Jalan-jalan ke Taman Satwa Jahri Saleh Banjarmasin

By Lidya Basrindu - 21.45

Bismillah..



Gak terasa ya kita sudah mampir di akhir Bulan Desember yang artinya juga sudah memasuki musim liburan sekolah.
Kali ini aku mau kasih ide untuk mengisi hari libur dengan berwisata murah meriah di Kota Banjarmasin, kalian bisa coba berkunjung dan ajak anak kalian ke Taman Satwa Jahri Saleh Banjarmasin.

Tentang Taman Satwa Jahri Saleh


Taman Satwa Jahri Saleh beralamat di Jl. Jahri Saleh, Sungai Jingah, Banjarmasin Utara. Dahulu kala zaman aku TK, taman satwa Banjarmasin letaknya ada di tengah kota di dekat masjid sabilal muhtadin yang sekarang sudah jadi taman PKK atau taman lalu lintas. 


Untuk masuk ke taman satwa ini kita dikenakan biaya masuk sebesar Rp 4.000 untuk orang dewasa dan Rp 2.000 untuk anak kecil, belum termasuk tarif parkir mobil dan motor ya. 

Taman Satwa ini buka setiap hari dari pukul 08.30 sampai dengan 17.00 WITA

Terakhir ke sana seingat aku dulu tahun 2014 ngajak keponakan dan waktu itu masih ada renovasi jadi tempatnya agak berantakan.. Sekarang aku penasaran lagi pengen ke sana karena anak aku suka banget sama binatang dan sudah ngerti kalau dikasih lihat binatangnya langsung, Tapi ternyata 2019 ke sana lagi tidak terlalu banyak perubahan juga sih, padahal baca di berita tahun 2018 tempatnya direnovasi kembali.



Nah jadi aku tadi ke sana berduaan sama anak aku, jadi otomatis aku pakai stroller untuk bawa anak aku, karena kalau gendong ya encyook akunya haha. Alhamdulillah yah di beberapa bagian yang lumayan tinggi ada akses untuk stroller lewat dan jalanannya juga masih bisa dilewati stroller. 
Oiya kita ke sini dalam kondisi musim hujan ya dan waktu berangkat ke sana juga hujan di jalan, alhamdulillah waktu sampai di sana harinya cuma mendung jadi lumayan adem buat keliling di sana. Tapi aku tetap bawa payung, untuk antisipasi hujan tiba-tiba.

Baca juga:
-Kids Library Perpustakaan Daerah Kalimantan Selatan
-Taman Pasuk Kameloh Palangkaraya
-Liburan Sambil Belajar Hewan Di Jakarta

Apa aja yang ada di Taman Satwa Jahri Saleh? 




Jadi di sana areanya cukup luas dan terbagi menjadi beberapa zona sesuai dengan jenis satwanya, ada zona rusa, Zona buaya, zona primata, Zona aves, Zona satwa air, Zona reptil, Zona poultry dan juga ada bangunan yang isinya aquarium ikan dan juga tempat Breeding satwa. 

Setelah melewati pintu masuk, kita akan disambut dengan patung bekantan dan burung-burung dara yang berlepasan.
Tenang, di depan ada papan peta kecil kok untuk memandu kita di dalam. 

Zona Aves (Burung) 



Pertama-tama kita ke zona aves atau Zona burung, karena akses ke sana lumayan mudah dengan diriku yang bawa-bawa anak bayi ini 🤣
Di dalam sana sepenglihatan aku ada burung bangau tong-tong, burung enggang, burung elang dan burung dara. Mohon maklum nih si emak gak sempat bacain keterangan nama hewannya, karena tulisannya rada buram dan rada gelap di dalam. Oiya strollernya aku taruh di depan karena naik ke dalam curam dan stroller ga bisa jalan juga di dalamnya. 

