Love Me Help Me Save Me

By Lidya Basrindu - 18.52


sering merasa miris dengan keadaan bumi sekarang ini? bencana alam, wabah penyakit, polusi dimana-mana, ekploitasi yang berlebihan, macet dan lain segalanya. Daripada hanya miris dan tidak melakukan apapun, tidak melakukan perubahan apapun. Yuk kita lakukan langkah-langkah sederhana yang mungkin terdengar tidak penting untuk dilakukan tapi sangat berarti dan bisa berakibat masalah yang besar hanya dari hal-hal yang dianggap sepele. 
Berikut beberapa hal sederhana yang bisa dilakukan untuk membantu menjaga bumi ini.

- bawa botol minum sendiri
membawa dan menggunakan botol minum sendiri memberikan manfaat, dapat mengurangi limbah (botol) plastik, bisa mengetahui kualitas air yang kita minum, disaat orang lain harus menahan haus karena jarak untuk membeli minum jauh, kita bisa langsung minum dari botol minum kita hehe dan tentunya dapat menghemat pengeluaran (untuk tidak belanja air mineral botol/lain-lain) 

- gunakan kembali kantong plastik / gunakan tas belanja 
dari pasar tradisional sampai supermarket besar semuanya menggunakan tas plastik, tapi sekarang untuk supermarket besar sudah mulai mengkampenyakan untuk  mulai memakai tas belanja yang berbahan kain (reusable bag) dan tentunya ramah lingkungan karena mengurangi pemakaian kantong plastik dan lebih terlihat modis dibandingkan kantong plastik biasa.

-Reuse kertas-kertas yang tidak terpakai
selama ini kita pasti sering banget menggunakan kertas, baik untuk keperluan apapun. Kertas-kertas banyak yang dibuang begitu saja hanya karena kesalahan pengetikan/penulisan/gambar yang kebanyakan hanya sedikit dari besarnya kertas. atau kertas yang hanya bagian depannya yang terpakai dan bagian sebaliknya tidak terpakai.
daripada dibuang, diremas, atau dibakar. lebih baik digunakan kembali bagian terpakainya contohnya dengan memotong kertas2 itu menjadi beberapa bagian sesuai dengan keperluan dan menggunakan bagian yang tidak terpakai sebagai kertas coret-coretan, kertas gambar atau apapun yang anda mau. sesuaikan dengan kebutuhan. lumayan kan bisa hemat uang sekalian jugaaa


- kurangi gunakan ac, buka jendela
sekarang AC (pendingin ruangan) udah jadi bagian hidup dari masyarakat kota, masuk kantor, masuk rumah, masuk kamar, langsung menyalakan AC dengan suhu terendah dengan alasan hari yang teramat sangat panas di luar. bahkan tidak sedikit yang menyaalakan AC seharian tanpa dimatikan dan dibiarkan menyala dengan alasan agar suhu tetap terjaga. 
Bagaimana kalau kita merubah ketergantungan terhadap AC ini, pastinya di setiap rumah ada yang namanya jendela. Yuk kembaliin lagi fungsi Jendela sebagai tempat masuknya udara luar dan bukan hanya sebagai hiasan rumah. Mungkin suhu tidak akan sedingin saat menggunakan AC karena kita hidup di negara tropis, hehe. tapi paling tidak ada udara segar lah yang masuk dari luar. 
menurut beberapa penelitian terlalu sering menggunakan AC bisa memberikan efek buruk bagi kesehetan kita lohh. mulai dari kulit kering, sesak nafas, kondisi tubuh yang akan melemah dan penyakit paru-paru yang bisa terjadi pada perokok berat.
Soooo yuk mulai sekarang kurangi penggunaan AC, selain untuk menghemat penggunaan listrik, menjaga kesehatan tubuh dan pastinya bisa jadi bantuan untuk yang sedang menjalani diet, karena keringat bisa keluar  alami dan lebih banyak :D

