Mudahnya Mencari Informasi Kesehatan Anak dengan SehatQ.com

By Lidya Basrindu - 11.59

Kebingungan Mengenai Informasi Kesehatan

Di zaman sekarang mencari informasi apapun sangat mudah dengan adanya fasilitas Internet, siapapun bisa mengakses informasi di manapun dengan mudahnya.⁣
Namun, kemudahan akses informasi ini berimbas pada gampangnya orang percaya dengan informasi yang ada di Internet padahal belum dan tidak jelas sumber datanya alias hoax. 
Apalagi masalah kesehatan, banyak sekali tersebar di internet mulai dari tips penyembuhan penyakit sampai mitos kesehatan yang tidak jelas sumbernya dan diolah oleh mereka yang tidak ahli dalam bidang kesehatan.⁣
Untuk saya yang sekarang menjadi ibu muda dan juga sedang dalam masa kehamilan, informasi-informasi kesehatan terutama kesehatan anak dan kehamilan merupakan hal yang sangat penting untuk diketahui. Namun kadang bingung dan khawatir jika informasi kesehatan tersebut tidak valid karena tidak memiliki sumber yang jelas. ⁣
Nah, sekarang kita tidak perlu bingung lagi ketika ingin mencari informasi mengenai kesehatan karena SehatQ.com siap menjawab dan memberikan kemudahan dalam pencarian informasi kesehatan untuk kita yang sumbernya terpercaya, dari dokter dan juga ditinjau langsung oleh dokter. ⁣

--

Masalah Kesehatan Anak Yang Terjadi di Indonesia⁣




1. Kematian Bayi ⁣
Masalah kesehatan ini menjadi salah satu oenyumbang terbesar persentase masalah kesehatan di Indonesia. ⁣
Pada kematian bayi penyebabnya disinyalir karena kurangnya nutrisi selama kehamilan. ⁣
2. Gizi Buruk Anak⁣
Gizi buruk pada anak juga menjadi masalah kesehatan yang terbesar di Indonesia, di mana hal ini juga merupakan lanjutan dari masalah kekurangan nutrisi selama kehamilan. Riset kesehatan dasar 2018 menyebutkan angka gizi buruk sebanyak 17.6 persen dan stunting sebanyak 30.8 persen ⁣
Salah satu akibat dari gizi buruk adalah Stunting, sebuah gangguan pertumbuhan dan perkembangan anak yang selama ini dianggap masyarakat kebanyakan karena faktor genetik atau keturunan contohnya tubuh yang pendek daripada anak lain yang usianya sepantaran. ⁣
Masalah-masalah tersebut kebanyakan memang terjadi pada masyarakat yang memiliki akses rendah terhadap fasilitas kesehatan. Tapi masalah tersebut juga sering terjadi pada masyarakat yang berpendidikan tinggi dan memiliki akses yang mudah terhadap kesehatan, namun tidak mencari informasi lebih lanjut mengenai kesehatannya atau percaya terhadap informasi yang tersebar di internet namun tidak jelas sumbernya. ⁣
Contohnya pada kasus Stunting anak, banyak dari kita yang tidak sadar pentingnya Stunting karena kurangnya informasi mengenai hal tersebut dan menganggap hal tersebut adalah hal yang sepele dan akhirnya menyesal kemudian hari. ⁣

--

SehatQ.com ⁣
Platform Kesehatan Digital yang Memudahkan Kita Mencari Informasi Kesehatan⁣



SehatQ adalah asisten kesehatan dalam bentuk digital yang hadir untuk membantu mengelola kesehatan kita dan keluarga.⁣
SehatQ menyiapkan informasi kesehatan dengan referensi yang jelas dan kredibel, menyediakan platform komunitas bagi pengguna untuk bertukar informasi dan saling mendukung dalam perjalanan kesehatannya, dan menghubungkan pasien dengan tenaga medis maupun penyedia layanan kesehatan.

