Makan Soto Banjar Yuk!

By Lidya Basrindu - 07.05

Halooo selamat pagi, siang, sore dan malam semuanya!

Sebelumnya aku curhat dulu ya, jadi sebenarnya aku mau ngepost dari kemarin siang udah ngetik udah bagus ditinggal bentar eh gak kesave, diulang lagi hilang lagi, sampai hari ini udah nulis lagi eh yang ke post cuma fotonya. Dan ini aku nulis lagi dan semoga semuanya baik-baik saja *abaikan* *gakjelas*

Nahhhh pada kesempatan kali ini aku mau memperkenalkan salah satu kuliner khas banjar yang top banget hits banget cetar banget

Dia adalahhh
SOTO BANJAR

Horeehhh nah udah pernah makan soto banjar? atau udah pernah dengar tentang soto banjar? atau belum pernah dengar tentang soto banjar?

kalau belum aku disini mau memperkenalkan sang soto banjar ini yaaa

soto banjar ini sudah menjadi salah satu makanan favorit aku loooh hahaha

nah soto ini kalau dilihat dari isi kurang lebih lah sama soto dari daerah lainnya, ada suiran ayam, ada telur, ada ketupat potongnya, ada bihunnya. tapi apa yang bikin soto ini beda ya?

nahhh perbedaannya terletak dari bumbu rempah yang terkandung di kuah sotonya, soto ini pakai rempah khas gitu dan untuk resepnya silakan googling ya ada banyak kok yang menyediakan resep soto banjar hahaha

kalau menurut aku soto banjar itu rasanya all in, gurih iya, manis iya, asin iya, asem iya (kalau ditambahi jeruk nipis).

temen makan soto paling mantep itu adalah sate dan perkedel kentang! sayang aku gak ada fotonya, tapi biasanya soto udah satu paket sama yang namanya perkedel kentang itu. 

oh iya soto juga bisa diganti ketupatnya sama nasi, tapi namanya bukan soto lagi, namanya berubah menjadi nasi sop. jadii jangan salah pesan ya kalau mampir ke banjarmasin hihi

range harga soto banjar: rp 9,000-60,000 tergantung dimana kamu makan sotonya ya tapi rata-rata harganya rp 20,000 sebanding deh sama cita rasanya dan kenyang di perut kamuu hehe

oh iyaa warung soto banjar juga sudah mulai menyebar di nusantara. jadi pasang mata kalian ya kalau kalau ada warung soto banjar di sekitar kalian, tapi kalau mau ngehits datang ke banjarmasin dulu ya buat nyicipin soto banjarnya *teteppromosi* hahaha

  • Share:

You Might Also Like

36 komentar

  1. Soto bang Am*t juaraah di Banjarmasin!!! :D

    BalasHapus
  2. Belum pernah nyobain sih tapi pernah googling gambarnya dan kuahnya agak bening ya?
    Kala jumpa di Medan pasti aku coba karena rada terkenal juga kan ni makanan.
    Btw, kalo soto Medan tuh pake santan makanya kuahnya agak kental. Biasa di makan pake lontong.
    Enak juga, lho.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya kuahnya agak bening Gitu,
      Semoga ntar bisa nemu soto banjar di medan ya, Soalnya kulaan banjar yg tinggal di medan cukup banyak hehe
      Mirip rasanya soto betawi gitu ya? Atau soto padang? Semoga next time bisa nyoba soto medan deh hap hap

      Hapus
  3. Makanan ini disamarinda gak pernah absen kalo ada acara Kawinan DSB.
    Paling enak makan ini Pedes-pedes terus make Jeruk Nipis, Beeeuuuhhh

    BalasHapus
    Balasan
    1. Itu berarti banyak orang banjarnya juga di samarinda hihi
      Hai dangsanak di samarindaa
      Nyaman banr tu pang hahaha

      Hapus
  4. suka banar lawan soto banjar :D
    bumbunya mantap ^^)9

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hihi urang banjar jua kah?
      Nyaman banar tu pang soto banjar ni

      Hapus
  5. huaa..jadi laper lagi...iyasih ya., harganya bisa standard, bisa mahal banget..tergantung lokasi...hahaha

    BalasHapus
    Balasan
    1. Makan ayo kalo laper hahaha
      Semua makanan gitu kan, Tergantung lokasi hahaha

      Hapus
  6. IYA, SOTO BANJAR EMANG ENAK BANGET. di samarinda kalau ada acara acara selametan pasti makannanya itu. blogger banjarmasin ya? mari kita angkat nama pulau kalimantan melalui blog hehehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Enak banget alias nyaman banarrr
      Banyak orang banjar dong disana?
      Iyaa asli banjarmasin, Halo dangsanak yg di samarindaa
      Yup, Perlahan tapi pasti orang pasti tambah cinta sama kalimantan hehehe

      Hapus
  7. beeeeh...bikin ngiler sotonya, secara soto adalah salah 1 makanan favoritku.
    tapi jujur belum pernah ngrasain soto Banjar, penasaran sih.. tapi kayaknya soto Solo tetap yg juara deh (hehhee promosi soto wilayah sendiri)
    moga2 bisa ke Banjarmasin dan bisa ngrasain sotonya, disini blm ada yg jual soto banjar