- matikan lampu saat tidak terpakai
Takut gelap? HAHAHA. Sama! takut gelap bisa berpengaruh ke tagihan listrik di rumah, lampu menyala = meteran listrik terus berjalan = tagihan yang semakin banyak.
dan bagaimana agar tagihan listrik tidak banyak? caranya mudah! cukup matikan saja lampu yang sedang tidak terpakai dan biasakan mematikan lampu saat keluar kamar mandi, keluar wc, keluar kamar. yang intinya matikan lampu saat tidak terpakai.
banyak cara lain agar bisa mengurangi pemakaian lampu, misalnya dengan memaksimalkan cahaya matahari tentunya dengan bantuan jendela dan untuk menghemat pemakaian lampu saat tidur, gunakan lampu tidur yang tentunya hemat energi.

- Cabut Chargeran!
Terkadang atau bahkan sering sekali kita lupa untuk mencabut kabel perangkat elektronik (charger handphone, laptop, tv, dll. ) atau dengan sengaja tidak mencabut chargeran agar ringkas dan tidak usah cabut-pasang saat ingin menggunakanya lagi. Hal ini selain boros listrik (boros listrik = boros energi = energi dari bumi = ga sayang bumi) juga berbahaya loh. berbahaya kenapa? bahayanya bisa menimbulkan arus pendek dan buruknya bisa menimbulkan kebakaran. Kebakaran menimbulkan asap menimbulkan polusi dan ini sangat ga bagus buat udara kita :( Meskipun hal ini terlihat sederhana dan tidak terlalu penting, tapi bisa menimbulkan bahaya. bahaya bagi diri kita sendiri dan banyak orang lain. Satu kelalaian yang menimbulkan banyak kerugian :( 

- Berkebun!
Berkebun! bisa menjadi pilihan menyenangkan untuk merawat bumi. Dengan berkebun, meskipun hanya kebun kecil atau bahkan hanya tanaman di dalam pot pastinya kita bisa merasakan oksigen yang dihasilkan tanaman tentunya terasa lebih sejuk dengan adanya tanaman.
selain menghasilkan oksigen, apabila kita bekebun di halaman rumah dengan lahan yang cukup besar, bisa menjadi daerah resapan air di sekitar rumah kita, hal ini tentu bisa mencegah banjir dan membantu tanaman untuk bisa tumbuh lebih subur.
Berkebun sayur organik sudah marak dilakkan sekarang ini, selain bisa berkebun dan menghasilkan sayuran yang bisa kita ketahui kualitas dan tempat asalnya. Berkebun sayur juga busa membuat kita tidak perlu menggunakan kendaraan untuk keluar dari rumah untuk membeli sayuran dan tentunya tidak akan menghasilkan polusi dari kendaraan kan? bisa hemat loh hemat. hehe

.
- jangan buang buang air
Siapa yang suka mandi pake bath-up penuh busa dan bunga bunga cantik??? atauuuu suka mandi 1 menit=60x gayung? Kurangin kebiasaan kurang baik ini yuk :3
menurut salah satau berita online, kita bisa terancam krisis air kalo terus boros dan buang-buang air :(
pdahal air adalah salah satu sumber kehidupan umat manusia dan makhluk hidup lainnya, budayakan untuk bersyukur dengan air bersih yang mash bisa kita dapat sekarang dengan memakai secukupnya dan sesuai keperluan.
misalnya untuk mandi, gunakan shower (pancuran air) yang jauh lebih hemat daripada mandi menggunakan gayung. kemudian saat mencuci tangan kran air bisa ditutup dulu agar tidak mengalir terus ketika sedang menyabuni tangan, ketika mencuci kendaraan bermotor sebaiknya menggunakan air yang dialirkan ke ember dan tidak meggunakan selang air langsung.
tentunya dengan menghemat air kita bisa menjaga bumi dari krisis air dan tagihan PAM yang membengkak :3

