Ide Kado Aqiqah dan Kelahiran Bayi

By Lidya Basrindu - 21.31

Ide kado aqiqah


Bismillah..

Hayooo, siapa nih yang lagi bingung karena banyak undangan aqiqahan atau syukuran kelahiran dalam waktu dekat? Terus bingung harus beliin kado apa untuk yang aqiqah?

Kali ini aku mau kasih beberapa ide kado aqiqah yang tentunya berguna buat adik bayi juga berguna untuk ibunya. 

Ayo dicek apa saja ide-ide kado aqiqah di bawah ini,

Sebelumnya, sesuai pengalaman aku aqiqahan pada anak pertamaku kado yang paling banyak adalah: paket perlengkapan mpasi, toiletries, diaper bag, Gendongan, set bantal guling, set kasur bayi, baju newborn dan handuk.

Dari kado-kado tersebut menurut aku beberapa benda ini kurang terpakai:


1. Diaper bag: karena aku sudah beli sebelum lahiran dan kado yang didapat banyak banget baik dari ukuran sampai fungsinya dan Kalaupun diperlukan hanya 1 atau 2 tas saja. Karena benda seperti diaper bag atau tas bayi ini bukan benda yang untuk gonta-ganti jadi tidak perlu banyak, Sisanya tidak terpakai apalagi yang ukurannya besar.

2. Gendongan: lagi-lagi aku sudah siapkan Gendongan sebelum lahiran dan Gendongan yang rata-rata diberi belum bisa dipakai dari newborn dan modelnya hampir sama semua, Kalaupun terpakai hanya 1 saja tidak untuk gonta-ganti.

3. Perlengkapan MPASI: asli ini banyak banget yang ngasih, sampai boxnya menuhin rumah macem orang jualan. Karena kado ini banyak yang ngasih, akhirnya yang dibuka cuma 3 box.

4. Toiletries: ini banyak banget juga, mulai dari yang paket isian sabun-shampo saja sampai yang paling lengkap sampai dapat CD cara memijat bayi newborn. Sayang banyak yang tidak terpakai isiannya, karena kurng cocok dengan merknya dan benda seperti baby oil itu kan lama ya habisnya akhirnya numpuk karena tidak terpakai.

5. Set bantal guling: karena biasanya orang tua sudah menyiapkan barang seperti ini sejak sebelum melahirkan, jadi menurut aku bantal guling ini bisa jadi tidak terpakai.

Rata-rata yang terjadi setiap buka kado aqiqah teman-teman yang lain juga begitu, Tapi balik lagi ya, ada mungkin kondisi ibu lain yang memerlukan barang-barang di atas dan jadi lebih berguna untuk mereka.

Baca juga : Tempat Berbelanja Perlengkapan Bayi di Banjarmasin

Yang sangat terpakai: 

1. Baju newborn: Untuk kado seperti baju newborn dan handuk  kalau sesuai pengalaman aku masih sangat berguna, misalnya untuk baju newborn harus banyak karena kadang kena gumoh atau muntah dan gampang keringatan. Kalau handuk juga biar bisa ganti-ganti karena kadang kena pipis si bayi.

2. Baju size besar: Selain itu kado berupa baju ukuran besar juga sangat berguna kok, bahkan aku juga punya kado baju umur 5 tahun. jujur sampai sekarang usia anakku 14 bulan masih pakai baju rumahan atau jalan dari kado aqiqahan dulu. Alhamdulillah sangat bermanfaat, gak perlu sering-sering beli baju, ya meskipun sebagai ibu kadang gak tahan untuk beli baju buat anaknya ya haha.

3. Bedong: bedong juga sangat berguna menurut aku, bahkan sampai sekarang masih terpakai. Waktu masih newborn Bedong ya fungsinya untuk membedong bayi, kalau sampai sekarang berfungsinya sebagai alas tidur anak, untuk menyerap tetesan air susu atau menyerap muntahan anak ketika sedang batuk flu.

4. Topi: sewaktu newborn dan masih mudah dipakaikan topi, topi sangat berguna terutama kalau hari sedang berangin. Topi juga suka gonta-ganti karena anakku mudah berkeringat.

