Wadai Lupis

By Lidya Basrindu - 07.25

assalamualaikum!
hari ini kita kenalan yuk sama si hijau-hijau menggemaskan.
siapa kah dia?
apakah dia seorang hulk? tentu bukan
atau dia buto ijo? bukan dooong
ataauu dia adalah keropi? kodok lucu itu? ya bukan lahhhh.
kalau gitu siapakah dia? 

dia adalah.... 
"wadai LUPIS"

lupis adalah salah satu wadai khas dari banjar.

bentar.. bentar...
kok bahas makanan mulu sih akhir-akhir ini? 
hehehe sebenarnya sih banyak yang mau dibahas tapi lagi moodnya lagi senengnya ngepost tentang makanan.
karena bisa dibilang aku cinta mati banget sama makanan khas Banjar.

oke lanjut ke wadai lupis, wadai ini termasuk dalam sajian wadai41 yang aku ceritain di post sebelumnya. 
kalau menurut warnanya kue ini melambangkan kemakmuran.

iya aku selalu ngerasain kemakmuran setiap habis makan ini kue. iya makmur badan aku yang makmur hiks



jadi wadai lupis ini warnanya hijau terus bentuknya lonjong.
biasanya sebelum disajikan sama acil (bahasa banjar tante/bibi) yang jualan lupis, si lupis masih dibungkus dalam daun pisang. 

cara bikinnya mirip dengan cara pembuatan lontong yaitu dikukus dalam daung pisang, tapi bahan dari wadai lupis ini adalah beras ketan. 
terus warna hijaunya didapat dari daun pandan. 

wadai lupis disajikan dengan saus gula merah kental dan taburan nyiur/kelapa yang sudah diparut. 

harga wadai lupis ini lumayan murah kok, biasanya perpotong dihargai 1500 rupiah. 

biasanya orang-orang mengkombinasikan wadai lupis ini sama wadai apam serabi. 

buat nemuin ini wadai, gampang banget kok. tinggal cari warung apam di daerah Banjarmasin. Atau cari di pasar-pasar tradisional. 

ini wadai rasanya mantap abis loh guys, salah satu wadai kesukaan aku juga kalau ke warung apam pasti belinya lupis, sampai bisa bedain mana yang lupis biasa aja, lupis yang enak, sama lupis yang enak banget hahaha.


  • Share:

You Might Also Like

34 komentar

  1. besok pas ke banjarmasin wajib nyobain ini nih. :D
    kayaknya enak. itu pake kuah gula merah ya.
    *pagi2 ngiler

    BalasHapus
    Balasan
    1. wah kapan mau ke banjarmasin?
      iya kuah gula merah, enak bangett

      Hapus
  2. ada niat buat bikin sendiri Lid?

    btw, kalo ditempat gw bentuknya segitiga loh :D
    mungkin sama kali ya buat rasa dan penyajian, hanya bentuk nya yang beda.
    itulah indahnya indonesia .

    BalasHapus
    Balasan
    1. kalau niat sih ada, tapi belum kewujud juga hahaha

      iya aku ada liat di google didaerah lain bentuknya segitiga ya, tapi parutan kelapanya dibalut ke lupisnya jadi kayak klepon gitu kan?
      iya Indonesia emang indah banget

      Hapus
    2. nahhhh iya, kali :p

      indonesia indah, karena punya banyak keragaman ini lid :)

      Hapus
  3. ini kalau dijawa mungkin namanya alu-alu mungkin ya....atau apa..ya...lupa namanya....

    mungkin bisa ditransfer jajannya...ekekekeke....perbandingan rasa dengan jawa dong...biar nggak timbang penilaiannya :P

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya kayakanya alu-alu nama lainnya lupis deh tadi aku liat di google hehehe

      ayolah ntar aku kirimin lupis ke jawa, transfer juga alu-alunya ke banjar :3

      Hapus
  4. wahh kue lagi. hehehe.
    aku juga tau kue ini lho lid. kalau yang ini pasti tiap seminggu sekali bakalan ada. baik dikampung maupun ditempat kerja ku sekarang ini mudah banget ditemui meskipun gak setiap hari. kalau bulan ramadhan ini tiap hari juga ada. hehe.

    bedanya kalau ditempatku bentuknya gak lonjong, tapi segitiga lid. pas banget manisnya sama kuahnya tuh. enaaak.

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya akunya bahas kue mulu hahahaha
      kalau di banjar sih tinggal cari warung apam langsung nemu yang namanya lupis, tiap hari adanya.

      nah kebanyakan di luar banjar bentuknya segitiga ya, mungkin ada filosofinya tersendiri lagi.
      iya rasanya manis banget kuahnya

      Hapus
  5. Kalau ditempat aku sih lupis bentuknya segitiga dari beras pulut putih. caranya sama kayak masak lontong. Jadi daun pisang dibentuk segitiga trus dimasukkan beras pulut trus dikukus. Makannya juga pake gula merah. Berarti nama sama cuma beda warna dan bentuk ya :D Indonesia emang kaya kuliner.. *jadi lapar

    BalasHapus
    Balasan
    1. bahan pembuatannya kayaknya emang sama deh kak litna, beras pulut itu beras ketan kan? hehehe
      iyaa beda di bentuk aja kayaknya yah.
      kuliner Indonesia gak ada matinya hahaha

      Hapus
  6. di Surabaya juga ada, sama persis. namanya juga lupis. disini ga ditulis cara penyajiannya ya? kalo di Surabaya dipotong tipis-tipis + ada tambahan seperti kelanting, getuk, mutiara dll.. nyam, jajanan jaman msh kecil nin ;P