- buang sampah pada tempatnya / memisahkan sampah
sering liat kan orang-orang yang suka buang sampah sembarangan? baik itu yang buang sampah dari dalam mobil dan lempar ke jalan raya, meninggalkan sampah begitu saja tanpa membuangnya, atau bahkan yang buang sampah langsung ke sungai? benar benar sebuah kebiasan buruk yang sudah menjadi kebiasaan umum.
Yang biasanya suka buang sampah sembarangan di jalan raya, kalian pernah mikirin para tukang sapu jalan? yang tiap hari bersihin jalanan dari sampah, sampah yang sedari awal sudah banyak jadi tambah banyak gara-gara dilemparin sampah dari dalam mobil. Emang sih itu tugasnya mereka untuk bersihin jalanan, tapi sebisanya kan kita ngebantu ngeringanin beban mereka secara tidak langsung. Dan yang bilang terpaksa buang sampah dijalanan, yuk beli tempat sampah khusus mobil setidaknya biar tidak memalukan lah. Beli mobil bisa, buang sampah sembarangan bisa, eh beli tempat sampah ga bisa. hehe
Terus yang buang sampah ke sungai, banyak banget dampak dari perilaku buruk ini :( Sungai akan tercemar dengan sampah, menimbulkan bau dan menjadi kotor. sudah tidak sehat lagi untuk dipakai sehari-hari. Daaan ketika sampah-sampah sudah menumpuk akan menghambat jalan air dan akan menimbulkan banjir di sekitar aliran sungai atau banjir besar.
Membuang sampah pada tempatnya, atau mungkin memisah-misahkan sampah sesuai dengan jenisnya bisa memberikan banyak manfaat. Bisa memudahkan petugas kebersihan saat dibersihkan, membuat lingkungan sekitar besih dan asri, dan bisa membantu pemilahan sampah agar bisa dipilih yang mana yang akan direcycle dan yang sudah tidak bisa digunakan lagi

- No Smoke!!
pernah merasa terganggu ketika ada asap di sekitar anda? asap rokok? asap pembakaran sampah?
keduanya menimbulkan udara tidak sehat dan polusi. 
Asap pembakaran sampah biasanya mengepul sangat tinggi di udara dan terlihat gelap, membuat bau yang tidak enak dan bisa menyebabkan sesak napas.
keduanya (asap rokok&asap pembakaran sampah) bisa menimbulkan banyak kerugian diri sendiri, orang lain, makhluk lain dan bumi kita ini :(
dimulai dari rokok yang bisa memberikan banyak penyakit bagi sang perokok dan penyakit yang lebih berat pada perokok pasif atau seseorang yang tidak merokok dan hanya menghirup asapnya.
Membakar sampah juga bisa menimbulkan penyakit berbahaya dan partikel-partikel racun yang bisa menjadi bom waktu pada manusia, pembakaran sampah bisa menghasilkan partikel-partikel racun yang lalu disebarkan ke atmosphere (otomatis merusak atmosfir bumi kita) dan dihirup terus menerus oleh manusia, binatanag dan terendap kedalam tanah dan tanaman-tanaman,termasuk ke dalam sumber air minum, tanah pesawahan dan ladang, dan BOM! racun hasil pembakaran sampah ini sudah masuk dalam rantai makanan kita. Bayangkan semua kengerian itu, yang awalnya hanya disebabkan oleh pembakaan sampah, pembakaran sampah yang tidak ada habisnya. Jadi jangan membakar sampah ya, lebih baik dikubur atau dihancurkan atau mungkin dijual kepada yang memerlukan dan dijadikan sebuah benda baru (direcycle)

-gunakan transportasi umum / gunakan sepeda
Panas? Gengsi? dua kata ini menjadi penyebab terbanyak yang dirasakan banyak orang untuk tidak menggunakan transportasi umum dan memilih untuk menggunakan kendaraan pribadi. Hasilnya apa?
1. Jalanan Macet karena kepenuhan
2. Boros Bahan Bakar (karena pemakaian yang tidak efektif dan terjebak macet)
3. Bahan Bakar Minyak = tidak terbarukan. Boros = ???? 
4. Polusi udara meningkat
5. Tingkat stres meningkat

sedangkan dengan menggunakan transportasi umum:
1. Mengurangi kemacetan
2. Membuat kitajadi lebih bersosial
3. Polusi bisa dikurangi dengan jumlah kendaraan bermotor yang sedikit
4. biaya yang dikeluarkan lebih sedikit

dan dengan menggunakan sepeda:
1. Badan menjadi lebih sehat
2. Fleksibel, tidak makan tempat
3. Bisa menghindari macet
4. Bebas Polusi!

