Itenerary Liburan sambil belajar hewan bersama anak ke Jakarta

By Lidya Basrindu - 16.32

Itenerary Liburan sambil belajar hewan bersama anak ke Jakarta 


Bismillah..

Dari dulu sampai sekarang aku suka banget berwisata ke tempat yang ada binatangnya, mungkin karena dulu waktu kecil sering diajak ke kebun binatang saat berlibur bersama orang tua.
Sekarang di usia anak aku yang udah setahun lebih ini pengen banget ajak dia liburan ke tempat yang seru dan bisa lihat banyak binatang.

Itinerary adalah sebuah rancangan / rencana perjalanan wisata seperti menentukan destinasi tujuan, tempat menginap, budget/uang yang akan dibutuhkan, transportasi, berapa lama perjalanan, dan tempat - tempat apa saja yang wajib dan ingin dikunjungi selama berlibur. 

Nah sebelum berangkat ke sana, biar gak ribet disusun dulu itenerary. Karena kan berangkatnya sama toodler, jadi kalau sudah terencana lebih enak jalannya dan lebih terorganisir kalau ada halangannya jadi ada rencana A rencana B gitu hehehe.

Dan aku berencana untuk berlibur bersama keluarga kecilku ke Jakarta!
Kenapa pilih Jakarta? Karena dari Banjarmasin hanya perlu 1 kali penerbangan dan tidak perlu dilanjut lagi dengan travel atau kereta api, jadi tidak terlalu capek untuk anak kecil dan ibu hamil.
Jadi bisa dibilang ini perjalanan yang santuy alias santai hihihi, selain itu ke Jakarta karena banyak banget pilihannya kalau urusan tempat wisata, makanan, akomodasi dan lainnya.

Pesan Hotel Sebelum Berlibur 


Sebelum itu, agar lebih mudah kami melakukan pemesanan hotel via online melalui Bookinglokal, karena kami akan berpindah hotel dalam beberapa hari tersebut.
Bookinglokal adalah platform pemesanan penginapan hemat kantong yang menawarkan harga dan promo terbaik cocok bagi budget travel. Nah Bookinglokal mempunyai misi untuk mendorong semua orang untuk menjelajahi Indonesia dengan menawarkan akomodasi terbaik dengan cara yang paling nyaman. 




Keunggulan Bookinglokal adalah:
1. Pesan Hotel Hemat Biaya
Bookinglokal mengakomodasikan promo terbaik untuk hotel dan penginapan, dengan banyak pilihan penginapan hemat kantong dibanding platform lain, menjamin pelanggan dapat menghemat kantong. 

2. Promo setiap harinya
Tiada hari tanpa promo di Bookinglokal, dari diskon besar-besaran hingga hadiah menari untuk pengguna aplikasinya dan ada cashback juga. 

3. Jaminan Harga terbaik
Pesan Hotel melalui Bookinglokal dan mereka akan memberikan harga terbaik, jika menemukan harga yang lebih murah dibanding Bookinglokal, akan diberikan cashback melalui gopay dengan angka selisih yang didapat. 

Mitra Bookinglokal


4. Harga akhir yang pasti dan aman 
Apa yang dilihat itulah yang dibayar, Bookinglokal juga menjamin keamanan melalui berbagai metode pembayaran. 

5. Bantuan pelanggan yang cepat dan responsif 
Bookinglokal memberikan respon cepat untuk informasi dan solusi melalui CS yang hadir tepat waktu. 

6. Notifikasi promo
Bookinglokal akan selalu mengingatkan di setiap promo yang berlangsung (pada aplikasi) 

7. Hotel harga spesial
Bookinglokal menawarkan hotel dan penginapan tanpa minimum transaksi dalam 1 ID pemesanan. 

Cara pemesanan hotel di Bookinglokal sangat mudah, caranya adalah seperti ini:

1. Masuk ke bookinglokal
2. Pilih kota pilihan
3. Pilih hotel yang cocok
4. Masukkan tanggal, jumlah orang dan durasi menginap, pilih kamarnya
5. Setelah memilih kamar, klik pesan sekarang
6. Akan diarahkan ke total pembayaran
7. Diarahkan ke pembayaran
Selesai! 

Bisa langsung pesan di website Bookinglokal.com atau lewat aplikasinya yang bisa didownload lewat Google play store ya

Gimana? Hemat dan #GampangKan cara pesan hotel melalui bookinglokal?

Nah di Bookinglokal ada promo Rp.1000 Satu Malam Pertama, jadi kamu cuma bayar Rp. 1000 untuk satu malam pertama dan malam berikutnya harga normal.





Mau tau cara ngedapetin promo RP 1.000 satu malam pertama dari Bookinglokal? Baca terus ya artikel ini sampai habis

Kami memutuskan untuk menginap di Park 5 hotel Cilandak, Jakarta Selatan


Hotel ini beralamat di Jl. Intan RSPP No.C5, RT.11/RW.2, Cilandak Bar., Kec. Cilandak, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12430, Indonesia.