    BalasHapus
    Balasan
    1. aku udah tulis kok cara penyajiannya. dipotong2 kayak di gambar itu terus dikasih poarutan kelapa sama kuah gula merah.
      nah kalau itu aku tau biasanya juga ada di pasar tradisional, getuk lindri kan? enak ituuuu.
      jajanan jawa yg udah lama ada di banjar hehehe

      Hapus
  7. Saya sudah pernah makan itu pas ke Banjar. Hehehe. Beneran, memang enak dan murah. Apalagi pas ada festival makanan, gratis dah makan wadai lupisnya:D

    Ntar kalau ke Jakarta, bawain buat anak anak BE yak:D

    BalasHapus
    Balasan
    1. nah kan emang enak hehehe
      kapan kak ada festival makanan?

      kalau bisa dibawa ntar aku bawa deh hihihi

      Hapus
  8. Wah iya ya, sekali lihat fotonya lidya langsung ketagihan.. :3 #SalahFokus

    Bahas makanan mulu nih, jadinya tiap kesini langsung ngiler. :9 eh tapi kalo dari fotonya kek nya pernah makan deh, duuh.. Kalo disini namanya apa ya.. Lupa. -_- pokoknya enak.. Tapi lebih enak asli banjar kek nya. :3

    BalasHapus
    Balasan
    1. ketagihan ngapain rik? ketagihan liatin foto aku terus ya? hahaha

      iya maaf yaa, aku lagi pengen bahas amkanan terus sih gimana dong :(
      iya intinya ini kue emang enak bangets dehhhhhh

      Hapus
  9. Ahhhhh ngebayanginnya kayaknya enak ya. Gambarnya juga menggoda gitu sih. Hmm... Soal makanan aja paling semangat.

    Tapi itu btw bahan dasarnya dari apa? Aku nggak tau kalo di sini Wadai itu semacam apa ya. Tapi dengan harga yang kebilang murah, dan tampilan yang menggoda gitu, kayaknya nggak rugi kalo beli banyak haha.

    Boleh dong kirim ke sini biar bisa cobain yang namanya Wadai :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. enak bangeeettttt, mesti banget dicoba hahaha

      bahan dasarnya beras ketan yang dikasih pewarna pandan, btw wadai itu artinya kue ya, jadi nama kue ini lupis. hihihi
      aku biasanya suka beli satu lupis panjang yg masih belum dipotong2 gitu biar puas hahaha

      iya ntar ya aku kirimin lupis kesana~

      Hapus
  10. barruu tau gue kalo badai lupis ini khas banjar, di pekanbaru juga banyak soalnya...

    btw dr kmren posting makanan aja nih. emg hobi kuliner ya?

    eh btw kita udah saling follow blm ya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. kuenya kan udah tersebar dimana2, Aku ga bisa mastiin kalo ini kue asli banjar tapi udah jadi makanan khasnya banjar sih hehehe

      iya aku emang hobi kuliner, dan sekarang lagi pengen bahas makanan aja.

      belum ca, aku online via hp agak ribet mau follow hehe, ntar aku aku followback kamu ya. makasiih

      Hapus
  11. Lupis kah cil? aih kada tahu ulun cil ai.

    Wohoo, bahasa banjar. Aku sendiri kalo kuliner banjar terutama kue banyak yang enggak tau. Nantilah aku coba cari dipasar siapa tau ada yang jual lupis, orang acilnyanya rata-rata orang Banjar.

    BalasHapus
    Balasan
    1. ai kenapa pian bisa bahasa banjar? domisili mana?

      nahhhh coba cari deh, terus cobain dijamin nagih hahaha

      Hapus
  12. take me to banjarrr galuuuuh, take meeee...hehehe...

    aku kayaknya belum pernah makan yang kayak begituan deh lidya...akku mauuuu...@.@
    wah, harus ya ada fotonya gitu terus udah gitu yang di foto canteeeek?? hehehehe..

    BalasHapus
    Balasan
    1. ayolah mbak mey secepatnya ke banjarrr

      coba cari mbak di pasar tradisional mungkin ada,
      hahaha udah lama gak narsis narsisan jadi aku taroh deh fotonya disana

      Hapus
  13. Nanti kalau kapan-kapan ke banjar, gue buka blog ini ah, mau liat postingan tentang makanan lainnya.. dan nanti pas pulang dari banjar badan gue ikutan makmur kayak mba, hehe.. ohh wadai itu kue kan ya? terus lupis itu namanya? mau dong mba..

    BalasHapus
    Balasan
    1. hahaha ntar kalo ke banjar mesti banget kuliner. dijamin makmur badannya.
      iya wadai itu artinya kue dan lupis itu nama kuenya.

      ayok ah ke banjar aku traktirin wadai lupis

      Hapus
  14. Gue pernah nyoba tuh enak. sumpah...

    BalasHapus
  15. iiiih kenapa ada foto kamu di akhir cerita Lidya? hahaha kamu cantik
    iya nih sejak kemarin cerita mulu tentang wadai nih
    enak pasti, kayaknya makanan begituan di jawa juga ada, cuma beda nama sih
    sama-sama dari beras ketan juga

    BalasHapus
    Balasan
    1. nebeng eksis kak mei foto aku hahaha, amin makasih kak.
      iya ada kok di jawa namanya juga biasanya namanya juga sama.

      Hapus
  16. kayaknya enak tuh wadai lupisnya,jadi pengen nyoba

    BalasHapus
  17. Wah.... wadai lupis ni dasar nyaman banar. Recomended gasan dimakan xD

    BalasHapus
  18. Itu makanannya keliatannya enk n manis. Apalagi yg bikin pasti lebih manis hahahaha

    BalasHapus

komentar anda sangat membantu saya untuk blog ini, terimakasih :)

Postingan Populer