Nah coba dibandingkan sendiri deh, kira-kira yang mana lebih bagus, tapi kayaknya bersepeda atau menggunakan alat transportasi umum bisa menjadi pilihan baru kita untuk hari-hari kedepan. Daripada mukanya bete gara-gara macet, mendingan berkeringat sehat pakai sepeda dan bersosial dengan alat transportasi umum. Lebih bersahabat juga sama bumi :3

SAVE OUR EARTH!

  • Share:

You Might Also Like

47 komentar

  1. Iya kak hal buruk sepele yg kita lakuin ternyata bisa ngerusak bumi juga ya.

    Bumi kita udah rusak bgt kak. Dunia makin panas.

    BalasHapus
    Balasan
    1. yup! makin panas makin banyakk perang :"(

      Hapus
  2. yang nomer satu penggunaan botol minuman kaya A*ua itu kan gak bagus juga teh, kan tertera di bawah botol kalo botol tsb tidak untuk di isi ulang. setau saya si itu.
    kalo gak mending bawa botol yang alumunium tuh

    oke mari kita sayangi bumi kita dari hal yg kecil. :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. hehe, iya mksdnya emang ga pake botol plastik yang gitu. Mksdnya botol air minum yang kayak ada di foto aku itu loh yang warna pink, isinya hampir 1L, bawa dari rumah minum di kampus, kalo habis bisa minta di dispenser kantin hehe

      yuk! sekecil apapun pasti bermanfaat

      Hapus
  3. Alhamdulillah dari beberapa tips yang kakak kasih udah aku lakuin beberapa kecuali kurangin penggunaan AC -__-
    aku gak bisa hidup tanpa pendingin ruangan apalagi AC, disini panasnya minta ampun kak hiks :'(

    BalasHapus
    Balasan
    1. nah iaa fa bener. gue RT deh sama elu.
      di Samarinda juga cuacanya gak bisa bersahabat. gak pake AC sama kaya bunuh diri -____-

      Hapus
    2. sama sih sbnrnya kalo yg AC itu, apalagi di Banjarmasin kalo udah panas panasnya panas banget gerahhhh.
      tapi kemaren2 aku masih ngebiarin ac nyala kalo aku lagi ga di ruangan biar tetep dingin misalnya aku balik lagi, tapi sekaarang ac nya aku matiin siih kalo lagi ga ada di ruangan ya setidaknya ngurangin lah :3

      Hapus
  4. semuanya benar, tapi kadang kitanya aja yang jarang mau nerapin, walaupun kita tau tentang itu semua,,hhmm semoga kita bisa menjaga bumi, bumi emang sudah tua :(

    BalasHapus
    Balasan
    1. hehe iya, aku aja sbnrya masih agak males nerapin beberapa hal yang aku tulis. tapi setidaknya dengan aku nulis ini aku jadi punya rasa tanggung jawab buat apa yg aku tulis. Alhamdulillah kesadaran ngenjaga buminnya meningkat hehe

      Hapus
  5. Hmmm..gw setuju sama semuanya kecuali yg "No smoke" hehehe

    susah nya ngilangin kebiasaan ngerokok...coba aja ada obatnya..heheh

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya bang, temen2 aku juga banyak lah yg ngerokok. katanya mau berenti ngerokok kalo udah tau apa enakya ngerokok -______-
      obatnya? obatnya dikasih pacar yg anti rokok, atau calon mertua / mertua yg anti rokok dan entar kalo udah punya anak pasti deh keobatin :3

      Hapus
    2. nah itu dia masalahnya, jgn kan pacar yg anti rokok, pacar yg gak anti apa2 aja juga gak ada...Huftt...

      Hapus
  6. Terkadang kita menyepelekan hal yang kecil, padahal bisa berakibat fatal jika dibiarkan itu terjadi.