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ini emang suka bikin ngiler kak sotonya hihi
      soto solo rasanya gimanaa? Aku belum pernah nyoba jugaa
      Moga2 ka mey ke banjarmasin bisa makan soto banjarnya dan aku ke solo makan soto solo hahaha

      Hapus
  8. ces ces ces...langsung ngiler deh...
    aku pecinta segala soto..
    tapi belom pernah makan soto banjar..hihihiii

    BalasHapus
    Balasan
    1. Disapu dulu kak ilernya ihihi
      Nah ayo dicoba kak soto banjarnyaaa. Ketagihan dehhh

      Hapus
  9. Wahh gue pernah lihat di TV nih...
    Tapi belom pernah makan soto banjar,, soto makasar aja jarang....
    Kek nya enak... :9

    BalasHapus
    Balasan
    1. Tuuh sampe keduluan liat di tv, Ayo dicobaa kayaknya di sekitran makasar ada deh soto banjar *ngarang* Hahaha
      Ini serius enak banget loh
      Next time mau nyobain coto makassar ahhh

      Hapus
  10. Wah, sotonya bikin perut ngiler... laper,...
    Murah, dan enak sekali ni... kayaknya memang cocok banget tuh untuk perutku.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Soto banjar bisa bikin siapapun ngiler loh. Beware hahaha
      Dicoba yuk dicoba sotonyaa

      Hapus
    2. mana, lempar sini satu... hehehe

      Hapus
  11. nah kalo sasirangan kemaren gue gak pernah denger, kalo soto banjar pernah denger tp belum pernah nyoba :|
    kuahnya lebih bening gitu ya
    belum pernah liat juga warungnya disini :/
    kalo 60rebu isinya apa aja -____-

    BalasHapus
    Balasan
    1. Nahhhh ayo harus nyoba ini soto, Sekali santap ketagihan dehhhh.
      Iya Kuahnya bening sebening cewe2 banjarmasin hahaha
      Kalo warungnya ga ada disitu gimana kalo kamunya ke sini. Bali bjm deket kok hhahaha
      60Rb? Sama kok, Beda tempat doaang

      Hapus
  12. Hmm. Jujur, belom pernah coba makan soto banjar. Pernahnya cuma soto babat, soto ayam, coto makassar, itupun pas ada acara nikahan. Hehehe. Soalnya kalo mau beli gak tau tempat jual makanan khas dimana. :')

    BalasHapus
    Balasan
    1. nahhh, ntar kalo ke banjarmasin yuk ah cicipin soto banjar hahaha

      Hapus
  13. hehe kalau belum ke banjar mungkin soto banjar bisa dijadikan target kuliner pertama , ditempatku gak ada yang jual soto banjar kebanyakan cuma soto lamongan yang berjibun (._. )

    BalasHapus
    Balasan
    1. wah iyadong, ini salah satu kuliner andalan di banjarmasin hehehe
      di banjarmasin juga banyak soto lamongan hahaha

      Hapus
  14. Wah, saya juga sudah pernah makan di Pasar Apung kemarin pas ke Kalsel. Enak. Makannya di atas perahu. :D

    Bisa jadi rekomendasi buat yang mau kesana nih, Lidya.

    Eh, daripada ngajak doang, kirim sotonya ke Jakarta dong. ^^

    BalasHapus
    Balasan
    1. enak kaan, apalagi makan di pasar apung hihihih
      iyaa rekomendasi utama haha

      iya aku kirimin foto sotonya kesana haha

      Hapus
  15. makannya pakai ketupat ya, setahuku soto biasa dimakan dengan nasi. tapi jadi unik juga...

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya, kalo yang pake nasi namanya nasi sop hehhe

      Hapus
  16. Didaerah ĸƠ̴̴͡.̮Ơ̴̴͡ĸ cuma 11 ribu ajaa yaa ???

    Tapi disini soto ayam
    lamongan "̮ ƗƗɑƗƗɑƗƗɑ "̮

    BalasHapus
    Balasan
    1. haha kalo lamongan disini harganya juga segitu yg harganya mahalan juga ada hahhaha

      Hapus
  17. Look so yummyyy ya cc lidyaaaa...cuman klo rata rata 20 an mahal jga ya klo di jwa tengah soto 4500 uda bkin kenyang dan rasanya makk nyussssss. Tpi pgn ih nyoba lusa klo ksanaaa :3

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya disini harga paling murah yang aku inget dan aku makan itu sekitar 7rb an lah ka meyke, itupun kenyangnya udah selangit, semuanya sih sebnernya porsinya sama aja cuma beda di rasanya sama tempat aja hahaha

      Hapus
  18. Look so yummyyy ya cc lidyaaaa...cuman klo rata rata 20 an mahal jga ya klo di jwa tengah soto 4500 uda bkin kenyang dan rasanya makk nyussssss. Tpi pgn ih nyoba lusa klo ksanaaa :3

    BalasHapus

komentar anda sangat membantu saya untuk blog ini, terimakasih :)

Postingan Populer