Fasilitas yang didapat cukup lengkap dan aku suka sama konsep hotelnya terus juga ada fasilitas kolam renang, senang deh jadi bisa ajak anak berenang pagi atau sore hari.
Karena pesan dari Bookinglokal kami bisa mendapatkan kamar di hotel ini dengan harga terbaik dan juga cukup bayar harga 1 malam + RP 1.000 untuk 2 malam di sana. Hemat banget kan? 


Dan kamar yang dipesan melalui Bookinglokal adalah kamar standar double dengan sarapan. Kamarnya berukuran 22m persegi dengan ukuran kasur King.
Nyaman untuk bawa toodler karena ukuran kamar cukup luas.

---

Itenerary 3 Hari 2 Malam di Jakarta




Hari Pertama

07.00 sampai Jakarta
08.00 Check in hotel, taruh barang

08.15 Ke Taman Margasatwa Ragunan

Beralamat di Jl. Harsono RM. No. 1,
Ragunan, Pasar Minggu, Jakarta Selatan, sekitar 20KM dari pusat kota Jakarta. 
Taman Margasatwa Ragunan merupakan kebun binatang modern yang luasnya 147 hektar dengan penghuni lebih dari 2009 ekor satwa dan lebih dari 20.000 pohon dan sudah berdiri sejak tahun 1864.

Ke Ragunan ini ga cukup 1-2 jam karena luas banget tempatnya bisa diliat dari peta yang ada di bawah, dan karena bawa ibu hamil jalan pun ga bisa cepat jadi santai-santai aja gitu jalannya.
Peta Ragunan, kalau mau bisa ditandain wilayah mana aja yang mau didatangin.

Selain itu sebaiknya datang dari pagi agar tidak terlalu panas saat berjalan berkeliling di sana, apalagi untuk yang bawa anak kecil, jangan lupa bawa Gendongan atau stroller biar gak capek anaknya waktu di sana. Pakai topi & sunscreen biar gak kebakar panas matahari karena jalan di sana.











Sebuah kiriman dibagikan oleh Taman Margasatwa Ragunan (@ragunanzoo) pada

HTM: RP 4.000 untuk dewasa dan rp. 3000 untuk anak-anak, pembayaran dan transaksi di sana nanti akan menggunakan kartu Jakcard BankDKI

14.00 kembali ke hotel istirahat
16.00 berenang di hotel bersama anak

Fasilitas kolam renang di Park 5 hotel Cilandak

18.00 Ke Pondok Indah Mall

Pondok Indah Mall 1 & 2


Jauh-jauh ke jakarta mainnya ke mall lagi? Ya gapapa, karena banyak tenant yang gak ada di Mall Banjarmasin, apalagi tenant makanan. Jadi kita wisata belanja di mall ya hihi

19.00 Ke playtopia



HTM ke sini rp 90.000 per jam, dan rp 130.000 per 3 jam.
Kenapa pengen main ke sini? Karena di Banjarmasin belum banyak indoor playground dan kalau ada juga tidak selemgkap dan seluas di Jakarta.
Nah playtopia ini baru buka di PIM 1 dan konsepnya lucu juga apalagi liat bola-bola pink biru nya gemes banget kan?

Hari kedua

08.00 sarapan

08. 30 berangkat ke Taman Mini Indonesia Indah (TMII)

Taman Mini Indonesia Indah (TMII) yang diresmikan pada tahun 1975 ini merupakan suatu kawasan taman wisata bertema budaya Indonesia di Jakarta Timur. Areanya seluas kurang lebih 150 hektar

Harga tiket masuk TMII

Dari begitu banyak fasilitas, museum, rekreasi yang ada di TMII, aku memilih untuk pergi ke taman burung, istana Anak dan ke petualang dinosaurus di taman legenda keong mas TMII, karena pengen deh foto depan istana Anak, istana di Disney land dengan kearifan lokal hihi.
Terus karena Ibrahim juga suka banget sama burung jadi mau bawa dia lihat berbagai macam burung lebih dekat di kubah taman burung. Penasaran juga pengen masuk ke petualangan dinosaurus, kalau dari pengalaman orang-orang kayaknya seru ya jalan kaki masuk ke sana sambil ngelewatin dinosaurus yang kayak asli.
Lagi, jangan lupa bawa sunscreen, topi, Gendongan atau stroller saat berjalan-jalan ke sini, karena tentunya terkena paparan sinar matahari dan areanya sangat luas.
Dan setiap wahana rekreasi di sini dikenakan harga tiket masuk masing-masing ya.



09.30 ke taman burung TMII
10.00 ke istana anak Indonesia TMII
10.30 ke petualangan dinosaurus TMII


Dari video di atas bisa kelihatan kan serunya di dalam petualangan di dinosaurus, berasa lagi di jurrasic Park dan dinosaurusnya kayak sungguhan, entah nanti Ibrahim bakal suka atau takut, tapi aku sih penasaran pengen ke sana hihi

13.00 istirahat ke hotel
16.00 berangkat ke Jakarta aquarium

Jakarta aquarium adalah aquarium air laut dan air tawar yang berlokasi di neo soho central Park mall Jakarta Barat mereka menawarkan sarana rekreasi dan edukasi di sana. Di jakarta aquarium terdapat lebih dari 600 jenis satwa loh, selain itu juga ada restoran pingoo yang menawarkan sensasi makan bersama para pinguin.
Pergi ke sini karena anak aku lagi suka banget sama ikan, kemanapun kalau lagi liat gambar atau ada yang aslinya dia bakal bilang "ish ish" alias fish.



