Dragon Goes To Pasar Terapung

By Lidya Basrindu - 20.41

haloooo!!! selamat hari sabtu ya semuanya, ketemu lagi kita di weekend kali ini. 

hari ini mau cerita tentang liburan singkat kemarin tanggal 18 April sama teman-teman Nanang Galuh Banjar 2013 sekalian arisan bulanan juga. 

eh bentar dragon itu apaan ya? dragon itu naga kan bahasa indonesianya, jadi NaGa itu singkatan dari Nanang Galuh Banjar hehehe fyi



nah kemarin itu kita tamasya gitu deh, kemana? kita jalan-jalan ke pasar terapung muara kuin sama pulau kembang. 

ini dingin banget loh


sebelum itu aku mau jelasin sedikit tentang pasar terapung dan pulau kembang, aku cukup sering membahas pasar terapung dan pulau kembang di blog ini sekitar 4-5 posting tentang hal tersebut. 

1. Pasar Terapung Muara Kuin

Pasar terapung Muara kuin adalah sebuah pasar yang mengapung di atas sungai kuin tepanya di muara sungai kuin.
pasar disini bukan beberapa bangunan yang mengapung di atas sungai, tapi kumpulan pedagang yang menggunakan jukung (perahu kecil/sampan) untuk berjualan. 
nah untuk bisa mencapai ke lokasi pasar ini, kita bisa menggunakan kelotok (perahu bermesin) dari dermaga-dermaga yang tersedia di daerah Kuin-Banjarmasin Utara. 
range harga kelotok yang disewakan sekitar 200.000-350.000 pulang pergi dengan paket pasar terapung & pulau kembang. 
Pasar terapung buka sangat pagi, dari pukul 04.30-06.30, telat sedikit pasar terapungnya sudah bubar. 
kebanyakan yang di jual di pasar terapung adalah buah, sayuran, makanan dan peralatan rumah tangga. 

2. Pulau Kembang 
Pulau Kembang adalah sebuah pulau di daerah kabupaten Barito Kuala yang berjarak cukup dekat dari pasar terapung tapi sudah lintas kabupaten melewati sungai. 
Pulau Kembang juga adalah pulau yang berisi dengan ratusan ekor warik (monyet) yang sudah lama berkembang biak disana, dan merupakan salah satu objek wisata andalan kalimantan selatan.


di pulau ini kita bisa menikmati rimbunnya hutan mangroove dengan jalur yang sudah disediakan dan bermain-main bersama para monyet bagi yang berani buat main-main sama onyet hihihi.
di pulau ini terdapat sebuah vihara yang berada di tengah pulau. 
biaya karcis masuk ke pulau kembang: Rp 5.000.- 



nah mari balik ke cerita aku kemarin ya, jadi habis sholat subuh langsung berangkat ke pasar terapung bareng rima , tau gak kenikmatan apa yang aku senangin kalau lagi ke pasar terapung? bisa nikmatin jalanan lengang kota banjarmasin daaan itu nyenangin banget rasanya, ya soalnya jarak rumah aku sama pasar terapung itu jauh :') 

penikmat perjalanan sungai


tapi karena suatu alasan kita semua telat ke pasar terapungnya, waktu sampai disana udah pada bubar dan tersisa sedikit pedagang aja, ditambah lagi kita kemarin kesana waktu mendung dan berkabut jadinya gak bisa lihat sunrise deh :') hiks hiks

adegan berbahaya

oh iya kelotok itu ada atapnya gitu dan bisa dinaikin, sebenaenya sih berbahaya naik di atas karena bisa aja kan yang gak kita harapin terjadi, tapi kalau aku bilang sih seger banget kalo udah duduk di atas kelotok beda anginnya sama yang dibawah (jelas beda lah lid hahaha) 



disana kita ketemu sama warga Malaysia keturunan Banjar biasa disebut "kulaan banjar" yang lagi berkunjung ke banjarmasin, kata mereka sih tanah leluhur hihihi. 
"semalaysiaan urang banjar" kata si pakcik canda canda ke kita haha.




nah terus kita makan di kelotok sambil pada bayar arisan. kita pada makan soto banjar, nasi sop sama sate yang disedian warung soto yang pastinya mengapung juga. 
jadi pesan sotonya itu semacam layanan drive thru gitu, bedanya kita makan di atas sungai. beda sensasi lah hihihi

karena pasar terapungnya udah bubar, kita langsung go ke pulau kembang. daaan temen-temen udah mulai parno sama monyet yang udah nungguin di dermaga. 
saran buat yang mau kesini, jangan bawa perintilan yang aneh-aneh ya. jangan pakai topi, kacamata. kalau bisa disimpan di dalam tas aja ditutup juga tasnya. dan hati-hati kalau yg bawa makanan bisa kena serangan onyet loh hahaha
nah disini kita ketemu lagi sama "kulaan banjar" foto-foto lagi lah sama mereka, 



setelah ituuu kita jalan-jalan keliling pulau dengan diiringi teriakan histeris teman-teman aku di belakang hahaha *jahat* 
monyet disana sebenarnya gak jahil sih cuma pengen makan aja, kalau kitanya kasih tau baik-baik merekanya juga gak jahil kok.



di pulau kembang pawang monyetnya banyak loh, mereka juga sambil jualan kacang. "5000 dua ka 5000 dua ka" 
kacang-kacang bakalan dibagiin ke kita atau disebarin didepan posisi kita mau foto jadi monyetnya bakalan ngumpul dan difotoin sama sang pawang. 




sebenarnya pengen banget selfie bareng para monyet tapi apa mau dikata handphone yang udah dicharge full ketinggalan dan keselip di bangku mobil. apa mau dikata akhirnya nebeng foto di hapenya teman-teman :'))) 
dan fotonya gak bisa sebanyak kalau pake hape sendiri, foto juga masih banyak di kamera sama hp temen aku.  jadi maafkan lah diriku yang kebanyakan nulis dengan foto uang sedikit ini ;') semoga tetap bisa menikmati ceritanya ya. happy saturday! muah



  • Share:

You Might Also Like

17 komentar

  1. waahh cakep cakep ya dragonnya, hihihi monyet nya juga kayaknya gak ganas tuh, tapi sayang banget pasar terapungnya udah bubar.

