Asal Mula Kata Lebaran

By Lidya Basrindu - 20.42



Assalamualaikum!
Mumpung masih lebaran hari ke-2 ada baiknya aku ngepost yang berhubungan deng

an lebaran dong ya?

kalian suka penasaran gak sih kenapa orang-orang di Indonesia sering menyebutkan Hari Idul Fitri dengan lebaran? dulu sih aku mengiranya karena ketika lebaran kita menjadi banyak makan dan badan menjadi tambah lebar, jadi lebar+an gitu hahaha

Tapi ternyata bukan begitu guys, jadi setelah aku melakukan penelitian gitu (padahal sih googling doang wkwk) lebaran ini berasal dari tradisi Hindu dan tidak dikenal di bahasa Arab.

Kata lebaran yang berasal dari tradisi Hindu ini berarti Selesai, Usai atau Habis yang menandakan bahwa masa untuk berpuasa telah selesai, istilah ini berkaitan dengan masuknya agama Islam di Indonesia yang mungkin dulu diperkenalkan oleh para Wali agar orang-orang yang baru masuk Islam tidak merasa asing dengan agama dan ibadah yang baru dianut oleh orang-orang itu.

Dalam beberapa dialek Bahasa Jawa sendiri dikenal kata lebaran, dalam dialek Jawa kata lebaran itu sendiri berarti usai yang berasal dari kata lebar atau biasa dikatakan bar saja.

Meskipun kata lebaran berasal dari Bahasa Jawa tapi istilah lebaran lebih sering digunakan oleh orang Betawi yang memaknai lebaran yang berasal dari kata lebar yang dapat diartikan luas yang menggambarkan keluasan dan kelegaan hati kita setelah melaksanakan ibadah puasa dan kegembiraan menyambut hari kemenangan.

Nah kalau di Kamus Besar Bahasa Indonesia sendiri lebaran diartikan sebagai hari raya ummat Islam yang jatuh setiap tanggal 1 Syawal setelah menjalankan puasa sebulan penuh di bulan Ramadhan.

Lebaran juga sering disebut Hari Kemenangan, yup! kemenangan, kemenangan setelah melawan hawa nafsu selama bulan Ramadhan,

Oh iya lebaran atau IdulFitri sering disebut Hari raya ketupat di beberapa daerah karena sajian ketupat yang biasa disajikan saat berlebaran.

Buat teman-teman semua selamat merayakan IdulFitri ya, selamat mudik, selamat berkumpul dengan keluarga dan sahabat, selamat berlibur juga dan buat yang masih bekerja tetap semangat ya kerjanya :)

  • Share:

You Might Also Like

9 komentar

  1. Baru tau klo ada sejarahnya gitu. Wah dapet ilmu nih. Kayaknya ini pertama kali gue berkunjung deh.

    Selamat lebaran ya! Mohon maaf lahir dan batin. :))))))

    BalasHapus
  2. Gw juga baru tau nih kalo lebaran asal katanya dr bahasa Jawa, dan belum pernah kepikiran jg kenapa disebut lebaran :D

    Hihi met lebaran jg yaa ^^

    BalasHapus
  3. haloo, udah lama nih nggak main kesini hehe. ngomong-ngomong, mumpung masih suasana lebaran nih, mohon maaf lahir dan batin yaa :)

    aku baru tahu loh kalau ternyata lebaran itu ada asal-usulnya. kukira ya hanya istilah yang sama kayak hari raya idul fitri, eh ternyata ada maknanya sendiri. tapi maknanya pas sekali yaa, artinya telah selesai dan kemenangan. selesai melewati sebulan penuh puasa dan bersiap menjemput kemenangan di hari raya idul fitri hehe.

    BalasHapus
  4. Setelah sekian lama ikut lebaran baru tau kata lebaran itu asal muasalnya ribet banget, makasih ya aku jadi tau hahaha :D

    Oh iya, selamat hari raya idul fitri!

    BalasHapus
  5. Keren ya, lebaran malah ternyata berasal dari tradisi Hindu. Hidup persatuan dong. Dan sepertinya tradisi mudik lebaran, Indonesia adl jagonya. Saling maap2an gitu dan kumpul sm keluarga. Hidop mudik. Kenapa jadi ngomongin mudik ya? Ehm, Dan aku mengucapkan selamat Hari Raya Idul Fitri bagi kamu yang merayakan. Maapin yee.

    BalasHapus
  6. Kebanyakan dari perayaan yang jadi tradisi di negara kita ini emang bentuk dari akulturasi budaya dari nenek moyang kita di masa lalu. Salah satunya lebaran ini. Para Wali menyebarkan agama Islam bukan dengan kekerasan, tapi menyesuaikan (dan memodifikasi) dengan tradisi budaya yang ada di masyarakat sebelumnya. Jadi gak sampai ada bentrokan. Tetap adem dan ayem... :)

    Ini lah yang jadi bukti bahwa sebenarnya negara Indonesia ini gak terbentuk dari satu unsur budaya aja. Agama pun begitu... selama perayaan tradisi itu gak menyimpang terlalu jauh dengan ajaran agama, perlu loh kita lestarikan.

    Berhubung sekarang masih bulan Syawal dan masih berbau lebaran, aku mengucapkan Selamat Hari Raya Idul Fitri yaaa... :)

    BalasHapus
  7. Kalau orang luar Jawa kayaknya bingung ya tentang arti lebaran sebenarnya. Bener seperti yang kamu tuliskan di atas, lebaran itu berasal dari kata lebar yang artinya usai atau habis. Yang merujuk pada sehabis bulan puasa. Akhirnya jadilah lebaran. Ehehehe :D

    BalasHapus
  8. sebelum komen, mau ngucapin maaf lahir batin yah :)

    saya baru tau lho kalau lebaran itu dari bahasa jawa dan ada hubungannya dengan agama hindu. tapi kalau masyarakat jawa ditempatku jarang pake kata lebaran, kalau kami lebih sering menyebutnya riyoyoan. bahkan ditempat bapakku di jawa tengah kalau ngomong bukan lebaran apalagi riyoyoan, mereka memakai kalimat ba'do untuk istilah lebaran.

    BalasHapus
  9. Oohh gitu *manggut manggut* baru tau aku kalo kata lebaran ada sejarahnya juga hahaha. Iya sih wajar kalo islam di indonesia banyak dipengaruhi budaya hindu budha, bawaan nenek moyang. Ini macem belajsr sejarah. Di kampung ku juga nyebutnya lebarang, jarang idul fitri

    BalasHapus

komentar anda sangat membantu saya untuk blog ini, terimakasih :)

Postingan Populer