Mengajarkan Anak Membaca Buku Sedari Dini

By Lidya Basrindu - 03.30



Di umur 1 tahun ini Ibrahim sudah terbiasa mengambil buku-bukunya sendiri dan membaca dengan gaya anak umur 1 tahun. Bahkan sering mengambil buku kainya sekedar untuk membuka lembaran buku dan "ceritanya" sedang membaca juga.
Biasanya dia membuka tutup lembaran buku sambil menunjuk gambar yang ada pada bukunya.



Bagaimana cara membiasakan anak agar suka dengan buku? Apakah harus orang tuanya yang kutu buku?
Jawabannya tidak.
Suamiku bukan penyuka buku dan aku suka membaca buku tapi bukan se kutu buku itu.
Aku pengen anak aku lebih suka buku daripada gadget atau tv, karena ya kita semua tau kan gimana susahnya anak kalau sampai ketergantungan dengan layar? Tapi Bukan berarti aku gak kasih gadget ya ke anak aku tetap mengikuti perkembangan teknologi tapi tetap dengan batasan yang wajar.

Buku bantal


Sejak sebelum lahiran aku udah beli buku bantal yang bunyinya kresek-kresek gitu loh, sama buku diskonan di bazar BBW yang high contrast buat bayi.
Terus sejak dia sudah bisa meliat lebih jelas sekitar 1 bulanan lah ya, sudah mulai dikasih buku, dibacakan sambil tiduran atau sekedar aku tunjuk-tunjuk aja bukunya sambil ngobrol.
Waktu dia sudah bisa tengkurap, bukunya dibukakan dan dikasih di depan tempat dia tengkurap, jadi sambil diliatin sama Ibrahim.

Buku high contrast



Jenis buku yang aku beli kebanyakan board book dan buku-buku dengan detail gambar yang banyak. Jadi bisa dipakai buat cerita banyak hal karena gambarnya banyak, dan bisa juga dibaca sampai anaknya besar terus dilungsurkan ke ade-adenya nanti.

Jadi kalau ditanya apakah Ibrahim suka buku? Ya! Alhamdulillah dia suka buku, bahkan sebelum umurnya setahun kemarin dia gak terlalu tertarik sama tv atau hp dia lebih tertarik dengan buku.
Sekarang dia kalau di kamar (karena buku-bukunya aku taroh di pojokan kamar) bakalan turun sendiri ke pojok bermainnya dan ngambil bukunya sendiri, terus buka dan baca bukunya atau bakalan ngasih ke aku minta dibacakan buku.
Lumayan sih aku bisa me time main hp sambil rebaham kalau dia lagi asik baca bukunya hihihi. MasyaAllah Tabarakallah



Dia juga bakal niru suara atau cara kita membacakan bukunya, terus karena biasanya aku bacakan buku sambil menunjuk gambar atau tulisannya, dia bakalan ngikutin nunjuk dan cerita dengan bahasanya sendiri.


Selain buku dia juga tertarik buat nunjuk atau baca gambar dan tulisan yang ada di kemasan makanan, koran, atau benda lain yang ada gambar dan tulisannya.
Alhamdulillah asa bisa karena biasa, dia jadi bisa jadi suka buku karena memang terbiasa melihat dan dibacakan buku itu sendiri jadi ya bukan tiba-tiba emang suka sama buku gituhhh hehe.
Oiya waktu dikasih buku yang flip the flap dia juga bisa bukanya waktu umur setahun ini jadi insyaallah aman deh dari bukaan yang sobek, karena dia sudah mengerti dengan fungsi si buku itu sendiri.



Dan dari beberapa sumber yang aku baca, banyak banget loh manfaat dari membaca untuk anak-anak.
Beberapa manfaat membaca bagi anak-anak sedari dini yaitu:
1. Memperbanyak kosa kata
2. Membuat otaknya aktif bekerja
3. Melatih anak berimajinasi
4. Jadi bekal ketika belajar membaca sungguhan
5. Membangun kemampuan berfikir anak
6. Menciptakan hubungan yang positif dan baik bagi kita orang tua dan anak.
7. Melatih konsentrasi
8. Melatih kreativitas
9. Mengenalkan konsep baru
10. Menumbuhkan minat baca

Banyak kan manfaat dari membaca bagi anak, dan aku sendiri juga sudah merasakan pengalamannya melihat anak yang suka dan aktif ketika membaca buku.



Buat temen-temen yang punya anak dari newborn sampai batita lebih baik beli buku jenis board book, karena lebih awet dan tidak mudah sobek karena kertasnya jenisnya keras dan memudahkan anak untuk belajar membuka lembaran buku.
Terus kalau bisa beli buku yang memang bisa lanjut dibaca sampai nanti anaknya balita atau sekolah dasar.
Dengan jenis seperti ensiklopedia mini atau sejenisnya.



Untuk beli di mana, aku biasanya beli online / marketplace karena di Banjarmasin masih sulit menemukan buku dengan jenis tersebut bahkan untuk buku merk lokalnya, jangan lupa manfaatkan momen bazar buku karena biasanya banyak buku import dengan kualitas bagus didiskon gede-gedean dan susah dicari di tempat biasa.

Semangat membersamai anak dalam membaca buku ya gengsss!

With love,
Ummu Ibrahim ❤️

  • Share:

You Might Also Like

1 komentar

komentar anda sangat membantu saya untuk blog ini, terimakasih :)

Postingan Populer