Kenapa Anakku Belum Berjalan - Curahan Hati Emak

By Lidya Basrindu - 10.18



Bismillah..

Sebentar lagi Ibrahim memasuki usia 15 bulan atau 1 tahun 3 bulan dan sampai saat ini dia belum bisa berjalan sendiri, bahkan berdiri sendiri tanpa berpegangan pun belum bisa.

Sejak aku tahu bahwa harus khawatir ketika anak belum bisa berjalan adalah 18 bulan, ya aku santai aja. Maksudnya ya santai menikmati perkembangan anak tanpa harus terlalu memaksanya untuk bisa berjalan secepatnya.

Sejak usia 11 bulan lebih sudah mulai banyak orang yang bertanya "sudah bisa jalan?" ya aku jawab aja belum, karena ya memang dia belum bisa jalan.
Makin ke sini ya tentu semakin banyak yang nanya setiap ketemu, biasa.. Basa-basi orang setiap baru ketemu aku dan anakku, aku maklum aja namanya anakku sudah setahun lebih kan.

Selain karena si batas wajar tadi, keponakan-keponakanku pun baru bisa jalan usia 1 tahun lebih, biasanya 17-18 bulan itu. Aku dan saudara di rumah juga jalan sekitar usia itu, jadi wajar kan aku santai? Tidak memaksa anak untuk langsung bisa jalan.

Kalau gak salah sekitar 2 bulanan yang lalu aku mulai pengen anak aku jalan karena ucapan beberapa orang terdekat yang sangat ingin anakku berjalan sekarang juga. Aku beliin trolley, kasih kursi, jalan sambil dipaksa, ujung-ujungnya apa? Anak aku tesilahu alias kecengklak dan akhirnya malah sakit.

Ya namanya si anak belum pengen jalan kalau dipaksa ya ga bisa kan? Sedih deh kalau ingat ucapan orang-orang yang sangat ingin anak aku jalan, aku berasa jadi kayak ga ada keinginan gitu loh anak aku jalan. Padahal sebagai ibu pasti dong ingin anaknya bisa melakukan yang terbaik, tapi kalau emang anaknya ga mau ga mungkin dipaksa kan?

Sampai kemarin juga ada ke tukang urut buat bawa anak aku biar bisa jalan, ya si nenek urut cuma bilang "belum, sabar nanti 16bulanna rata-rata bisa jalan kok".

Mungkin ya kalau aku gak banyak baca, gak banyak nyari ilmu baru. Aku bakalan stres tingkat tinggi karena anak aku belum bisa jalan, berasa stres karena gagal jadi ibu, malu sama orang lain yang anaknya sudah bisa jalan bahkan lari kenceng padahal anaknya seumuran sama anak aku.

Meskipun kadang kalau ditanya tentang anak jalan atau belum aku bisa jawab belum sambil senyum. Kadang aku juga pengen nangis dan bisa nangis beneran karena pertanyaan itu berulang-ulang bahkan dari orang-orang yang sama, yang seharusnya bisa menikmati pertumbuhan dan perkembangan Ibrahim bukan "memaksa" seperti itu, khawatir boleh tapi bukan seperti itu caranya :'(

BARU! Baca juga pengalaman anak kedua belum tumbuh gigi: Kenapa Bayi 9 Bulan Belum tumbuh gigi


Sebagai ibu pastinya kita tidak suka kalau anak kita dibandingkan dengan anak orang lain, ibu lain pun begitu. Tidak suka jika anaknya dibandingkan dengan anak kita. Jadi Please stop bandingkan anak, karena tumbuh dan kembang anak masing-masing itu berbeda, Allah menciptakan makhluk-Nya berbeda-beda agar saling mencintai bukan buat perbandingan. Dan hanya Allah yang tahu bagaimana selanjutnya kehidupan berjalan.

Insting seorang ibu pun pasti ingin anaknya mendapatkan yang terbaik untuk dirinya, dan lagi Please stop Seakan-akan kamu tahu yang terbaik untuk anak orang lain, sementara kamu tidak menjalani kehidupan orang itu. Hidup tiap orang berbeda, bisa jadi kamu bisa dia tidak begitupun sebaliknya.

Ibrahim, terima kasih sudah menjadi jalan untuk mama menambah kesabaran, karena tentu anak adalah ujian untuk kita, ujian apakah bisa sabar atau tidak dalam mendidik dan merawatnya.

Jadi, kalau ada yang tanya kenapa anakku belum bisa berjalan. Jawabannya "hanya dia dan Allah yang tahu kenapa"



  • Share:

You Might Also Like

4 komentar

  1. Setiap anak pasti akan berjalan pada waktunya. Tugas orang tua saja nih yang harus banyakin stok sabar dan tetap stimulasi anak untuk bisa jalan. Nggak usah dengar omongan orang (walau saya sendiri juga suka sebel banget kalau dengar omongan orang-orang terkait perkembangan si kecil). Pasalnya anak saya sampai usia 10 bulan masih diam di tempat, 11 bulan baru belajar merangkak itu pun merangkaknya ngesot. Umur 1 tahun baru bisa merangkak benar jadi banyak yang mengira dia bakal lama jalan. Eh ternyata pas usia 14 udah bisa jalan (itu juga jalannya dari keinginannya sendiri). Jadi memang perkembangan anak beda2 ya mbak. Saya saja (kata mama saya) waktu kecil baru bisa jalan pas usia 16 bulan. Memang kalau dibanding anak2 lain termasuk telat, tapi kalau kita pelajari mengenai tumbang anak itu masih normal kok asal tidak lewat aja dari usia 18 bulan.

    So Sabar ya Mbak, semoga sebelum usia 18 bulan, Ibrahimnya udah bisa jalan😊

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya mbak, tiap anak punya kelebihan dan kekurangannya masing-masing.
      Mudah-mudahan stok sabar kita sebagai ibu terisi terus yaa.
      Makasih semangatnya ya mbaaak.
      Doanya juga, amiin 😊

      Hapus
  2. hai mom, anakku pun seperti itu .. sedih ya.. sampai saat ini 1 th 4 bulan belum jalan.. jadi ibrahim jalan diuia berapa ya mom.. adakah kiat2 nya...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Halo mom, Ibrahim bisa jalan menjelang 18 bulan, Menjelang adiknya lahir waktu itu.
      Gak ada kiat khusus mom, palingan ajak dia berdiri di dinding dan kita panggil sama kasih video anak yang belajar jalan juga terus dia pengen nyontoh deh.
      Tapi dia emang bisa jalannya gak disuruh sama sekali, tiba2 aja gitu. Memang nunggu keinginan dia aja mom.
      Tetap semangat dan sabar yaaa

      Hapus

komentar anda sangat membantu saya untuk blog ini, terimakasih :)

Postingan Populer