Zona Buaya & Zona Rusa



Terus ke zona buaya, kalau dari zona aves ke zona buaya bawa stroller lumayan susah jalannya, kalau aku tadi mesti ngangkat dikit strollernya. 
Di zona buaya, kita gak lihat buayanya hahaha. Gak ada yang muncul dan karena hari gelap, jadi aku gak pengen lama-lama di situ nungguin buayanya takut hujan 😅

Di sebelah Zona buaya itu ada Zona rusa, tapi rusanya gak ada, yang ada cuma rerumputan yang sudah tumbuh meninggi. 😅😅😅

Tapi tenang, di dekat Zona buaya dan zona rusa ada kok Zona yang bikin enak, yaitu Zona pentol wkwk. Alias ada yang jualan pentol kuah di tengah situ, jadi kalau agak laper bisa lah ya makan pentol dulu. 

Oke lanjut ya.. 

Di samping Zona buaya itu ada beberapa kandang-kandang kecil yang nampaknya tak ada penghuninya, bentuknya kayak kandang ayam gitu loh. 

Zona Reptil & Zona Satwa Air



Di sebelahnya lagi ada Zona reptil, tapi gak dibuka, dipagerin. Nampaknya juga gak ada hewannya di dalam sana hoho

Di sebelah Zona reptil ada Zona satwa air, tapi aku gak liatin sih dalamnya ada apa aja. Mungkin ikan-ikan dan kura-kura ya, aku gak ke sana karena susah bawa strollernya dan sepi juga karena lumayan pojok lokasinya. 

Zona Primata 



Di sebelah Zona satwa air adalah zona dengan hewan penghuni yang paling banyak jenisnya yaitu Zona primata. 
Ada owa-owa, bekantan (tapi aku gak lihat), lutung dan babon. Owa-owa paling banyak di sana dan ada kandang gedenya di bagian belakang.
Menurut aku zona ini lah yang bikin taman Satwa ini jadi hidup, karena penghuninya paling banyak dan berisik (ya namanya juga primata kan). Karena primata juga lebih ekspresif dan menyenangkan untuk dilihat. 

Zona Poultry & Aquarium 




Karena penasaran lanjutin lah jalan ke samping kandang owa dan ternyata ada kandang burung yang tinggi kayak burung onta, tapi aku gak ke sana karena jalanannya rada menakutkan untuk dilewati haha.
Jadi putar balik lah, dan ternyata itu burung ada di zona poultry atau Zona unggas. Kita gak ke zona poultry karena susah stroller lewatin jalannya dan gelap juga huhu.



Terakhir kita masuk ke bangunan yang bentuknya ikan, di dalamnya ada aquarium-aquarium yang berisi ikan-ikan. 
Di dalam berasa di langit karena lukisan dindingnya kayak awan (?)  tapi sayang  hawanya panas meskipun ada AC tapi ACnya juga gak nyala sih, mungkin karena bentuk bangunannya semacam gua gitu ya. 

Fasilitas yang tersedia




Di taman satwa ini tersedia mushola dan toilet di dekat Zona poultry, kemudian juga ada pondok-pondokan dan gazebo gitu.

Terus ada juga mainan-mainan seperti jungkat-jungkit dan ayunan. Ada penyewaan mobil-mobilan, mandi bola, melukis di gabus dan gelembungan ya kalau gak salah di depan.

Kalau urusan makanan ada warung kecil yang berjualan di dekat bangunan breeding satwa. 

Selain itu di halaman luar, ada kebun percontohan PKK Kota Banjarmasin. Aku gak ke sana, cuma lihat dari dalam mobil aja hehe. 

Keadaan terkini di sana


Sangat disayangkan taman satwa ini nampak sekali kurang perawatannya, kalau baca di berita sih karena keterbatasan dana yang tersedia oleh pemerintah, jadi ya seadanya saja. Akhirnya pun kalau baca di berita lagi, pengunjung taman satwa ini semakin berkurang dan sudah tidak ramai lagi. Waktu kami datang keadaan memang sepi, mungkin karena faktor cuaca dan memang belum banyak yang libur. 

