Pertama Kali ke Kids Library Perpustakaan Daerah Kalimantan Selatan

By Lidya Basrindu - 21.23

Bismillah..

KIDS LIBRARY PERPUSDA KALSEL


Akhirnya aku ada kesempatan berkunjung ke Kids Library Perpustakaan Daerah Kalimantan Selatan, ajak Ibrahim berduaan ke sana. selama ini gak kesampaian terus pengen ke sana, padahal tempatnya dekat banget sama rumah. Perpustakaan Daerah (PERPUSDA) Provinsi Kalimantan Selatan beralamat di Jl. A.Yani Km 6,4 no. 6 Banjarmasin Timur.

Area Kids Library di Lantai Dasar


Kids Library atau perpustakaan untuk anak ini seingat aku dulu letaknya di lantai 2 gedung perpustakaan, sekarang sejak direnovasi pada tahun 2018 letaknya berpindah ke lantai dasar gedung.

Dulu zaman aku SMA lantai dasar itu kayak ruang terbuka gitu loh, terus ada akses wifi gratis. Jadi dulu sama teman-teman sekolah suka nongkrong ke sana habis sekolah selain mau belajar buat UN (ceritanya..) juga karena pengen download film hahaha. Ke Perpustakaan malah download film, maklum lah ya remaja.

Waktu Buka Kids Library 


Kids Library ini gratis untuk umum dan buka setiap hari loh, dengan jam pelayanan:
Senin-Kamis : 09.00-16.00 WITA
Jum'at: 09.00-11.00, 13.00-17.00 WITA
Sabtu-Minggu: 09.00-13.00 WITA

Kebetulan aku ke sana hari Jum'at dan waktunya juga mepet sama jam tutupnya, jadi gak terlalu lama di sana karena udah mau tutup. Tapi puas karena Ibrahim betah di sana.
Waktu aku ke sana di dalam ruangan lumayan ramai, banyak anak yang bermain dan membaca ditemani orang tuanya. 
Ruangannya luas banget, karena full lantai dasar gedung perpustakaan itu dijadikan area kids Library, dan di dalam juga adem banget, jadi gak mungkin kepanasan deh anak-anak yang mau ke sana. Selain itu ruangan juga full color yang menandakan area untuk anak-anak banget. 

Setelah masuk kita dipersilakan untuk mengisi buku tamu dulu, terus kalau bawa barang-barang bisa disimpan di Loker barang. Di samping Loker juga ada area bermain lego untuk anak-anak. 


Area lego


Beneran deh ya si Ibrahim sebenarnya lagi ngantuk waktu aku bawa ke sana, langsung seger dan gak ngantuk lagi waktu liat suasana di sana haha. Apalagi waktu liat dekorasi kacanya yang gambar binatang-binatang kesukaan dia, langsung seger dan melek loh.
Oiya tentunya di sana ada fasilitas toilet dan area bermain di halaman luar juga ya. 





Sebenarnya sih tujuan utama ngajak Ibrahim ke sana selain buat baca buku juga buat main di playgroundnya hihi, lumayan kan gratis fasilitas pemerintah.
Meskipun area ini area anak-anak tetap ya kita sedang ada di perpustakaan, dan tentunya ada peraturan yang harus kita patuhi selama berada di sana. 

Tata Tertib Perpustakaan

Area Playground 


Untuk playground aku pilih yang di dalam area untuk anak yang lebih kecil biar bisa leluasa muter-muternya. Di dalam area ini juga ada buku-buku yang sesuai sama Ibrahim karena berbentuk board book jadi tentunya susah seandainya dirobek.
Di area ini lengkap ada rumah-Rumahan dengan perosotan, ayunan, tenda-tendaan, dan mandi bola! 

Ini lemari buku boardbooknya



Karena banyak anak yang seusia Ibrahim juga di sana, dia jadi seneng banget dan kayaknya energinya terkuras banyak di sana sampai ngantuk berat waktu pulang ke rumah, di foto di atas Ibrahim dikasih baca buku sama kakak yang lagi main di sana juga.

Kita mungkin bakalan lama di sana kalau hari biasa, karena tadi mepet sama waktu tutup di hari Jumat, Ibrahim gak bisa lama-lama deh main di sana. 

Area Kids Library


Nah untuk koleksi buku anak yang lengkapnya kita harus masuk ke bagian yang bertulisan kids Library ini, oiya di area sebelum memasuki ruangan buku biasanya diadakan kegiatan mendongemg untuk anak-anak yang berkunjung ke sana. 



Di dalamnya bukunya banyak banget, sayang aku gak nanya berapa jumlah koleksi bukunya sekarang sama ibu penjaga di sana. Mungkin nanti kalau ke sana lagi bakal aku tanya dan bakal ditulis di posting ini. 

Di dalamnya juga Dilengkapi dengan kursi dan meja anak yang jumlahnya cukup banyak dan nyaman untuk anak-anak membaca bukunya. 
Kita juga bisa pinjam bukunya untuk dibawa pulang seperti peminjaman buku perpustakaan biasanya.



Next time pengen ajak ponakan-ponakan karena mereka udah usia bisa baca dan suka baca buku juga, pasti senang deh diajak ke kids Library ini. Tentunya aku juga bakalan balik lagi ke sana untuk menikmati kids Library ini bersama Ibrahim, dan bisa jadi pilihan bagus buat teman-teman yang bingung mau ajak anaknya ke mana di Kota Banjarmasin. 

Menurut aku fasilitas kids Library sekarang sudah sangat bagus dan menarik buat anak-anak berkunjung ke sana, karena aku yang orang dewasa aja senang loh dengan suasana di sana. Suasana yang nyaman, adem dan bersih bikin betah berlama-lama di sana. 

Bekantan juga baca hihi

Senang sekali perpustakaan Daerah kalsel berinovasi dan mempunyai perpustakaan anak seperti ini, semoga dengan adanya kids Library ini bisa menambah minat baca anak-anak di Kalimantan Selatan. Amin!

Sekian dulu cerita singkat kunjungan pertama kali kami ke kids Library Perpustakaan Daerah Kalimantan Selatan, teman-teman yang penasaran sama kids Library ini bisa langsung kunjungi ke sana yaa! Semoga posting ini memberikan sedikit gambaran bagaimana keadaan di sana. 

  • Share:

You Might Also Like

1 komentar

  1. Perpustakaannya kece banget. Bikin anak makin semangat buat aktivitas positif kaya gini

    BalasHapus

komentar anda sangat membantu saya untuk blog ini, terimakasih :)

Postingan Populer