Ngegaul at Pasar Terapung

By Lidya Basrindu - 21.02

selamat siang semuanya, selamat hari sabtu selamat ber-weekend ria yaa !
well ternyata udah hampir seminggu ya aku gak ngepost apa-apa hehehe

oke jadi hari ini aku mau ceritain tentang aktivitas bulan november 2013 nih, kemaren belum sempat ceitain jadi sekarang aja ya aku ceritain hihi

nah jadi bulan november lalu ada event dari Hilo Green Ambassador, ada 2 hari acaranya. Untuk hari kedua acaranya diadain di siring Tendean nah disini aku mau ceritain tentang siring tendeannya.

Banjarmasin Thousand Rivers


lalu ada apa di siring tendean? apa yang spesial disana? 
jadiiii berapa tahun terakhir ini disana setiap Minggu ada pasar terapungnya loh dan aku mau ceritain tentang pasar terapungnya ini.


tapi sebelum itu aku mau kasih tau lokasinya siring tendean ini dulu ya, jadi siring tendean ini lokasinya bersebrangan  sama Mesjid Sabilal Muhtadin dan siring Sabilal yang setiap Minggunya diadakan Car Free Day disana. Mungkin untuk mencerai kecrowded-an di lokasi sekitar sabilal maka daerah siring tendean ini juga dijadikan alternatif untuk bersantai di hari Minggu.
kawasan siring Tendean ini selalu penuh setiap Minggunya penuh dengan aktivitas, mulai dari senam pagi, main sepatu roda, orkes dangdut, dan lain sebagainyaa


dan for your information di Kalimantan terdapat 3 pasar terapung, yang 2 ada di Kota Banjarmasin dan satunya ada di Kabupaten Banjar.

untuk yang di Kabupaten Banjar terletak di desa Lok Baintan, jaraknya dari Banjarmasin cukup deket. terus yang di Kota Banjarmasin sendiri terletak di Muara Sungai Kuin dan Siring Pierre Tendean. Tapi terdapat perbedaan dari pasar terapung Muara Kuin dan Siring Tendean.

Apa bedanya? pasar terapung Muara Kuin kalau bisa dibilang terbentuk dengan alaminya, jadi memang benar-benar terbentuk sebagai sebuah pasar yang berlokasi di atas sungai dan sudah lama sekali terbentuknya. 
  1. Buka Setiap Hari
  2. Jam 04.00-08.00 WITA
  3. Memerlukan Kapal (Kelotok) untuk mencapai ke tengah pasar


nah kalau yang di siring Tendean ini bukanya cuma hari Minggu dan tutupnya lebih lama sekitar jam 10 pagi juga masih bisa liat pasar terapungnya, dan di pasar terapung siring tendean ini ada dermaganya, jadi kalau mau belanja cukup jalan di atas dermaga gak perlu pakai kapal atau bahasa banjarnya kelotok.



apa aja yang bisa dibeli di pasar terapung? seperti pasar-pasar kebanyakan yang ada di darat, di sana ngejual bahan buat masak, sayur mayur, buah-buahan dan pastinya jajanan tradisional yang pastinyaaa enak bangeeets hahaha


oh iya buat yang mau kesini disaranin jangan pake sepatu kesayangan ya, soalnya dermaganya itu bisa goyang-goyang kalau kena ombak dari kelotok yang lewat daaan airnya langsung naik deh ke papan-papan itu (pengalaman pribadi) hihi





okay sekian dulu ya, meskipun agak-agak gak jelas ya ceritanya. Inilah salah satu hal yang membuat aku tambah cinta sama Banjarmasin loh hahha apasih, iyadeh dadah babay semuanya. happy saturday! loveeee

  • Share:

You Might Also Like

41 komentar

  1. wahkamu jadi duta Hilo Green Ambassador ya? kereenn... udah lama banget pengen lihat langsung pasar terapung kaya gitu, sayangnya di Jawa kayaknya ga ada deh, apa mungkin gue yang ga gaul?? itu pasarnya kurang lengkap ya, ga ada yg jual pacar gitu ._.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hehe bukan syg, aku duta wisata atau galuh banjar di banjarmasin hehehe
      Pasar terapung sepengetahuan aku sih emang ga ada di jawa, aku jual kok kamu mau yg gimana? Hahaha