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya yah cakep.... yng punya blognya :D

      Hapus
    2. iya yg penting kitanya gak keliatan takut pasti mobyetnya ga ganas juga.
      iya sayang banget huhu

      Hapus
  2. Duh, bersua urang Banjar. Salam kenal ya, Lidya. Ada uwakku dari pihak bapak yang tinggal di Banjarmasin. Pengen banget ke sana. Tapi mahal banget untuk naik kelotoknya. Itu per orang atau rombongan? Pasar terapung bikin penasaran juga.
    Soto banjar kayak apa? *Ngeces, lagi lapar belom makan siang. :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. halo kak rohyati, urang banjar jua kah? tinggal dimana pian?
      naik kelotok harga segitu per rombongan kak, jadi semakin banyak yg ikut semakin murah bayar per orangnya hehe.
      soto banjar bisa dibaca di post aku sblmnya kak, ada bahas tentang soto banjar. nyaman banar tu pang rasanya :D

      Hapus
  3. mahal kacang dua 5 ribu. disini mah 3 ribu saja..

    seru yah, bareng2 terus, tapi ribet juga yah harus pake kayak selendang gituh. itu wajib pake gituan yah??

    BalasHapus
    Balasan
    1. sekalian biaya pawangnya fik, hehehe.

      ga ribet juga kok, ini sbnrnya ga diwajibin buat selalu dipake. tapi buat dokumentasi kita aja kok

      Hapus
  4. aaaaak anak banjar cantik cantik banar lah. nyaman unda banar melihatinya..

    itu semacam duta wisata versi banjar ya? kayaknya tinggal di banjar nyaman banar lah. aku gin kawa ai bahasa banjar. cuma tau dikit dikit haja pang..

    galuh = cantik ya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. adik kukuh gaul banar lah be unda be nyawa hahaha.
      disamarina banyak orang banjar jua kalo kuh? hihi
      kuh keturunan banjar kah?

      iya duta wisatanya banjarmasin kita kuh.
      haha alhamdulillah hidup di banjar nyaman banar kuh, adem ayem aja di banjar nih

      galuh artinya gadis gitu kuh, kalo cantik bahasa banjarnya bungas/bengkeng/langkar kuh

      Hapus
  5. dragon keren yah, kreatif pilih namanya hihihi
    seru ya jalan jalan di pasar terapung, pengen banget aku, tapi jauh sepertinya -_-
    kalo di kalimantan pasar terapung, kalo di jawa rumah terapung, bukan di sungai tapi banjir hihihi

    BalasHapus
    Balasan
    1. haha iya buat lucu lucuan aja sih tp disini kita dikenalnya dengan sebutan naga gitu hehe

      ya kalo dari sana sih jauh sih lis, tp kan skrg pake pesawat 1jam juga nyampe banjarmasin hihihi

      di banjarmasin juga hanyak kok rumah terapung asli namanya rumah lanting, jadi ngapung di pinggiran sungai gitu.

      haha bjm juga rentan banjir kok karena dikelilingi sungai

      Hapus
  6. wahh.. saya penasaran sama pasar terapung. pertama kali tau pasar terapung waktu kecil saat baca majalah anak2.
    biaya masuknya murah juga :o

    BalasHapus
    Balasan
    1. nah ayo kak kiki ke banjarmasin biar ga penasaran lagi hihi
      baca majalah bobo ya kak?

      kalo ke pasar terapungnya sih free, ke pulau kembangnya yg bayar

      Hapus
  7. keren banget deh wisata nya di pasar terapung muara kuin sama pulau kembang. pasti enjoy banget ya dalam perjalanan menuju pasar apungnya. pake naik perahu juga, jadi suasananya pasti adem banget. di tambah lagi langitnya mendung.

    waah di pulau kembang bisa bermain sama si onyet yaa. seru banget pasti bisa ngasih kacang ke monyet nya sambil mainan sama monyet nya.

    oh iya btw, salam kenal yaa :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. kalo aku sih enjoy, soalnya aku suka banget naik kelotok/perahu/speedboat apalagi di sungai. ga tau temen2 gimana hahaha

      sbnrnya sih enak mendung cuacanya jadi dingin, tp syang ga bisa liat sunrise krn keturup awan. padahal keren banget loh sunrisenya.

      ga seru sih kalo kata temen2 aku yg parno sama monyet. tp kalo kata aku sih seru hahaha

      salam kenal adik ray ;)

      Hapus
  8. Kurang foto soto banjarnya aja sih Lid :') #efekrindubanjar

    BalasHapus
    Balasan
    1. iih kurang us ai :( tp ikam kawa liat di postingan aku sebelum2nya hahaha
      us aku ingat kita ke pulau kembang bahari us tahun 2011 lo tuh, yg acil kacangnya kd bisa memoto akan tuh us :( aku kangen us :(

      Hapus

komentar anda sangat membantu saya untuk blog ini, terimakasih :)

Postingan Populer