Tips Berbuka Puasa Ibu Menyusui

By Lidya Basrindu - 22.20

Tips Berbuka Puasa Ibu Menyusui



Ini Ramadan pertama aku sebagai ibu menyusui seorang bayi berusia 8 bulan, tahun lalu masih sebagai ibu hamil 7 bulan. Deg-degan loh, karena laparnya ibu hamil sama laparnya ibu menyusui itu beda banget.

Karena masih newbie juga, jadi aku coba mengumpulkan tips berbuka puasa bagi ibu menyusui, berikut beberapa tipsnya:

1. Awali berbuka puasa dengan kurma
Saat kita berpuasa, kita memang dianjurkan untuk berbuka dengan yang manis begitu pula untuk para ibu menyusui agar dapat menambah energi. Berbuka dengan kurma juga bisa menjadi pilihan saat berbuka puasa, karena kurma mengandung pemanis alami dan kandungan-kandungan lainnya yang bagus untuk dimakan saat berbuka puasa, jangan lupa kurma untuk berbuka kalau bisa ruthob (kurma basah/segar) an vssebaiknya dimakan dengan jumlah yang ganjil yaa

Dari Anas bin Malik radhiallahu ‘anhu berkata,
“Nabi shallallaahu ‘alaihi wa sallam biasa berbuka dengan ruthob [kurma basah], jika tidak ada, dengan tamr [kurma kering], jika tidak ada, beliau meneguk beberapa teguk air.” [HR. Ahmad III/163, Abu Dawud II/306, Ibnu Hibban III/277,278, At=Tirmidzi III/70, dishahihkan oleh penulis kitab]

2. Banyak minum air putih
Hal ini agar kita tidak dehidrasi karena kekurangan cairan, padahal selama tidak puasa saja ibu menyusui wajib banyak minum air putih, apalagi selama puasa yang tidak makan tidak minum seharian.
Tapi jangn lupa, minum banyak bukan langsung minum air putih seember ya, yang ada bisa jadi kembung tuh hihihi

3. Tetap makan 3 kali sehari
Kualitas ASI harus tetap terjaga dengan pola makan seperti biasanya, namun hanya mengubah jam makannya. Menjadi saat sahur, saat berbuka puasa dan menjelang tidur malam.

4. Makan makanan yang berserat tinggi
Beberapa jenis makanan yang mengandung serat tinggi di antaranya yaitu buah-buahan dan sayuran. Serat akan dicerna oleh tubuh dalam waktu yang bertahap, sehingga tubuh akan memiliki kesempatan untuk bekerja dengan bertahap.

5. Hindari makanan pedas
Makanan pedas kadang dapat menganggu pencernaan kita dan berimbas pada ibu menyusui yang akan menjadi lemas sehingga kualitas dan kuantitas ASI dapat menurun

Oiya bagi para ibu menyusui yang merasa tidak sanggup untuk berpuasa, tidak apa-apa kok kalau tidak puasa atau berencana untuk membatalkan puasanya.
Dalil yang menunjukkan hal ini adalah sabda Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam,
إِنَّ اللَّهَ عَزَّ وَجَلَّ وَضَعَ عَنِ الْمُسَافِرِ شَطْرَ الصَّلاَةِ وَعَنِ الْمُسَافِرِ وَالْحَامِلِ وَالْمُرْضِعِ الصَّوْمَ أَوِ الصِّيَامَ

Sesungguhnya Allah ‘azza wa jalla menghilangkan pada musafir separuh shalat. Allah pun menghilangkan puasa pada musafir, wanita hamil dan wanita menyusui.” (HR. Ahmad. Syaikh Syu’aib Al Arnauth mengatakan bahwa hadits ini hasan)

Sekian beberapa tips berbuka puasa untuk ibu menyusui dari ibu menyusui yang sudah lapar di jam 8 pagi *lol
Semoga kita semua dimudahkan untuk beribadah di bulan yang spesial ini ya. Amiin

Sumber: kesehatanmuslim.com, rumaysho.com, bidanku.com

  • Share:

You Might Also Like

0 komentar

komentar anda sangat membantu saya untuk blog ini, terimakasih :)

Postingan Populer