Kandang-kandang tidak terurus dengan baik dan cenderung kotor. Akses jalan di dalam cukup sulit karena banyak batako yang terlepas, Tanah berbatu, di beberapa bagian rumput tumbuh tidak beraturan,  desain taman satwa yang membuat taman menjadi suram, Tidak ada petugas yang terlihat berjaga di dalam, yang ada adalah para pedagang (mungkin saja sih mereka adalah petugas di sana yang akhirnya membuka usaha) dan karena tempat ini sepi dan beberapa bagian gelap, aku lihat ada beberapa pasangan yang "mojok" 😅

rasa-rasanya taman Satwa ini cuma taman primata dan burung, karena hanya mereka lah yang membuat taman ini menjadi hidup dan berkurang suramnya. 

Tentu sangat jauh bila dibandingkan dengan taman ragunan di Jakarta, padahal biaya masuknya cuma 7.000 tapi tetap bisa terawat dengan baik dengan satwa yang begitu banyaknya. 

Sebagai warga Banjarmasin, saya tentunya selalu berharap yang terbaik untuk Banjarmasin, salah satunya dengan taman satwa ini. Pastinya banyak anak-anak dan wisatawan yang ingin berkunjung melihat kebun binatang satu-satunya di Banjarmasin ini, tapi kemungkinan yang terjadi adalah ketika mereka sudah ke sana, tidak tertarik lagi untuk kembali karena keadaan di sana yang memang tidak menarik. 

Semoga kedepannya pemerintah lebih memberikan perhatian kepada taman satwa ini, bukan sekedar merenovasi agar terlihat cantik bagian depannya saja tapi bisa menjaga dan merawat agar keseluruhan terlihat cantik dan tidak suram. Sayang kalau sampai satwa dan fasilitas yang ada tidak terawat dengan baik di sana. 

Jadi apakah taman satwa Jahri Saleh recommended


So far, tetap saja aku pengen merekomendasikan tempat ini sebagai salah satu pilihan untuk mengajak keluarga berwisata sambil belajar tentang hewan-hewan di Banjarmasin. Kalau yang anaknya suka hewan sih menurut aku bakalan suka diajak ke sana, karena anak aku juga suka karena bisa lihat hewan-hewan secara langsung dan lebih dekat, selain itu harga tiket masuknya pun terjangkau selama tidak main yang berbayar di dalam ya hihi.
Jangan lupa jaga kebersihan ketika berkunjung ke Taman Satwa ini ya, ada kok bak sampahnya sudah disediakan untuk kita. 

With love,




  • Share:

You Might Also Like

7 komentar

  1. aku penasaran nih kak sama taman satwa Jahri Saleh. sering denger tapi belum pernah kesana.
    semoga sarana disana semakin bagus dan mendapat perhatian pemerintah ya kak

    BalasHapus
  2. lama banget udah gak main ke taman satwa. pasti udah ada pembaharuan ya. dulu biasanya liat-liat burung merpati yang terbang bebas trus duduk di gazebo.

    BalasHapus
  3. Sayang banget ya lidya klo gak terawat gini. Padahal baca tulisanmu ini aku kepikiran bw anakku juga si.. Tp blm tau kapan. Semoga pemerintah ngasih perhatian ya. Tulisan ini kayaknya bisa kamu tag ke pihak yang berkepentingan deh. Sayang kan klo g terawat gt

    7000ya murah si ya. Tp klo ragunan lebih murah lg 4rb buat dewasa hehe

    BalasHapus
  4. dari dulu sebenarnya penasaran sama taman ini tapi nggak jadi-jadi melulu mau ke sana. memang sedih ya lihat kondisinya sepi banget begitu

    BalasHapus
  5. Tidak banyak yang tahu tentang taman satwa ini padahal lokasinya di tengah kota. Aku sendiri belum pernah ke sini. Mau mencoba sesekali ke sana ah, mengajak keluarga.

    BalasHapus
  6. Wah aku sudah lama banget ga kesini, mungkin terakhir smp atau sma kali ya tapi kalau dilihat dr awal aku kesana tambah bagus tp syg juga ya kalo kurang terawat. Huhu Semoga pemerintah memperhatikan taman ini.

    BalasHapus
  7. Wah Eny mau ketaman ini Banjarmasin punya kan hhi

    BalasHapus

komentar anda sangat membantu saya untuk blog ini, terimakasih :)

Postingan Populer