Saat ini SehatQ sudah menyediakan:⁣
2196 Direktori Artikel⁣
1165 Ensiklopedia Penyakit dan Obat⁣
6979 Direktori Dokter⁣
2127 Fasilitas Kesehatan⁣

Di SehatQ juga sudah terdaftar 15786 orang Dokter yang tersebar di seluruh Indonesia.
Terdapat 
Dokter anak sebanyak 1672 orang
Dokter kandungan sebanyak 1813 orang
Dokter gizi sebanyak 2805 orang 
Dokter umum sebanyak 2572 orang
Dan dokter dalam spesialisasi lainnya


Dari aplikasi SehatQ diketahui berikut Apa saja topik kesehatan yang bisa diketahui dengan SehatQ:⁣

-Perawatan kulit⁣
-Tanya gejala⁣
-Penanganan maag⁣
-Flu & batuk⁣
-Penyakit kulit⁣
-Tumbuh kembang anak⁣
-Tips cepat hamil⁣
-Baca hasil lab⁣
-dan banyak lainnya⁣

SehatQ dapat langsung diakses melalui website www.sehatq.com
Atau download aplikasinya
Melalui Google Play Store atau App Store

⁣⁣
Fitur informasi kesehatan di SehatQ terbagi menjadi Artikel Kesehatan, Direktori Penyakit dan Direktori Obat.⁣



Artikel Kesehatan di SehatQ lengkap mulai dari cara hidup sehat, tanda-tanda penyakit, kesehatan anak, kehamilan, keharmonisan hubungan rumah tangga sampai dengan parenting juga ada loh. Terdapat lebih dari 3000 artikel Kesehatan yang ada di SehatQ yang menurut saya cukup sekali untuk memenuhi rasa penasaran kita terhadap informasi kesehatan yang diinginkan.
Untuk mencari artikel yang kita caripun cukup ketik topik kesehatan apa yang ingin kita ketahui dan ketik di kolom pencarian pada halaman paling atas. Misalnya kita ingin mencari tahu tentang tumbuh kembang anak atau tentang gizi buruk dan stunting, maka tinggal ketik topik tersebut pada kolom pencarian dan nanti berbagai judul artikel yang berhubungan akan ditampilkan pada situs atau aplikasinya.

Pada Direktori Penyakit dan Direktori Obat pun kita bisa mencari informasi penyakit apa yang kemungkinan sedang kita alami, bagaimana gejalanya, bagaimana pencegahannya, kapan harus berkonsultasi ke dokter dan apa yang harus dilakukan ketika berkonsultasi dengan dokter.
jika kita bingung mengenai obat-obatan bisa mencari tahunya pada Direktori Obat, di sana lengkap mulai dari golongan obatnya, harga edaran tertinggi, kemasan, produsen serta deskripsi obat tersebut.



Selain itu untuk mencari informasi kesehatan kita juga terbantu dengan forum kesehatan di mana kita bisa memberikan pertanyaan seputar kesehatan dan akan dijawab oleh dokter yang memiliki ilmu di bidang tersebut. Tentunya pertanyaan dan jawabannyapun Up to Date loh. ⁣
Cukup ketik pertanyaan pada kolom pertanyaan dan nantinya dokter akan menjawab pertanyaan tersebut. 
Dan juga ada fitur Chat Dokter, di mana kita bisa melakukan tanya jawab dengan dokter mengenai masalah kesehatan yang sedang kita alami dengan durasi konsultasi selama 30 menit.
Kita bisa menanyakan pertanyaan-pertanyaan yang tidak bersifat darurat kepada dokter di sini. 
Ssst.. Tenang aja, saat konsultasi dengan dokter selalu pribadi dan dijaga kerahasiannya. ⁣Dan lagi kalau sudah bukan seputar masalah yang bisa dikonsultasikan secara online, kita akan diminta untuk langsung datang berkonsultasi ke dokter yang ada dekat dengan kita.