18.00 jalan-jalan di Central Park Mall
Karena Jakarta Aquarium letaknya di central Park, maka selanjutnya adalah jalan-jalan sekalian cari makan di sana.



Hari ketiga

Karena 2 hari sudah berkutat dengan dunia anak, maka hari ke-3 adalah waktu untuk berbelanja. Ke jakarta gak lengkap rasanya kalau gak belanja ke pusat grosiran, maklum ibu-ibu. Jadi nama liburannya wisata satwa dan belanja hihihi

08.30 berangkat ke Kopi Cat Cafe by groovy
Sebelum ibu berbenja kita datengin dulu salah satu Cafe di Jakarta yang di dalamnya banyak kucing, kebetulan kita sekeluarga suka kucing dan anak aku juga suka banget.
Kita mau coba ke kopi cat Cafe by groovy di jalan Kemang Selatan VIII no 63 AB, Jakarta Selatan. Kucing-kucingnya keliatan cantik dan sehat semua di sana loh.
Biaya masuknya untuk weekday RP 60.000 / orang / jam dan untuk weekend RP 70.000 / orang / jamnya.

Excited banget pengen ajak Ibrahim ke sini

11.00 ke Thamrin City

Thamrin city adalah salah satu pusat grosir terbesar di Jakarta, sebenernya pengen juga ke tanahabang tapi kondisi kurang memungkinkan untuk aku menjelajahi tanah abang dan kurang leluasa juga kalau bawa stroller ke sana. Jadi ke thamrin city aja karena di sana juga udah lengkap banget, terus kalau mau makan juga banyak banget tenant makanan yang tersedia di sana.

16. 00 kembali ke hotel, packing barang bersiap pulang
17.00 berangkat ke bandara

Kita pilih penerbangan petang biar kalau sampai ke Banjarmasin tidak tengah malam, karena kan Jakarta dan Banjarmasin ada perbedaan jam. Jadi biasanya pesawat malam ke Banjarmasin itu nyampenya malam banget belum lagi perjalanan balik dari bandara ke rumah.


Nah segitu ajah itenerary pejalanan aku ke Jakarta bersama suami dan anakku. Lebih banyak ke tempat wisata yang ada binatangnya sama ke mall haha. Mumpung lagi di jakarta kan, mall nya lengkap isinya.

---



Balik lagi ke RP 1.000 Satu Malam Pertama, buat kalian yang pengen dapat promo tersebut cukup daftar di situs Bookinglokal dan promonya langsung bisa didapatkan untuk pemesanan hotel. 

Seneng deh bisa mengalihkan budget hotel ke biaya akomodasi lain seperti biaya masuk tempat wisata, jadi lebih hemat dan jadi lebih #gampangkan?

Buat kamu yang berencana liburan juga, buruan cek dan pesan hotel lewat bookinglokal yaaa



Artikel ini diikutsertakan dalam lomba blog itenerary liburanku bookinglokal 2019

Infografis: Admi lidya sari
Gambar pelengkap: situs resmi Bookinglokal, taman ragunan, TMII, ekonomibisnis.com, jakartaquarium, playtopia, kopi cat Cafe.
Icon: flaticon.com
Video : youtube

  • Share:

You Might Also Like

10 komentar

  1. Waaaah bakal seru liburannya nihhh

    BalasHapus
  2. waah seru banget nih kak. aku juga suka bikin itinerary sebelum pergi liburan. seenggaknya 90% list di itinerary harus tercapai. wkwkwk

    BalasHapus
    Balasan
    1. Karena bisa nyesel kalau udah balik ke rumah tapi yg dilist belum tercapai semuanya ya haha

      Hapus
  3. Hotel ada kolam renangnya itu kesukaan aku baanget dah itu. Ini tips-tipsnya aku noted ah.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Enak kan ya hotel pakai kolam renang gitu kak

      Hapus
  4. Aku suka banget nyusun rencana buat liburan dengan baik. Apalagi soal penginapan. Kalau tahu ada bookinglokal bisa dapat seribu aja di malam pertama pasti kemarin bakal milih ini hehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya nih promonya mantep kan, cocok banget buat kita yang pengen liburan hemat gituu

      Hapus
  5. Postingannya informatif dan detail banget mba, ditambah ada tips2 nya juga. Keren. Dari videonya juga kelihatan seru banget. Jadi pengen liburan ..

    BalasHapus
  6. Asik juga kalau di bookinglokal promonya setiap hari ya, lengkap.
    Ngomongin liburan ke kebun binatang, aku jadi ingat jaman sekolah dulu, pertama kalinya ke kebun binatang, seneng memang. Apalagi bisa lihat binatang yang belum lihat secara langsung..

    BalasHapus

komentar anda sangat membantu saya untuk blog ini, terimakasih :)

Postingan Populer