Berwisata Susur Sungai di Banjarmasin

By Lidya Basrindu - 17.27

“Selamat Datang di Banjarmasin Seribu Sungai”

Sepenggal Bait dari Lagu Banjar Selamat Datang di Banjarmasin yang langsung menggambarkan Kehidupan Sungai Kota Banjarmasin salah satu Kota yang menjadi Destinasi Wisata Kalimantan Selatan.

Saya lahir, besar dan tinggal di Banjarmasin Kota yang berjarak 1 jam 45 menit dari Jakarta dan 1 Jam 30 Menit dari Surabaya lewat jalur udara.

Selalu saja saya jatuh cinta dengan Banjarmasin, Kalimantan Selatan dan destinasi wisata yang ada di dalamnya, pengen banget orang-orang di luar sana tahu bahwa Kalimantan bukan hanya kalimantan Timur ataupun Kalimantan Barat dan mereka bisa merasakan jatuh cinta seperti apa yang saya rasakan.

Dan kali ini saya mau ngenalin ke teman-teman semua salah satu Destinasi Wisata Kalimantan Selatan yang terletak di Kota Banjarmasin ibukota Kalimantan Selatan.

Nah Destinasi wisata kali ini adalah kawasan wisata ter-integritas yaitu Kawasan Siring Sungai Martapura di Jalan Pierre Tendean. Lokasi Kawasan Siring Sungai Martapura ini berjarak 30 Menit dari Bandara Syamsuddin Noor.

Apa aja sih yang bisa ditemuin disana?




Pertama ada Menara Pandang, dari menara berlantai 5 ini kita bisa melihat keindahan Kota Banjarmasin dari atas Menara dengan suasana yang sejuk khas pinggir sungai



Kedua ada Pasar Terapung, Pasar terapung ini hanya buka saat weekend dan disana kita bisa menemui keunikan dari para pedagang yang berjualan dari atas jukung (perahu kecil) Dan saat weekend di kawasan Siring ini menjadi lokasi Car Free Day jadi rame banget deh di sana kalau udah weekend.

sumber: adittyaregas.com

Ketiga ada Patung Bakantan,
fyi Bekantan/Bakantan atau Monyet Belanda adalah Fauna Endemik Pulau Kalimantan dan Maskot resmi Provinsi Kalimantan Selatan.




Patung Bekantan ini baru saja rampung pada 2015 ini dan menjadi daya tarik terbaru dari Kota Banjarmasin
Lucu loh dari mulutnya si Patung Bakantan keluar air gitu ya mirip lah sama Patung Merlion di Singapura

Di sekitaran patung Bekantan juga dibangun fasilitas lapangan basket dan juga panggung hiburan.


Oh iya di kawasan siring sungai Martapura juga terdapat sebuah Vihara





Dari Kawasan Siring Sungai Martapura ini kita juga bisa melakukan wisata susur sungai menggunakan Kelotok (Perahu bermesin) dengan biaya mulai dari 5-25rb/orang dengan rute-rute di sekitaran siring sungai martapura atau yang lebih jauh ke Pulau Kembang, ke pasar terapung Muara Kuin, Ke Soto Pinggir Sungai, Masjid Sultan Suriansyah, Makam Sultan Suriansyah, museum Waja Sampai Kaputing dan kawasan lain yang juga terletak di pinggir sungai.




Nah di penghujung Siring ini juga terdapat Kampung Sasirangan, Kampung ini menjadi pusat pembuatan dan Penjualan Kain dan Produk Sasirangan. Sasirangan sendiri adalah kain khas Kalimantan Selatan yang pembuatannya melalui proses celup.

sumber: tribunnews.com

Lokasi Siring Sungai Martapura ini juga dekat banget sama Masjid Icon Kalimantan Selatan yaitu Masjid Sabilal Muhtadin Banjarmasin yang merupakan salah satu Masjid Terbesar di Kalimantan Selatan.

Kalau sudah selesai jalan-jalannya dan lapar, kita bisa makan di Kawasan Wisata Kuliner atau KWK di siring seberang dan Taher Square yang menyajikan berbagai macam makanan mulai dari makanan khas Banjar, Nasional dan Internasional.

Kawasan Siring Sungai Martapura ini juga terus dikembangkan agar bisa bersaing dengan destinasi Wisata Unggulan lain di Indonesia.

