Bicara Blog dan Alasan Berpindah ke Domain TLD

By Lidya Basrindu - 00.01

Bismillah..



Tadinya lagi bingung mau nulis apa di blog, akhirnya blogwalking ke blog para Blogger lain sambil mikir enaknya nulis apa ya yang gak terlalu berat dan santai aja mikirnya, akhirnya setelah mampir ke blog mbak Grace Melia aku pengen nulis ke hal yang lebih personal aja. Sekarang lumayan jarang nulis yang personal gini di blog, beberapa waktu ini lebih banyak ikut lomba, nulis tips dan lainnya.

Padahal dulunya waktu awal punya blog tahun 2009-2010an isinya curhatan semua loh, pasti pada tau kan awalnya sebelum seperti sekarang ini blog bisa dibilang sebagai diary online? Dulu kalau nulis blog juga belum segampang sekarang yang bisa nulis langsung lewat browser, Kalaupun mau nulis lewat handphone harus via email nulisnya atau aplikasi Blogger. Itu juga bisanya cuma nulis, gak bisa otak-atik yang lainnya lewat handphone. 
Kalau sekarang mau nulis blog akunya mesti mikir, mesti riset bagusnya nulis gimana ya.. Apa ya.. Gitu
Nulis lepas gini rasanya lebih enak, gak banyak tekanan malah yang ada bisa melepas tekanan yang ada. 

Kenapa beralih ke domain TLD?


Sejak awal punya blog ini, alamat blognya selalu berakhiran blogspot.com, kalau dihitung berarti ini ke-3 ganti alamat. Dulunya lydyabasrindu.blogspot.com kemudian jadi Admilidyasari.blogspot.com dan sekarang Admilidyasari.com

Gak ada alasan khusus sih beralih ke TLD, harapannya cuma pengen bisa konsisten ngeblog lagi, jadi lebih produktif nulis lagi gitu. Dan sekarang bikinnya pun gak seribet zaman dulu yang bayarnya harus pakai kredit. 
Kalau dulu aku selalu mikir gak usah lah ya pindah ke domain berbayar sayang kalau gak ada isinya, sekarang pola pikirnya diubah jadi karena sayang bayar makanya harus rajin nulis hahaha #mamakhemat

Terus jadinya lebih simple dan mudah diingat kan? Kalau dulu rasanya panjang banget gitu nama+blogspot+com. 
Katanya sih ganti ke TLD juga biar bisa lebih dipercaya sama klien dan biasanya lomba-lomba blog ada yang mengharuskan blognya TLD. 

Zaman Blogging Nomor Satu


Ngomong-ngomong blog zaman dulu, jadi ingat Zaman SMA ikutan workshop Blogger dan dari situ malah bisa bikin komunitas Blogger sama teman-teman yang seumuran, jadi sebutannya Blogger remaja Banjarmasin (iyaaa remaja wkwkwk) terus sekarang namanya Pena Blogger Banua atau disingkatnya PBB. 
Kita dulu sering bikin gathering, talkshow, ikut event dan lain-lain. Sekarang ya masih sering juga sih tapi aku udah gak ikutan karena mayoritas teman-teman di sana laki-laki, kebanyakan udah pada berkeluarga dan punya anak juga. 
Terakhir ngumpul sama mereka kayaknya waktu acara buka puasa tahun 2017 deh, dah lama banget ya?? Itu juga aku nulisnya di blog satunya. 


Aku juga ikut komunitas Blogger energy, dari situ aku baru tau sama yang namanya blogwalking. Dan aku suka banget sama blogwalking di komunitas itu karena komentar di blog pasti selalu banyak, bahkan Kalaupun gak promo ada aja pasti yang komen di blog aku waktu itu. Semacam zaman keemasan kali ya (?) 

Kenapa balik ngeblog lagi? 


Aku sempat vakum dari blog ini sekitar hampir 2 tahun, aku bikin blog baru dengan alasan sayang dan capek ngehapusin post lama yang banyak foto aku gak tertutup aurat di blog ini (padahal mah tinggal di draft-in aja udah gak bisa dicari lagi tuh post wkwk) akhirnya aku non aktifkan blog ini dan bikin blog baru namanya sisterinjannah. 
Sampai habis ngelahirin aku lumayan sering nulis di blog yang itu, tapi... Setelah aku vaca-baca ternyata kualitas tulisan aku udah jauh banget dari waktu dulu aku lagi suka nulis blog, mungkin efek kelamaan gak nulis panjang juga kali ya. 


Entahlah di pertengahan 2019 aku iseng pengen ngeblog lagi, aku follow banyak Blogger nasional yang tulisannya relate sama kehidupan aku, mulai buka group Blogger yang ada di whatsapp dan yang bikin aku semangat adalah group female Blogger Banjarmasin. Isi komunitas ini emang perempuan semua, tentu aku ngerasa cocok berada di sana, terutama kebanyakan juga sudah berkeluarga.. Jadi ngobrolnya lebih nyambung sama kehidupan aku yang sekarang.

Aku mulai ikut event bareng mereka dan itu benar-benar pertama kali mereka tau sama aku di dunia nyata hahaha. Selama ini paling cuma say hi di sosial media dan setelah 3 tahun baru aja aku berhadir di tengah mereka semua, jadinya ya awkward sih waktu pertama kali ketemu.


Akhirnya.. Aku mulai yakin untuk berubah ke TLD meskipun setelah kenal teman-teman Blogger aku mulai belajar tentang DA dan PA rasanya sayang juga ganti alamat blog, karena DA nya sudah lumayan tinggi, maklum blog tua jadi meskipun gak nulis apa-apa tetap bisa tinggi DA nya. 

Setelah mantap membuang jauh-jauh rasa sayang pada alamat lama itu, inilah blog aku dengan alamat barunya. Semoga semangat aku buat nulis dan terus produktif juga selalu terbarukan (macem slogan pertamina).  Gak berhenti belajar buat bikin tulisan dan konten yang lebih bagus. Doakan ya setelah lahiran adik nanti aku bisa tetap produktif nulis juga biar gak sayang bayar domain wkwkwk. 

Burung Irian
Burung Cendrawasih
Cukup Sekian
Dan Terima Kasih *
*ala ala biodata zaman SD 


  • Share:

You Might Also Like

0 komentar

komentar anda sangat membantu saya untuk blog ini, terimakasih :)

Postingan Populer