--

Kemudahan Mencari Informasi Kesehatan Dalam Genggaman Tangan Kita  


Sebagai seorang ibu, Bisa mencari tahu informasi kesehatan menjadi lebih mudah dengan SehatQ begitu nyaman. saya bisa mencari dengan cepat dan mudah mengenai informasi kesehatan lengkap yang diinginkan dan pertanyaan umum seputar kesehatan anak dan kehamilanpun bisa terjawab oleh yang ahli tanpa harus keluar rumah atau ketika sedang Travelling dan tidak bisa langsung ke dokter. ⁣
Ketika ingin mengetahui informasi seputar tumbuh kembang anak seusai Ibrahim pun Cukup dengan membuka website SehatQ atau aplikasinya melalui smartphone tanpa harus membuka laptop atau komputer pjn, informasi seputar kesehatan bisa terjawab dengan mudah.⁣ Semudah itu mencari informasi dalam genggaman tangan kita!

Semoga masalah kesehatan anak di Indonesia yang menjadi momok ketakutan para ibu bisa berkurang dengan mudahnya akses informasi kesehatan yang terpercaya melalui SehatQ ini, setidaknya kita terutama para millenial moms bisa jadi lebih teredukasi seputar masalah kesehatan anak dan juga kesehatan secara umum. ⁣
Jadi penasaran, teman-teman sudah pernah mencoba kemudahan akses informasi kesehatan di SehatQ belum? Kalau sudah boleh sharing ya, dan yang belum Yuk langsung aja buka websitenya SehatQ yaa. 

Jangan lupa ikuti kabar terbaru dari SehatQ melalui sosial medianya

Facebook: https://www.facebook.com/SehatQIndonesia/

Sumber:
Infografis: Admi lidya sari 
Video: SehatQ.com & Admi Lidya Sari 
Foto: Admi Lidya Sari 
Data: SehatQ.com 

Tulisan ini diikutsertakan dalam SehatQ Blog Competition 2019.



  • Share:

You Might Also Like

21 komentar

  1. Aku belum pernah coba sih. Cuman pernah beberapa x baca reviewnya. Tampaknya memang recommended ya. Apalagi informasinya bisa diandalkan. Makasih sharringnya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya mbak recommended kan SehatQ, Sama2 mbak.

      Hapus
  2. aku belum pernah buka sehatQ sih kak. Tapi baca review kakak, sehatQ lengkap banget ya informasi tentang kesehatannya. Jadi mau kepoin sehatQ

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya kak, nanti kalau mau cari informasi kesehatan di SehatQ ajaah

      Hapus
  3. Belum pernah pakai, sepertinya menarik dan sangat membantu kaum emak menjaga kesehatan keluarga.

    BalasHapus
  4. Belum pernah nyoba. Sekarang ini emang lebih mudah ya kalau mau cek kesehatan. 😄

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ayo coba mbak. Iya nih sekarang jd lebih mudah, contohnya dgn si SehatQ ini

      Hapus
  5. dengan adanya web & aplikasi sehatq mudah-mudahan bisa meminimalisir info-info hoax terkait kesehatan yang sering dishare pada sosmed. be smart.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya betul mbak, apalagi hoax masalah kesehatan ini bahaya banget kan

      Hapus
  6. Kemarin pengen install ini gegara kena racun. Tp pas udah diinstall di uninstall pica. Wkwk.. Jadilah mamak lupa install lg

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wkwk sabar ya mak, balada anak udah ngerti hp

      Hapus
  7. Aplikasi kayak gini membantu banget nih pas misal anak sakit tapi hari libur jadi nggak bisa ke dokter. Jadi bisa konsultasi dulu

    BalasHapus
  8. Wah tempat baru neh buat baca-baca masalah kesehatan ya. NOTED deh aplikasi 1 ini.

    BalasHapus
  9. Wihhh ini aplikasi aku baru tau loh mbak, bagus untuk membantu buat momy yang kalau ada anak sakit huhu

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya nih, semua yg lg sakit jg bisa terbantu

      Hapus
  10. Aku salfok sama desain Web SehatQ friendly dan Eye Catching yah, skrg mencari informasi seputar kesehatan jadi lebih mudah deh

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya mbak, jadinya lebih nyaman saat mencari informasi krn desainnya enak diliat

      Hapus
  11. Sekarang tambah mudah ya kalo mau nyari info kesehatan

    BalasHapus

komentar anda sangat membantu saya untuk blog ini, terimakasih :)

Postingan Populer