      Hapus
  2. kok kapalnya gak ketengah ?
    itu kalau dagangan nya ga sengaja kita jatuhin ga bayar kan :v

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya ini emanv diatur buat mangkal di dermaganya, beda sama yg di muara kuin.
      tergantung sih hahaha

      Hapus
  3. seringnya nonton di tv nih yang kayak gini, hehe. Keren, kapan-kapan pengen nyobain godain mbok-mbok yang jualan ah. Pas lagi transaksi, perahunya aku dorong biar jauh ahahaha.

    di jawa malah lebih keren, tepatnya di sidoarjo, di sidoarjo ada pasar yang beroprasi di atas rel kereta api. Keren kan, besok-besok mau nyiptain pasar yang beroprasi di lumpur lapindo aja ah biar makin greget aahaha

    BalasHapus
    Balasan
    1. disini manggilnya mboknya pake sebutan acil hehehe
      kamu jahat hahahaha

      iya kalau di jawa sih emang banayk banget pasar yang lokasinya di rel kereta api, lebih memacu adrenalin hihi

      Hapus
  4. keren juga nih. pasar yang beroprasi diatas air, jadi tidak ada rasa takut untuk terkena serangan dari satpol PP karena ada sengketa lahan.
    kapan-kapan ini harus dioperasikan di Jakarta, selain sebagai pemikat wisatawan. juga bertujuan agar saat banjir semuanya pada aman.. Hahah

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya juga sih hahaha, sungai sih milik semua orang jadi ga ada sengketanya, kalo pasarnya tutup ya sungainya kosong lagi deh hihihi
      lumayan kan yah kalo jakarta dibikin kayak venezuela

      Hapus
  5. weess asik nah ditulis di blog haha
    cakep bangad luh, ulun mendukung banr pian nulis kayak ini :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya dong, sudah jadi kewajiban ulun memperkenalkan daerah ulun huihihi

      Hapus
  6. Wihhhh, jadi pengen ke sana.
    Dari dulu pengen banget ngerasain yang namanya pasar terapung :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. ayo ke banajrmasin kak wiwiiii :D
      ntar pasti ketagihan deh mau ke pasar terapung lagi hihihi

      Hapus
  7. ini yang dulu nongol di iklan RCTI kan? :))
    jadi pengen rasain ke pasar apung

    BalasHapus
    Balasan
    1. ketauan banget tuanya lu yog hahaha

      Hapus
    2. yang dulu di RCTI yang di muara kuin, beda lokasi sama yang aku foto hehehe

      Hapus
  8. kak, itu kan perahu? ._.

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya itu perahu, kenapa lia? kalo di banjarmasin disebutnya jukung, terus yang pake mesin namanya kelotok. FYI hehehe

      Hapus
  9. kamu sering banget ikutan acara kek begituan. sekarang Hilo gareen ambasador.. :)) lama2 bisa jadi kek syarini nih haha

    BalasHapus
    Balasan
    1. engga sih sbnrnya aku ikut eventnya temen-temen green ambassador aja, komunitas2 se banjarmasin ikut partisipasi nah aku dari komunitas duta wisata ngewakilin gitu. hehe
      brarti aku cetar dong yah? hahaha

      Hapus
  10. Wah iya sama kek yoga diatas, lihat pasar terapung gw jd ingat Iklan di RCTI. Haha.. Jangan2 shotingnya disini juga. :/

    Wow.. Ternyata ada duta wisata di BE. Kerennn... Pantes aja beberapa postingan sering ngenalin daerah. Kerenn.. :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. beda lokasi kak erick, shooting RCTi di pasar terapung muara kuin yang letaknya jauh dari yang aku foto-foto ini, itu lokasinya persis di tengah sungai gitu.

      hehehe, semua orang bisa kok jadi duta wisata dengan caranya masing-masing

      Hapus
  11. wah..disini emang nggak ada yang kayak gitu... ah jadi pengen kesana juga..tapi jauhhhh...
    kalo tiap ngelihat yang kayak gini, jadi ngebayangin kalo itu perahunya bermasalah terus tenggelam semua deh... *kejam
    ini termasuk tugasnya galuh banjar ya...enak tuh bisa kemana2 buat ngenalin daerahnya.... :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. ayooo book tiket ke banjarmasin sekarang jugaaa, main-main ke banjarmasin kak miiif.
      haha jarang banget sih sampe ada kejadian tenggelam gitu.
      hehe iya udah jadi kewajiban tersendiri buat ngenalin daerah kak mif hehehe