Kawasan Siring Sungai Martapura ini menjadi salah satu destinasi wisata favorit saya, karena hiburan dapat, kenyang dapat, ya paket lengkap gitu deh hahaha




Kalimantan Selatan bukan hanya Kota Banjarmasin, Kalimantan Selatan Masih menyimpan berjuta keindahan dan pesonanya sesuai dengan Taglinenya “South Kalimantan, Absolutely Borneo”

Oh iya buat teman-teman yang tertarik jalan-jalan ke Kalimantan Selatan yuk dibikin planningnya dari sekarang buat berwisata ke sini, terus berangkatnya Naik Garuda Indonesia ajah my favorite airplane. Karena menurut Pengalaman saya Pelayanan Garuda Indonesia tidak pernah mengecewakan. Selalu On-time, Ada TV nya hahaha tapi ini penting sih menurut saya biar gak bosen di pesawat, dan paling penting lagi adalah Dapat Makanan dan makanannya gak bisa saya temuin di lain tempat deh biasanya dapat nasi kuning plus ayam gitu, dan setiap Naik Garuda Indonesia gak pernah tuh Landing pesawatnya gak mulus, Luar biasa deh pelayanan dari Garuda Indonesia. Pokoknya enak deh naik Garuda Indonesia.





Penerbangan Garuda Indonesia Jakarta-Surabaya ke Banjarmasin juga lengkap dari Pagi sampai Malam, dan sudah connect dengan Penerbangan ke Kota-Kota Besar lainnya melalui bandara Syamsuddin Noor Banjarmasin.
Jadi buat teman-teman yang mau berwisata ke Kalimantan Selatan jangan khawatir yaa..

And the last sebagai penutup saya mau bilang kalau Indonesia itu luar biasa indahnya, Pesona Indonesia sangatlah mempesona jadi rugi banget sebagai Orang Indonesia sendiri belum menikmati keindahan Indonesia. Yuk Travelling mengelilingi Indonesia bersama Garuda Indonesia, Enjoy Wonderful South Kalimantan and Love your Wonderful Indonesia.

Tulisan ini diikutsertakan dalam:

lomba blog wisata kalsel



  • Share:

You Might Also Like

10 komentar

  1. Balasan
    1. Sebatas itu aja kah komennya ding, aku terkesan :)

      Hapus
  2. Asikk jua lah ke patung bekantan lawan acay wkwkwk

    BalasHapus
  3. Wah kawasan wisatanya bagus ya mbak. Oh iya, btw di kawasan itu ada local event-nya nggak ya? Mungkin aja wisatawan juga pengen lihat pertunjukan budaya setempat.

    BalasHapus
  4. Wah makin gahul aja ih banjar wahini.. Jadi kaya semacam alun-alunnya banjar kaitu lah? Jaka ulah lapangan skate mantap am. Wkwkwk

    BalasHapus
  5. Gak hanya Banjarmasinnya yang penuh keindahan, kamu juga salah satu yang membuat Banjarmasin itu lebih indah *Salah fokus
    Wuih sekarang jadi lebih tau tentang Banjarmasin nih. Suka banget sama travelling, kapan-kapan nyoba ah ke sana. Keliling Indonesia cuma baru sebatas pulang jawa ( Jawa Barat, Tengah dan Timur ) dan Jabodetabek doang. Masih banyak tempat di Indonesia yang wajib kita kunjungi. Karena, Indonesia gak kalah keren dari negara-negara lainnya dalam kategori tempat wisata. Mudah-mudahan orang Indonesianya sendiri sadar akan itu :D
    Itu patung monyetnya ngeces ya ampe keluar air gitu ? O,O

    BalasHapus
  6. Itu pasar terapungnya yang kayak di Rcti gitu ya? Yang ada nenek nenek jualan di atas sampan, terus nunjukin jempolnya. Hahahaha.

    Mungkin, untuk postingan berikutnya bisa di bikin tentang uniknya masyarakat di kalimantan kak. Kan di kalimantan banyak suku dayak, kan? (menurut pengetahuan gue sih)
    Gue selalu tertarik dengan suku dayak, kak.

    Oh iya, bahasa di kalimantan lebih kurang sama dengan bahasa melayu kan? Soalnya gue punya teman orang kalimantan. Dan bahasanya tu hampir mirip sama bahasa gue (gue suku melayu). Sama-sama pakai "e".

    BalasHapus
  7. paling enak ke kawasan siring hari minggu dah.. bisa naik klotoknya sambil liat semua destinasi wisata di atas.

    mantap nih lidya! smpai foto di pesawat juga ada ckck..semoga menang lid!

    BalasHapus
  8. Wah pasar terapungnya legendaris banget tuh, aku taunya waktu iklan RCTI gitu. Katanya yang jualan disana sekarang berkurang ya gara-gara banyak pasar baru di daratan?

    Ada juga wisata susur sungai, seru ya. Sungainya bersih gak? Kan nggak lucu kalo lagi asyik-asyik eh ada sampah yang lewat.

    Semoga sukses ya dan salam kenal :D

    BalasHapus

komentar anda sangat membantu saya untuk blog ini, terimakasih :)

Postingan Populer