Hal Yang Perlu Diperhatikan Menjelang Melahirkan

By Lidya Basrindu - 07.26

Hal Yang Perlu Diperhatikan Menjelang Melahirkan



1. Persiapkan perlengkapan bayi
Perlengkapan bayi merupakan hal yamg samgat oenting untuk dipersiapkan menjelang melahirkan, bisa dimulai sejak usia kandungan 7 bulan untuk menanggulangi kemungkinan yang tidak terduga.
Kemarin aku beli setengah lusin setiap barangnya, tapi yang di bawa ke rumah sakit cuma beberapa pcs, sampai dimarahin gara-gara cuma bawa sedikit *lol
Biaya yang aku keluarkan waktu itu buat beli perlengkapan melahirkan sekitar 800 ribuan.

Daftar perlengkapan bayi

Daftar hospital bag


2. Persiapkan perlengkapan ibu pasca melahirkan
Nah kalau yang ini jangan lupa diperhatikan juga ya moms, karena aku kemarin cuma beli pembalut melahirkan, bra menyusui dan melupakan hal lainnya.
Yang sangat penting untuk tubuh kita yaitu Korset, babat, stagen atau bengkung.
Aku kemarin lupa beli dan gak bawa juga babat punya mama di rumah, akhirnya beli di RS korset yang akhirnya kepakai cuma beberapa hari, berujung dengan pakai babat mama yang bahkan aku gak bisa pakai sendiri karena perutku lebar buanget hahaha.
Penting banget loh barang itu buat jaga perut kita yang membesar itu agar meramping dan biar gak berasa oleng kitanya.
Akhirnya kemarin aku beli babat di pasar yang panjang 10M tapi baru dipakai pas bayinya udah 2bulanan lebih, apakah useless? Tentu tidak, perutku lumayan aman jadinya bentukannya sekarang meskipun ya lemaknya dimana-mana juga *sad

Daftar perlengkapan ibu

Baca Juga: Aplikasi Kehamilan yang Wajib Diunduh

3.Persiapkan biaya melahirkan
Belajar dari pengalaman kemarin yang aku tidak menabung biaya lahiran sama sekali (jangan dicontoh), maka biaya melahirkan ini memang seharusnya dipersiapkan sejak awak kehamilan.
Jadi nabung per bulan gitu, hamil kan 9 bulan. Lumayan kan gak kerasa nabung selama 9 bulan itu, atau kalau mau hitung untuk hamil selama 8 bulan, tau-tau pas mau melahirkan sudah terkumpul biayanya.
Misalnya biaya melahirkan 5 juta rupiah, maka per bulannya 625,000 rupiah.

Selain itu bagi muslim juga jangan lupa menabung biaya kambing aqiqah ya, karena memang sebaiknya untuk aqiqah itu ditanggung oleh orang tua si bayi itu sendiri.
Untuk anak laki-laki sekitar 5 juta rupiah dan anak perempuan sekitar 2,5 juta rupiah yang perlu dipersiapkan untuk membeli kambing.

Buat yang mau melahirkan pakai BPJS/asuransi tetap persiapkan dana daruratnya ya, kalau-kalau ada hal yang tidak ditanggung.

Tabungan Melahirkan


4. Tentukan provider melahirkan
Ini penting juga biar tidak panik atau ribet saat mau melahirkan.
Jadi bisa survei dulu ya dari sekarang, mulai dari biayanyanya apakah sesuai dengan budget kita, lokasinya apakah strategis dan mudah dijangkau, bidan atau dokternya apakah cocok dengan kita.
Buat beberapa opsi,
1) tempat yang biasa kita kontrol kandungan
2) tempat yang lokasinya terdekat dengan kita

Daftar tempat melahirkan / bersalin


5. Persiapkan badan dan mental ibu
Ini penting banget loh buat kita, karena melahirkan itu butuh tenaga yang sangat besar dan memang harus dipersiapkan.
Mulai dari biasakan jalan pagi, kalau punya gym ball sering-sering digunakan, ikut senam hamil juga boleh. Sering kepoin akun-akun kebidanan contohnya @bidankita.
Belajar mengatur napas dan perbanyak senyum ya!

Mental juga dipersiapkan, bukan cuma saat akan melahirkan tapi untuk masa setelah melahirkan atau bisa dibilang 4th trimester, mental bahwa kita akan langsung mengurus bayi yang jam tidurnya masih berantakan, dan menghadapi drama ibu baru lainnya. Jangan sampai kena baby blues atau paling parahnya post partum syndrom, karena yang merasa sudah siap aja bisa kena apalagi yang tanpa persiapan apapun.
Jangan sampai menganggap ya bisa aja lah mengalir kayak sungai, ya proses menjadi ibu memang seperti itu tapi jangan lupa, aliran sungai ada yang deras, tenang, berbatu, dan lain sebagainya. Jadiii tetap persiapkan dan belajar, perkuat mental kita yang akan menjadi ibu ya, semangat!

Baca juga: Drama Ibu Baru

6. Dukungan Pasangan & Keluarga
Peran dan dukungan suami sangat penting dalam proses ini, buat pak suami yang istrinya sebentar lagi akan melahirkan jangan lupa terus kasih semangat dan dukungan untuk istrinya ya, terakhir jangan lupa sabar dalam menemani istri menjelang melahirkan. Biar istrinya semangat yaaa! 

  • Share:

You Might Also Like

0 komentar

komentar anda sangat membantu saya untuk blog ini, terimakasih :)

Postingan Populer