    Setuju sama postinga ini.

    BalasHapus
    Balasan
    1. yup! sedikit sedikit kan lama lama menjadi bukit

      Alhamdulillah makasih kakksss

      Hapus
  7. siap laksanakan kakaaaak!! hehehe
    ini postingan perlu banget niiiih, :D
    saya syudah bawa gembes 1 liter tipa hari lo, dan juga tepaknya sekalian...selain mendukung dunia ini, juga mendukung dompetku biar ga kekurusaaaan kayak akuu..yeyyy..hehehhe

    BalasHapus
    Balasan
    1. huehehh lanjutkan kakaksssss
      alhamdulillah seneng baca commentnya :")
      gembes itu apa :") tepak itu apa :") serius aku ga tau, tapi kayakbya berhubungan sama air minum ya soalnya ada liter2nya hihi

      Hapus
  8. Siap capcus !!!
    SAVE EARTH yang pasti darai hal yang terkecil dulu..
    Dan membiasakan diri untuk demikian.

    BalasHapus
    Balasan
    1. capcus cyyiiiiin!
      yak membiaskan diri untuk demikian adanya tapi jangan seadanya :3

      Hapus
  9. wah bagus banget postingannya.. ia tuh harus menggunakan kertas2 dengan irit..ya, dan nge blog adalah salah satu cara untuk mengurangi menulis menggunakan kertas. buku dll..nya :)

    salam blogger energy


    BalasHapus
    Balasan
    1. alhamdulillah makasih yaaaaa :") menggunakannya irit sebisa mungkin di reuse direcycle kalo ga kepake kan bisa diloakin juga biar jadi dukit hehehe.
      yupp! menulis tanpa kertas!

      #salambloggernergy coy!

      Hapus
  10. nah ini pergerakan luar biasa....
    kalau saja banyak yang taat..pasti aman selalu...

    bumi juga ingin nyaman

    BalasHapus
    Balasan
    1. gerakan gerakan kecil demi kelestarian bersamaaa

      Hapus
  11. beberapa hal di atas udah banyak yang aku lakuin :D
    Semoga dimulai dari hal-hal kecil diatas bisa memperpanjang masa hidup bumi kita {}

    BalasHapus
    Balasan
    1. yeay alhamdulillahhh, hal kecil untuk aku, kamu, kita, mereka, dan semuanya! semoga kesadaran kita semua akan bumi terus meningkat yaaaa {}

      Hapus
  12. Kadang ada yang sadar tapi tetap aja acuh.
    Aku juga masih sering tetap nyolokin charger handphone walaupun udah gak kepake -_-
    Semoga setelah baca postingan ini jadi lebih sadar lagi tentang hal-hal yg bisa merusak bumi :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. kemaren2 aku juga masih sering gitu. biar praktis kan hehe, tapi mudahan sekarang2 kita bisa tambah sadar yaaa ;)

      Hapus
    2. jangan mudah-mudahan, harus dong..
      (padahal masih aja)

      Hapus
    3. harus iya harus iya harus! amin ya robbal alamin hehehe

      Hapus
  13. Setuju sekali dengan tulisan ini,
    Ayo ajak teman2 untuk melakukan langkah2 diatas,
    minimal membuang sampah pada tempatnya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Alhamdulillah makasih hehe
      yuk! sekecil apapun langkah2nya dilakuin, inysallah selalu ada manfaaatnya

      Hapus
  14. harus ada kesadaran dari diri sendiri dulu, baru kita bisa nerapin hal ini ke orang lain :)
    tapi kayaknya butuh waktu yg lama sih hheee

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya alhamudlillah aku udah nerapin ke diri aku sendiri kok hehe, sedikit sedikit lama lama menjadi kebiasaan baik kok hehe

      Hapus
  15. aku jg selalu menggunakan AC (Angin Cepoi2) dr jendela kok...lebih adem dr pd pke Air Conditioner... :D
    Yg paling sering kelupaan sih nyabut chargeran...entah knp hal itu selalu dilupakan. :|
    Bumi emang smakin rusak...
    Polusi dimana mana...
    Ya sbnrny tingkat kesadaran dr masyarakatnya jg sih...
    Kalo kbiasaan baiknya hanya dilakukan olh satu dr seratus org gmn bumi bisa tertolong...