5. Kaos kaki: kaos kaki juga berguna banget apalagi kalau kasih kaos kaki ukuran besar, karena bisa dipakai sampai anak lumayan besar.


Kalau kalian ada budget lebih atau beli kadonya patungan beberapa ide kado di bawah bisa dicoba ya:


1. Stroller
Benda ini bisa dipakai sampai si anak besar, karena semakin besar kan berat badan si anak tambah berat dan sudah terlalu berat untuk digendong kemana-mana dan kalau dari newborn bisa digunakan untuk berjemur di pagi hari atau bahkan buat bapak ibunya ajak anak bayi jalan ke mall.

2. Bouncer / kursi goyang
Bouncer ini juga berguna terutama buat si ibu bayi, kadang kalau lagi ada yang mau dikerjakan atau sedang capek gendong anaknya bisa ditaroh di bouncer dulu. Bouncer sekarang juga banyak fungsinya yang sekedar bisa goyang biasa sampai terayun otomatis.

3. Kursi makan
Kursi makan atau babychair. Aku kebantu banget sih sama benda ini dan Alhamdulillah kemarin dikasih waktu aqiqahan, jadi bisa lebih memudahkan saat ngasih mpasi ke anak karena sudah ada kursi dan meja makannya sendiri.

4. Carseat
Untuk yang menggunakan mobil, carseat ini sangat membantu loh dan kalau beli yang lebih mahal bahkan bisa dipakai sampai anak usia 5 tahunan. Membantu untuk orang tua yang menyetir sendiri dan tidak ada yang egang anaknya, atau membantu melepas penat ibu menggendong anak sepanjang jalan. Btw di Eropa gitu pakai carseat untuk anak malah hal yang wajib kalau sedang naik mobil loh.

Nah dari ide kado di atas, ada juga beberapa benda yang jarang dijadikan kado saat aqiqah atau kelahiran bayi tapi juga berguna bukan cuma untuk bayinya tapi juga ibunya:


1. Buku resep mpasi: berguna ketika anak sudah masuk fase makan dan ibu bingung dengan resep makanan anaknya

2. Alat steril: alat steril ini berguna untuk mensterilkan perlengkapan bayi mulai dari botol dot, empeng, teether.

3. Cemilan untuk ibunya: cemilan bergizi untuk ibu menyusui sekarang sudah banyak dijual di pasaran

4. Bra menyusui untuk ibunya: ini perlu stok banyak karena biasanya untuk ibu baru lahiran stok asinya masih sangat melimpah sehingga bra menjadi basah dan lembab

5. Baju menyusui: zaman sekarang enak banget karena menyusui bisa lebih mudah dengan adanya baju menyusui, sehingga ibu tidak perlu ribet saat menyusui dan mood lebih terjaga karena happy.

6. Pompa ASI: diperlukan oleh para ibu perah yang kebanyakan ibu pekerja, sehingga harus punya stok ASI di rumah dan dimudahkan memerah ASInya dengan pompa ASI, bisa yang manual atau elektrik.

Kenapa ibunya yang malah dikasih kado? Karena kadang banyak orang tua yang sudah persiapkan keperluan anaknya selemgkap mungkin tapi lupa sama kelengkapan dan kewarasan ibunya haha, maka itu perlu juga memberi kado untuk ibunya yang udah berjuang ngelahirin si bayi.

Gimana sudah menentukan mau beli apa untuk kado kelahiran atau aqiqah nanti? 


Oiya dari banyak ide kado di atas semuanya tidak mutlak ya. Bisa disesuaikan dengan kondisi masing-masing dan kalau kenal dekat dengan yang aqiqahan lebih baik ditanyakan perlu apa dan beritahu berapa budget yang dipunya. Jadinya pasti terpakai dan bermanfaat untuk ibu dan anaknya.

Semoga membantu ya ide kado kelahiran dan aqiqah di atas. Selamat berbelanja! 

  • Share:

You Might Also Like

1 komentar

  1. idenya menarik, bisa nanti di terapkan kalau kehabisan ide. Makasih sudah berbagi :)

    BalasHapus

komentar anda sangat membantu saya untuk blog ini, terimakasih :)

Postingan Populer