Manfaat Journaling

By Lidya Basrindu - 21.25



Bismillah..

Sudah sampai di akhir Januari 2020 nih, gimana awal tahun kalian? Semoga menyenangkan yaa..
Oiya awal tahun ini kita sudah disambut dengan berbagai berita di Indonesia dan dunia ya? Mulai dari banjir di Jakarta sampai hebohnya virus Corona, semoga jangan sampai masuk ke Indonesia ya virusnya. Tetap jaga kesehatan diri guys!

Nah kali ini aku mau berbagi cerita berupa manfaatnya dari Journaling, aku memutuskan untuk memulai journaling sejak 2020, sebenarnya pengen banget bisa journaling dari dulu tapi yang kekumpul cuma niatnya, ngerjainnya enggak hahaha.

Kalau kalian googling tentang manfaat journaling ini pasti nemu banyak banget manfaatnya loh, beberapanya yaitu dapat meredakan stres, sampai dengan meningkatkan IQ terus juga bisa jadi sarana kita untuk lebih sadar dalam menjalani hidup. 

Dengan semangat 45, di akhir 2019 aku beli buku jurnal baru dan buku catatan kecil untuk mencatat pengeluaran harian yang selama ini berasa cepat hilang begitu aja uangnya. Sebenarnya sih bisa aja pakai buku catatan yang ada di rumah, tapi biar semangat beli yang baru aja *boros memang wkwk. Selain itu di awal 2020 juga aku beli stiker-stiker biar jurnalnya tambah semarak dan menyenangkan.

*tulisan bersambung ke bulan februari, (alias tulisan sempat mandek wkwk)

Apa saja sih manfaat yang aku rasain setelah mulai menulis jurnal? 

Hidup Lebih Terorganisir


Karena sudah ditulis rencananya terlebih dahulu, misal besok mau cuci baju dan pel kamar. Secara tidak sadar otak aku ngerekam ingatan yang ditulis di jurnal sebelumnya jadinya ingat dong mau ngapain aja hari ini.
Di lembar rencana juga aku sisipkan pengingat-pengingat hal yang memang harus dilakukan setiap hari, misalnya harus latihan oernafasn mengingat sebentar lagi melahirkan atau minum air putih yang banyak. Jadi Kalaupun lupa dengan aktivitas tersebut, ketika membuka jurnal bisa ingat kembali. 

Hidup gak begini begitu aja


Jujur deh, sebelum nulis jurnal aku ngerasa hidup aku yaudah gini gitu aja, dan cepat banget berlalunya satu dua hari, tiba-tiba besok sudah akhir pekan. Kayak "aku ngapain aja ya selama ini, udah apa aja ya?" 
Sejak menulis jurnal, waktu berasa berjalan sedikit melambat, karena kita sadar apa yang sudah dan akan kita lakukan sesuai dengan rencana di jurnal yang ditulis. Contohnya Pekerjaan ibu rumah tangga yang nampaknya itu-itu aja jadi lebih bermakna gitu loh setelah dituliskan di jurnal. 

Penyimpan kenangan 


Di jurnal selain menulis rencana, aku juga menuliskan apa yang terjadi kemarin atau hari ini. Bagaimana perkembangan anak, bagaimana mood aku, Menurut aku hal-hal yang kita tulis di jurnal ini tentunya bakalan jadi kenangan di masa yang akan datang, bahkan dalam waktu sebulan dua bulan kemudian pun sangat menyenangkan untuk menjadi utas balik.
Rencananya aku juga mau cetak foto-foto dan menempelkannya juga di dalam buku jurnalku. 

Nah, mungkin kamu juga bisa mencoba untuk menulis jurnal sederhana mulai dari sekarang ^^

  • Share:

You Might Also Like

0 komentar

komentar anda sangat membantu saya untuk blog ini, terimakasih :)

Postingan Populer