      Hapus
  12. Wihihi. Enak ya jadi galuh banjar, jalan-jalan mulu sekaligus langsung menambah pengalaman dari tekape. Kalau dijakarta ada pasar terapung gini, gimana jadinya ya? Hal yang terlintas dipikirn saya sih nggak ada yang mau beli. Karena ibu-ibu yang doyan ke pasar takut yang namanya tenggelam. :))

    BalasHapus
    Balasan
    1. hihi alhamdulillah, nambah nambah pengalaman.
      haha gak juga kali mat, kan lumayan kalo belanja di tengah sungai bebas bayar parkir hihihi

      Hapus
  13. wah keren aku kira pasar kayak gitu cuma ada di tv , di banjarmasin juga ada :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yg biasanya di tv kan yg di banjarmasin kak ikhsan hehehe

      Hapus
  14. ini yang bikin saya merasa berosa kalo kepikiran impian pergi ke luar negeri. wong di tanah air kerennya bukan main begini

    BalasHapus
    Balasan
    1. Lah iya cintai negeri sendiri dulu dong udah keren gini masa gak dicintain muehehe

      Hapus
  15. Pengen banget liat pasar apung langsung. Tpi blom ksmpean _ _"....
    Itu yg merah yg d iket d bdan, itu tnda duta tendean itu yak?
    Utngnya stiap pgi tmpat itu hnya ad senam pagi, dan lari pagi. Klo ad pacaran jamaah dsna. Gue ga akan mau ksana. GA AKAN!!

    BalasHapus
    Balasan
    1. ayo ke banjarmasin kak fauziii
      hehehe bukan, ini selempang galuh banjar atau duta wisata banjarmasin kak :))
      pacaran jamaah juga ada hahaha

      Hapus
    2. ayo ke banjarmasin kak fauziii
      hehehe bukan, ini selempang galuh banjar atau duta wisata banjarmasin kak :))
      pacaran jamaah juga ada hahaha

      Hapus
  16. wwuiihhh kamu duta wisata banjarmasin ya? keren.. pasti tau banyak banget tentang wisa dn budaya banjar kan, hhmmm itu aku pernah liat pasar terapung di TV, di iklan RCTI jaman dlu tuh, wuahaha lama banget, tapi itu jauh bgt, gak mgkn aq bisa liat langsung kesana :|

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya kak iva alhamdulillah hehehe, di daerah kak iva ada kan daerahnya orang banjar? hehe
      iklan rcti zaman dulu emang ngetop banget ya hahhaa, rcti okeeeehh
      pasti suatu saat bisa deh liat secara langsung kesini :))

      Hapus
  17. wih keren ada pasar apung, di Surabaya mana ada! disini mah daratan semua, ada juga kali kecil, yang terapung ya benda benda yg ga penting gitu..

    BalasHapus
  18. Terima Kasih Lydia sudah memperkenalkan Banjarmasin dan Pasar Terapungnya di blog ikam yang super terkenal ini... :') hehehe...

    BalasHapus
    Balasan
    1. sudah kewajiban kita sebagai urang banjar kalo randi gasan memperkenalkan banjarmasin huehehe
      hahaha amiiiiin kalo blogku terkenal

      Hapus
  19. hahahaah adanya disana yak pasar terapung itu ?
    ngak ada yak pasar terbang gitu haha ??
    sebelumnya gue udah pernah sih liat liat ditv, tapi sayangnya gue belum kesana ,,
    kalau gue kesana, gue borong semua aja deh, biar senang yang jualan hahah

    BalasHapus
    Balasan
    1. iyaaa pasar terapung ada di sini hehehe
      ntar deh kita nyiptain bareng2 pasar terbang hahaha
      ayolaaah main main ke banjarmasin, borong2 yang jualan

      Hapus
  20. Sangat menginspirasi sekali, salam dari Jawa Tengah. :)

    BalasHapus

komentar anda sangat membantu saya untuk blog ini, terimakasih :)

Postingan Populer