LAGU BANJAR FAVORIT ALS

By Lidya Basrindu - 01.23



Sebagai orang Banjar tentunya aku suka dong dengerin lagu-lagu Banjar, Lagu Banjar adalah lagu-lagu berbahasa Banjar. Menurut seniman/ pencipta lagu-lagu Banjar yaitu H. Anang Ardiansyah (maestro lagu banjar) dilihat daerah perkembangannya lagu-lagu (pantun) berirama khas Banjar di Kalimantan Selatan terbagi menjadi 3 yaitu pantun yang berkembang di tepian sungai, pantun yang berkembang di daratan dan pantun yang berkembang di pesisir pantai.

Jenis-jenis pantun (lagu) tersebut antara lain :
  • Lagu (Pantun) Rantauan yaitu lagu-lagu yang berkembang di sepanjang tepian sungai khususnya di daerah Banjar Kuala. Ciri-ciri lagu ini beralun-alun dan bergelombang-gelombang seperti gelombang sungai dan seperti orang yang meratapi nasib. Perbedaan lagu Rantauan dengan lagu Pasisiran, misalnya pada lagu Rantauanmangancang meratapi nasib (melengking tinggi sambil meratapi nasib), sedangkan lagu Pasisiran mangancang tapi ba-arti (melengking tinggi memiliki tujuan tertentu)
  • Lagu (Pantun) Pandahan yaitu lagu-lagu Japin yang berasal dari Hulu Sungai (Banjar Hulu) yaitu dari Kota Rantau sampai Tanjung. Lagu ini disebut juga Lagu Tirik, karena dinyanyikan ketika urang ma-irik banih (orang yang sedang memisahkan bulir-bulir padi dengan tangkainya dengan cara diinjak-injak ketika panen). Lagu ini dinyanyikan sambil baturai (bersahut-sahutan, berbalas), dimana kata akhir sebuah bait dipakai lagi menjadi awal bait yang selanjutnya, contohnya lagu Paris Barantai ciptaan H. Anang Ardiansyah.
  • Lagu (Pantun) Pasisiran yaitu lagu yang berkembang di daerah pesisiran Kota Baru (Sigam), yang dinyanyikan melengking-lengking dengan nada tinggi (karena ada sedikit pengaruh Bugis). Contohnya, lagu Japin Sigam yang mengiringi tari Japin Sigam. Lagu yang bernuansa pasisiran lainnya yaitu lagu Intan Marikit ciptaan Agit Kursani.

source: https://id.wikibooks.org/wiki/Lagu_Banjar

Nah berikut list lagu-lagu Banjar favorite aku:


1. Uma Abah ciptaan H. Anang Ardiansyah (alm)


Lagu ini menceritakan curahan hati seorang anak mengenai Kedua Orang Tuanya yang berjuang mencari nafkah untuk menghidupi keluarga. Pokoknya lagu ini kalau benar-benar dihayati menyayat hati gitu deh huhu

2. Sangu Batulak ciptaan H. Anang Ardiansyah (alm)


Lagu ini menceritakan mengenai seseorang yang akan pergi merantau dan  tidak lupa memanjatkan doa kepada Sang Pencipta untuk kelancaran perantauannya. Lagu ini juga sedihdan menyentuh menurut aku .

3. Paris Barantai ciptaan H. Anang Ardiansyah (alm)


Nah Kalau lagu ini lagu yang berisi pantun mengenai kerinduan seseorang terhadap sang kekasih hati. Lagu Paris Barantai ini juga sudah terkenal di nasional beriringan dengan lagu Banjar Sapu Tangan Babuncu Ampat.

4. Sanja Kuning 


Lagu ini menjadi salah satu lagu yang memorable banget buat aku, kenapa? karena dulu di 2013 waktu opening pemilihan Nanang Galuh Banjar aku nyanyiin lagu ini dan itu pertama kali banget nyanyi di atas panggung yang dipenuhi banyak penonton di depannya.

Lagu ini menceritakan Situasi alam yaitu Sanja Kuning yang menurut kepercayaan di Banjar apabila senja terlihat berbeda seperti biasanya lebih orange/kuning maka sebaiknya jangan di luar rumah dan memang biasanya kalau sudah Senja/Sanja anak-anak di Banjar yang sedang bermain di luar rumah disuruh masuk rumah karena menjelang magrib/senja banyak hal yang tidak baik berkeliaran.

5. Ading Bastari


nah kalau lagu ini menurut aku berisi nasehat agar seorang gadis jangan hanya pandai mempercantik diri tapi juga pandai di dapur dan juga agar kita semua tetap menjaga adat yang ada dan terus melestarikannya.

6. Alahai Sayang


Lagu ini dulu aku dengar gak sengaja di sebuah toko bangunan dan karena penasaran dan merasa liriknya pas di aku akhirnya cari di google dan nemu dan ternyata lirik lagunya penuh arti, lagu ini memberikan pandangan mengenai gadis berkulit gelap yang selama ini berkulit gelap dipandag sebelah mata.
Lagu ini dulu semacam motivasi gitu lah buat aku karena aku juga berkulit gelap hahaha, di lagu ini kita dikasih tahu rupa yang indah ataupun kulit yang putih tidak akan berguna apabila kita tidak bisa menjadi pribadi yang baik dan berguna untuk yang di sekitar tapi berbeda meskipun rupa kita jelek tapi hati dan perilaku kita baik maka akan memberikan hasil yang berbeda untuk orang-orang yang melihatnya.

Oiya untuk video-videonya aku sengaja pakai yang benar-benar orisinil dan emang lebih suka yang orisinilnya, di youtube banyak kok lagu-lagu Banjar kalau kamu masih penasaran lagu-lagu Banjar yang lain, karena yang di post kali ini cuma favorite aku dari banyak lagu Banjar yang sebenarnya aku juga suka semuanya hehe.

Soooo see you on next post!

  • Share:

You Might Also Like

0 komentar

komentar anda sangat membantu saya untuk blog ini, terimakasih :)

Postingan Populer