus
  4. Nah, jahit nih yang belum aku lakukan wkkw. Auto keingat celana yang robek haha

    BalasHapus
  5. Beberapa kegiatan yg kulakukan saat WFH ada di atas yaitu membaca buku, workout, dan menulis blog. Alhamdulillah jd (terpaksa) lebih produktif. Daripada bengong gak bisa keluar rumah jg kan.

    BalasHapus
  6. Menjahit dan berkebun... Dua hal yang sangat ingin saya lakukan mba... Tapi belum terealisasi sampai sekarang udah sebulan dirumah aja ..

    BalasHapus
  7. Aku pas baca bermain lego entah kenapa malah jadi pengen main monopoli atau congklak. Kangen masa kecil kayaknya. Hihi

    BalasHapus

komentar anda sangat membantu saya untuk blog ini, terimakasih :)

Postingan Populer