    BalasHapus
    Balasan
    1. ehehe iya angin cepoi cepoi emang eank seger, tapi di banjarmasin rada rada susah dapeting angin cepoi cepoi yang bener bener cepoi haha
      iya, biasanya sih kan biar praktis kan? akhirnya kelupaan -_-
      makanya, semoga dengan postingan ini semua oranhg punya budaya baru yaitu nyanyangin bumi hehehe

      Hapus
  16. wahh.. kalo gak merokok ya miskin idonesia ini! karena Bila dihitung, cukai rokok tahun 2010 sekitar 50 triliun dan naik menjadi 70 triliun di tahun 2011. Sedangkan biaya yang harus dikeluarkan untuk rokok dan akibat-akibatnya, bisa mencapai 230 triliun. #JROOOTT

    BalasHapus
    Balasan
    1. waaahhh, ini nih mas. Indonesia emang bisa kaya dari rokok, tapi kan INdonesia juga punya segudang potensi yang bisa menghasilkan rupiah, cuma kurang kesadaran aja dari masyarakatnya, too much ekspoitasi tanpa memberikan feedback dan akhirnya mengandalkan sektor pendapatan misalnya dari rokok gitu.
      kalo semuantya mau giat usaha, no smoke mungkin aja kok terjadi hehe

      Hapus
  17. beberapa dari tips, alhamdulilah udah saya lakuin. Terkhusus utk masalah buang sampah, udah ter-mind set sejak SMA. Klo saya gk menemukan tong sampah, maka utk sampah yg kecil saya kantongin dulu sementara. Dan utk sampah yg gede, saya masukkan ke dalam tas sampai saya nemuin tong sampah. Hihihi

    Bahkan di mulai dari hal2 yg sepele pun msih bnyak org lain yang tdk peduli. Yg paling saya takutkan adalah krisis air T.T

    BalasHapus
    Balasan
    1. wah iya sama bangett, rasanya malu aja kalo buang sampah sembarangan, aku biasnaya lupa buang algi sampah keccil2 yang ada dalam tas, ujung2nya tas kotor, tapi ya mending tas kan yang kotor dibandingkan bumi yang koto hihi

      nah iya! gimana caranya kita aktifitas kalo krisis air, itu nyerermin banget T_T

      Hapus
  18. iya tuh, sama gue kayak nauval, ada yang udah dilakuin juga.
    tips tambahin : kurangin makek parfum :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. muahahaha ngejleb banget ni, aku suka banget pakek parfum >.<
      tapi ya palingg berapa kali semprot lah itu juga di kamar, ga suka semprot semprot semabarangan di area luar rumah lah

      Hapus
  19. terkadang hal yng disepelekan memang bisa membuat hal yang tidak terduka. seperti pepatah, kalian jatuh itu bukan karena batu yang besar, namun karena batu yang kecil.

    BalasHapus
    Balasan
    1. yup! bener banget dan ujung2nya nyalahin batu, padahal kan kesalahan kita sendiri yg ga ngeliat ke bwah waktu jalan alias seenaknya hehe

      Hapus
  20. Intinya kembali lagi ke kesadaran diri kita masing-masing, salut juga sama kak Lidya yang begitu perhatian sama lingkungan kita.
    Jangan lupa jika berkenan berkunjung dan berikan masukan untuk blog butut saya http://river-cloud.blogspot.com/2013/07/sepuluh-artis-berjilbab-tercantik-versi.html

    BalasHapus
  21. Wah kalo disuruh matikan ac aku gak.kuat kayaknya. Disini panasnya udah waw banget

    BalasHapus
  22. keren sekali tipsnya, benar2 sederhana tapi sering disepelekan, heuheu..

    BalasHapus

komentar anda sangat membantu saya untuk blog ini, terimakasih :)

Postingan Populer